Nada Kita, Aplikasi Streaming Musik Lokal Gratis yang Hemat Data

Oleh Aris Wibowo on Minggu, 24 Jul 2016 | 17:39

Masalah pembajakan, memang masih menjadi masalah serius dalam industri musik Indonesia. Hingga kini bahkan masih belum ada solusi terbaik untuk mengatasi pembajakan. Padahal saat ini sudah cukup banyak aplikasi streaming musik yang masuk pasar indonesia. Sayangnya, mayoritas musik yang disediakan merupakan karya musisi luar negeri. Menyadari hal tersebut, Tuned Global, perusahaan musik digital asal Australia, melakukan ekspansi ke pasar Indonesia dengan menghadirkan sebuah aplikasi streaming musik bernama Nada Kita. Menariknya, aplikasi ini hadir dengan akses gratis tanpa biaya berlangganan untuk bisa mendengarkan musik dari musisi lokal Indonesia.

Untuk memuluskan langkah aplikasi Nada Kita beroperasi di tanah air, perusahaan ini menggandeng beberapa label rekaman, seperti Aquarius Musikindo, Musica studios, MyMusic, Nagaswara, Trinity Optima Production dan VMC.

Aplikasi streaming musik ini mencoba menarik pengguna baru dengan akses tanpa biaya berlangganan untuk menikmati musik lewat aplikasinya. Walaupun gratis, koleksi musik yang ada di dalam aplikasi ini cukup lengkap. Tak heran, salah satu label musik telah bekerja sama untuk menggunakan aplikasi ini. Dari kerjasama inilah pendapatan aplikasi musik lokal. Selain itu, aplikasi musik ini juga menawarkan berbagai media untuk berpromosi bagi para vendor.  Seperti salah satunya produsen SPC Mobile. Alhasil pengguna smartphone SPC Mobile sudah mendapat aplikasi Nada Kita secara preload.

Nantinya untuk menggunakan aplikasi Nada Kita, pengguna bisa mengandalkan sistem kurasi dari koleksi musik yang dimiliki. Dengan kurasi tersebut, pengguna tinggal mencari stasion yang diinginkan untuk didengar. Dari preferensi yang dipilih, selanjutnya koleksi lagu akan otomatis dapat dinikmati tanpa perlu mengutak–atik hal lainnya.

Selain kurasi, aplikasi streaming musik lokal ini akan mereduksi penggunaan data dari setiap lagu yang didengarkan. Nada Kita mengklaim bahwa lima video musik di Youtube akan menghabiskan data sebesar 60 MB, atau setara dengan mendengarkan 83 judul lagu di aplikasi ini.

Nantinya aplikasi Nada Kita akan berkompetisi dengan aplikasi layanan streaming musik lainnya seperti Spotify, Yonder music dan Guvera.

Download Nada Kita untuk Android
Download Nada Kita untuk iOS

Baca juga artikel:
Beda Layanan Musik Streaming Spotify dengan Joox dan Apple Music
14 Pemutar Musik Android Unik dengan Lirik dan Format Audio Lengkap
Aplikasi Keren Pemutar Musik untuk iPhone dan iPad

Artikel Lainnya

Komentar