Waspada Pengguna Bot Pokemon Go Akan di Ban Permanen

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 16 Agu 2016 | 16:49

Kepopuleran game Pokemon Go membuat banyak pemain yang berusaha bermain curang untuk menyelesaikan game ini dengan cepat dan mudah. Namun sepertinya, cara curang ini khususnya pemain yang menggunakan Bot tidak akan bertahan lama.

Pasalnya, Niantic Labs selaku pengembang game berteknologi AR ini mengumumkan akan mengejar para pemain yang curang. Bahkan pengguna bot di Pokemon Go akan di ban alias memblokir permanen pemain.

Alasan pemblokiran pengguna Bot di Pokemon GO memang cukup banyak. Namun, sepertinya pemblokiran kali ini ditujukan untuk pengguna yang berbuat curang dengan menghack sistem GPS, menggunakan bot atau teknik software lainnya untuk mencari dan mengumpulkan Pokemon.

Mencurangi GPS memungkinkan pemain untuk membuat game Pokemon Go mengira bahwa sang pemain ada di negara lain, sehingga dia dapat menangkap Pokemon dengan lebih mudah atau menangkap Pokemon yang hanya tersedia di kawasan tertentu saja. Sementara itu, penggunaan bot lebih berfungsi untuk mengotomatisasi game.

Contoh email pemberitahuan dari Niantic (via Reddit)

Dalam keterangan lebih lanjut, Niantic Labs memaparkan pelanggaran yang akan membuat akun pemain Pokemon Go diblokir secara permanen. Alasan utamanya memang pengguna bot, namu termasuk juga pada pengguna yang menipu sistem lokasi, menggunakan emulator yang tidak resmi termasuk menggunakan software buatan pihak ketiga misal peta pokemon hingga pemain yang mengakses game Pokemon Go ini melalui cara yang illegal.

Tujuan pemblokiran ini untuk memberikan pengalaman bermain yang adil dan menyenangkan untuk semua orang. Pengembang game ini akan terus bekerja sama dengan pemain resmi untuk meningkatkan kualitas game berteknologi AR ini, termasuk optimasi yang masih dilakukan saat ini dan penggunaan sistem anti curang yang lebih baik.

Kalau kamu menggunakan bot dan mendapatkan tampilan seperti diatas, maka kamu kena ban

Niantic juga menyadari pemblokiran ini masih belum sempurna dan masih menyebabkan pengguna resmi secara tidak sengaja ikut terblokir. Bila demikian, pengguna bisa melaporakan pemblokiran tersebut ke link berikut.

Hingga saat ini memang belum ada penjelasan bagaimana Niantic akan melacak pada pengguna bot dan pemain yang curang lainnya. Jadi tetap waspada agar akunmu tidak terblokir juga.

Baca juga artikel:
Update Pokemon Go Terbaru Hadirkan Beberapa Fitur Baru
Razer Hadirkan Aplikasi Chatting Antar Trainer Pokemon, RazerGo
Server Pokemon Go Down? Cek Status Servernya dengan Cara ini!

Artikel Lainnya

Komentar

evanyzd 15 Agustus 2016 - 14:41
Punya 3 akun bot. 2 banned 1 lagi enggak. Aneh. Tapi yang pasti akun asli masih aman sentosa.
Bima Satria 15 Agustus 2016 - 16:16
punya gw 1 kebaned -________- padahal ngebotnya ga parah