Survey Kaspersky: Foto di Smartphone Milik Wanita Paling Rentan Dicuri

Survey Kaspersky: Foto di Smartphone Milik Wanita Paling Rentan Dicuri

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 10 Mar 2016 | 17:47

Kaspersky Lab dan B2B International melakukan sebuah survey mengenai sistem keamanan di perangkat mobile. Survey yang diadakan guna menyambut Hari Perempuan Internasional ini menggunakan nama Consumer Security Risks Survey 2015. Survey kali ini kabarnya lebih menekankan tema mengenai resiko perempuan pengguna gadget yang ternyata paling mudah dicuri data pribadinya saat menggunakan perangkat ponsel.

Dari hasil survey tersebut, perempuan memang lebih rentan di hack atau lebih mudah dicuri data pribadinya dibanding pengguna gadget laki-laki. Dari data yang muncul di Consumer Security risks survey 2015 setidaknya setengah responden perempuan atau sebesar 53 persen, beranggapan bahwa foto dan video yang disimpan dalam perangkat mobile seperti smartphone dan tablet lebih berharga dari hal lainnya. Bahkan, pengguna gadget perempuan tampak lebih peduli foto dan video dibanding perangkat itu sendiri yang hanya dipilih 56%. Hal ini berbeda jauh dengan kaum pria yang ternyata hanya 39% pengguna yang memintingkan foto dan video dalam perangkat mobile.

Survey Kaspersky

Survei keamanan data dari Kaspersky ini juga mengungkap bahwa perempuan lebih sering berbagi foto dirinya atau foto selfie (48%), maupun foto orang-orang yang dikenalnya (40%) dibandingkan pria. Kaum pria, hanya berbagai foto diri (43%) dan berbagai foto orang yang dikenalnya (33%).

Baca juga Harga Handphone Android Terbaru

Sayangnya, meski dari hasil survey Kaspersky di atas menunjukan beberapa perempuan merasa khawatir tentang keamanan online dari foto-foto yang disebar, pada kenyataannya masih banyak yang belum menerapkan langkah-langkah keamanan dalam menjelajah dunia maya.

Setidaknya ada 20% pengguna yang mengkhawatrikan masalah keamanan foto dan video. Apalagi, bila ada penjahat dunia maya yang bisa mendapatkan akses foto dan kemudian menggunakan foto atau informasi dari kamu secara tidak benar dan tidak bertanggung jawab. Bahkan ada pengguna yang menjawab. Terlalu sering membagikan foto atau postingan bisa menyebabkan rasa malu dan sakit hati jika dikirim ke orang yang salah (30%), bahkan bisa merusak hubungan (31%).

Meski demikian, banyak juga pengguna gadget perempuan yang belum memahami seperti apa serangan cyber. Bahkan hanya 19 persen yang percaya bahwa mereka bisa menjadi target kejahatan dunia maya, dibandingkan laki-laki 27% yang percaya bahwa dirinya bisa menjadi target kejahatan dunia maya.

Bahkan, Survey terbaru menyebutkan 27% dari perempuan mengakui tidak memiliki back up data di smartphone maupun tablet miliknya. Alhasil, pengguna  gadget perempuan rentan kehilangan semua foto, video, dan file berharga jika perangkatnya dicuri atau rusak. Sementara kamu pria jauh lebih siap mengamankan data–datanya, 80% pria memiliki cadangan data di perangkat miliknya.

Jadi, untuk kamu para pengguna gadget perempuan, sudahkan ponselmu sudah terlindungi? Sudahkan kamu memback-up data-data pentingmu?

 
Baca juga artikel
Update Facebook Lite Kini Support Fitur Video Playback dan Emoji Baru
Video Adu Daya Tahan Baterai Asus ZenFone Max vs iPhone 6s Plus
'Bug iOS: Pengguna iPad dan iPhone Terima "Email Hantu" Dari Tahun 1970

Artikel Lainnya

Komentar