Awal 2017, WhatsApp Resmi Hentikan Support Sistem Operasi Lama

Oleh Aris Wibowo updated Selasa, 3 Jan 2017 | 11:36

WhatsApp tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu aplikasi perpesanan lintas platform yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Jutaan pengguna gadget mengguna WhatsApp setiap harinya untuk bisa berkomunikasi dengan teman hingga keluarga bahkan untuk melakukan transaksi bisnis sekalipun.

Sayangnya memasuki tahun 2017 ini, banyak smartphone yang tidak akan bisa menikmati aplikasi perpesanan ini. Kalau kamu salah satu pengguna smartphone lama yang kaget akan hal tersebut, mungkin kamu lupa bahwa Facebook telah mengumumkan bahwa WhatsApp akan menghentikan support pada sistem operasi lama.

Seperti yang telah diumumkan pada Februari 2016 silam, WhatsApp akan hentikan sistem lama baik Android maupun iOS hingga Windows Phone. Memang diperkirakan tidak akan banyak pengguna yang terpengaruh akan hal ini. Pasalnya, semua perangkat dengan sistem operasi lama sudah tidak terlalu banyak. Sebut saja iOS 6 yang merupakan versi terakhir dari sistem Apple yang masih berfungsi.

Sistem iOS ini digunakan pada iPhone 3GS. Sedangkan Android 2.2 yang juga merupakan versi terakhir dari sistem Android yang masih berfungsi, digunakan pada Motorola Droid. Bahkan Windows Phone 7 juga tidak banyak digunakan lagi. Tentu tidak banyak pengguna yang menggunakan perangkat DROID maupun iPhone 3GS.

Beberapa sistem operasi lama lainnya yang awalnya akan dihentikan supportnya pada akhir 2016, ternyata masih mendapat perpanjangan waktu beberapa bulan ke depan. BlackBerry 10 dan BlackBerry OS merupakan perangkat yang akan segera dihentikan supportnya. Kabarnya, Sistem operasi BlackBerry ini akan bisa mendapat update hingga 30 Juni 2017 mendatang. Perpanjangan ini juga terjadi untuk sistem operasi lama lainnya seperti Nokia S40 dan Nokia Symbian S60.

Perkembangan WhatsApp memang sangat pesat. Seperti yang diketahui tahun 2009 saat diluncurkan, hampir 70% pengguna aplikasi ini ialah smartphone dengan OS BlackBerry dan Nokia. Sementara pada OS Android, Windows dan iOS digunakan hanya 25% pengguna saat itu. Namun, sekarang hampir 99,5% perangkat yang menggunakan WhatsApp ialah iOS, Android dan sisanya Windows.

Jadi untuk kamu pemilik smartphone lama dengan sistem operasi lama, kamu tidak akan bisa lagi mendapatkan update dari WhatsApp.Walaupun demikian, kamu tetap bisa berkirim pesan dalam WhatsApp.

Baca juga artikel:
WhatsApp Versi Terbaru Bisa Menarik dan Menghapus Pesan Terkirim
Aplikasi WhatsApp Hentikan Dukungan untuk Sejumlah Ponsel Ini!
Fitur Video Call WhatsApp Siap Mendarat untuk Perangkat Android

Artikel Lainnya

Komentar

Yohana Bahayo Kamis, 5 Jan 2017 | 11:57
Yohana
Samyang Kamis, 5 Jan 2017 | 16:39
Ternyata Symbian masih ada hahaha