Bug iOS: Pengguna iPad dan iPhone Terima "Email Hantu" Dari Tahun 1970

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 10 Mar 2016 | 17:06

Bug iOS

Bulan lalu, beberapa pengguna iOS melaporkan bahwa perangkat miliki mereka bermasalah saat waktu di iPhone dan iPad diatur pada posisi 1 Januari 1970. Saat tanggal diatur ke tanggal dan tahun tersebut, beberapa perangkat iPhone dan iPad dikabarkan langsung hang. Apple pun bergegas memperbaiki bug tersebut. Namun, kini muncul kembali bug iOS yang justru lebih menarik dan sedikit menyeramkan, namun masih berkaitan dengan tahun 1970.

Beberapa pengguna iPhone dan iPad melaporkan bahwa mereka menemukan adanya pemberitahuan akan email masuk. Setelah dicek ternyata para pengguna iOS ini menerima sebuah email hantu yang dikirim dari tanggal 1 Januari 1970. Email ini hadir tanpa isi pesan, subject dan item lainnya. Bahkan, beberapa pengguna iOS melaporkan bug iOS email hantu ini tidak bisa dihapus.

Bug iOS

Walaupun sedikit menyeramkan dan awalnya dipikir sebagai malware atau spam, bug iOS email hantu ini kabarnya tidak menimbulkan kerusakan sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Email hantu tertanggal 1 Januari 1970 ini juga tidak menyebabkan efek tertentu pada perangkat maupun sistem iOS itu sendiri.

Baca juga Harga Handphone Apple iPhone Terbaru

Dari laporan beberapa pengguna iOS, munculnya bug ini mungkin disebabkan oleh pengguna yang sering bepergian dan mengubah-ubah waktu di smartphone untuk menyesuaikan dengan waktu di negara yang ia datangi. Jadi untuk kamu, yang belum terkena bug iOS email hantu yang datang dari 1 Januari 1970, bisa lebih waspada.

Munculnya email hantu ini diduga sistem iOS yang mengalami sebuah gejala Unix Time atau Epoch Time. Artinya, sistem tidak bisa mengecek waktu yang sesuai GMT. Gejala ini kabarnya sering muncul pada perangkat dengan teknologi 64-bit.

Apple sendiri menegaskan ini memang bug iOS bukan sebuah malware atau sebuah usaha pembajakan perangkat. Pasalnya, banyak pengguna iOS yang masih meragukan bahwa ini adalah bug atau masalah pada sistem. Alhasil sebagian pengguna melaporkan bug ini sebagai malware ke Apple.

Untuk bisa menghapus email hantu 1 Januari 1970 ini, kamu haruslah keluar dari aplikasi mail iOS. Setelah itu, restart perangkat iphone dan iPad dengan menekan lebih lama tombol Home dan Power secara bersamaan hingga logo Apple muncul. Cara ini dilaporkan ampuh untuk menghilangkan bug iOS ini dan menormalkan kembali aplikasi email bawaan iOS.  

Selamat mencoba

 

Baca juga artikel
Update iOS 9.2.1 Bikin Ngebut Performa iPhone Lama
IOS 9.2.1 Rilis dengan Perbaikan Keamanan dan Bugs
iOS 9.3 Beta Resmi Dirilis dan siap Dijajal

Artikel Lainnya

Komentar