LG G5 Tantang Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge di MWC 2016

LG G5 Tantang Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge di MWC 2016

Oleh Ardiansyah Hana on Rabu, 24 Peb 2016 | 10:18

Sesuai janjinya, raksasa Korea Selatan, LG Electronics, memperkenalkan jagoan barunya di ranah smartphone, bertajuk LG G5 di ajang Mobile World Congress 2016 dan menjadi pesaing kuat Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge.

Spesifikasi LG G5

Jaringan LTE
OS Android OS, v6.0 (Marshmallow)
Layar 5.3 inch, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820
CPU Quad-core 
GPU Adreno 530
Internal / RAM 32GB / 4GB
Kamera Dual kamera 16MP, 8MP & 5MP kamera depan
Baterai Removable Li-Ion 2800 mAh

Desain

Desain LG G5

Berbeda dengan G series sebelumnya, LG G5 mengusung konsep unibody dan meninggalkan penggunaan material plastik, menggantinya dengan memakai material anodized aluminium yang tersedia dalam empat varian warna, yaitu Silver, Gold, Titan dan Pink.

Hal menarik lainnya, LG G5 memperkenalkan desain modular dan baterai yang dapat dibongkar pasang secara slide-out atau geser, memberikan pengalaman yang lebih unggul ketimbang pendahulunya, LG G4.

Pada LG G5, antena pun ditempatkan secara tersembunyi dan terintegrasi di dalam tubuh agar menjaga penampilan luar smartphone agar tampak tanpa sudut. Lalu, ia pun mengadopsi konsep Shiny Cut di bagian sisi agar memberikan kenyamanan ketika digenggam penggunannya.

Layar

Layar LG G5

Keistimewaan desain lainnya adalah pelapis layar 3D Arc Glass dengan bentang seluas 5.3 inci, memberikan lekukan pada keseluruhan sisi bodi yang dipadukan pewarnaan logam yang melewati proses bernama microdizing, menjadikan keseluruhan tampilan fisiknya terlihat premium.

Baca juga Harga Smartphone LG Terbaru

Lebih dari itu, layar pada LG G5 pun hadir dengan tampilan yang istimewa berkat penggunaan panel IPS Quantum Display dengan resolusi Quad HD 2560 x 1440 piksel dan memiliki kerapatan 554 ppi.

Dalam layar tersebut, LG pun menyematkan fitur Always-on Display, yang nantinya akan membuat pengguna dapat membaca informasi, seperti notifikasi, jam dan kalender tanpa harus mengaktifkan layar ponsel.

Kamera

Kamera LG G5

Soal kamera, LG G5 menawarkan modul sensor sebesar 16MP pada bagian belakang. Lensa kamera tersebut memiliki sudut pandang lebar mencapai 135 derajat, memberikan opsi pada pengguna untuk mengambil gambar dengan sudut yang lebar.

Kemampuan terbaik dalam segi fotografi pun turut didukung dengan penggunaan Qualcomm Spectra 14-bit dual image signal processors (ISPs) yang dirancang secara khusus untuk hasilkan gambar beresolusi tinggi menyerupai hasil gambar dari kamera DSLR, namun memberikan efisiensi daya.

Disamping itu, di dalamnya terdapat pula Qualcomm Spectra 14-bit dual image signal processors (ISPs) yang didesain untuk menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi ala DSLR disamping memberikan efisiensi lebih pada penggunaan daya.

Sementara untuk menunjang kebutuhan selfie, LG menyediakan sensor sebesar 8MP yang ada pada bagian depan, memungkinkan pengguna dapat mengambil gambar selfie dengan hasil yang jelas dan detail.

LG G5 Camera Module Demonstration 

Software dan Hardware

Spesifikasi LG G5

Dijalankan pada OS Android 6.0 Marshmallow, LG G5 melengkapi dirinya dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 820 yang memiliki kemampuan 64-bit, dipadukan dengan grafis Adreno 530 dan kemampuan hemat energi berkat penggunaan teknologi Qualcomm Hexagon DSP.

Soal penggunaan prosesor baru, Snapdragon 820 diklaim mendukung X12 LTE modem yang mampu memberikan kecepatan download mencapai 600 Mbps. Sementara itu, penggunaan grafis Adreno 530 disebut memiliki kemampuan lebih tinggi 40%, serta lebih efisien energi sebanyak 40% ketimbang pendahulunya.

Baca juga Luncurkan Line-up Smartphone Baru, Inilah LG K7 dan K10

Selain itu, chipset Qualcomm Snapdragon 820 pun mendukung pengambilan dan mampu memainkan gambar beresolusi 4K, sehingga mampu dioptimalkan dalam mode virtual reality atau VR.

Untuk memanjakan kuping pengguna, LG pun didukung dengan aptX HD. Teknologi ini adalah code yang mendukung kualitas audio 24-bit melalui Bluetooth, memungkinkan LG G5 dapat menghasilkan suara yang kaya dan jernih saat digunakan secara nirkabel.

Tak ketinggalan, saat pengguna menyambungkan dengan LG Tone Premium, maka berkesempatan untuk mendengarkan suara berkualitas Hi-Fi, diklaim keluaran suara tersebut sangat mendekati sumber suara aslinya.

Baterai

Baterai LG G5

Selain fitur canggih di atas, LG G5 juga didukung mode Quick Charge 3.0. Melalui teknologi ini, kamu dapat mengisi baterai berkapasitas 2.800 mAh secara cepat, dimana ia menggunakan algoritma khusus sehingga dapat mengisi daya 27% lebih cepat dan 45% lebih efisien dibandingkan Quick Charge edisi sebelumnya.

Soal penggunaan baterai, LG pun memberikan solusi melalui penggunaan teknologi Low Power Location Estimation, yang mampu meningkatkan efisiensi penggunaan daya baterai mencapai 41.9% dengan melakukan perbaikan konsumsi daya bagi penggunaan aplikasi berbasis GPS.

Kenalkan LG Friends

Dalam peluncurannya di MWC 2016, LG pun turut memperkenalkan LG Friends. Ia merupakan koleksi perangkat pendamping yang mampu membuat smartphone ini dapat bertransformasi menjadi pemutar Hi-Fi, kamera digital dan lainnya.

Melalui penggunaan desain modular yang berbeda dengan generasi pendahulunya, LG G5 menjadi salah satu produk yang mendapat perhatian besar saat ajang MWC 2016 berlangsung. Lantas, bagaimana soal harga dan jadwal ketersediaan perangkat ini? Kita nantikan saja informasi selanjutnya melalui Pricebook!

Video LG G5

*All images credit to AndroidPit

 

Baca juga artikel
Hati-hati, Banyak Produk LG G4 Mengalami Masalah Bootloop!
Cara Meningkatkan Performa LG G2 Biar Makin Gesit
LG V10 vs iPhone 6s Plus, Duel Phablet Premium

Artikel Lainnya

Komentar