Windows 10 Continuum Kini Support untuk Chipset Kelas Menengah Snapdragon 617

Windows 10 Continuum Kini Support untuk Chipset Kelas Menengah Snapdragon 617

Oleh Aris Wibowo on Sabtu, 23 Jan 2016 | 01:33

Semenjak kehadiran sistem operasi Windows 10, cara pandang dunia terhadap sistem windows perlahan berubah ke arah positive. Hal ini juga disebabkan oleh Microsoft yang juga menghadirkan berbagai fitur menarik dalam Windows 10 sehingga sistem ini bisa nyaman digunakan untuk perangkat desktop hingga mobile. Salah satunya dengan menghadirkan fitur Windows 10 Continuum.

Via wired

Dengan fitur Windows 10 Continuum ini akan membuat smartphone dengan Windows 10 bisa digunakan layaknya versi desktop dengan menyambungkan ke sebuah dock. Dengan dock ini, smartphone akan berubah layaknya CPU dan bisa disambungkan dengan monitor, keyboard dan mouse.

Tentu fitur ini membutuhkan smartphone powerful untuk bisa berjalan lancar. Tak heran, sejauh ini perangkat smartphone yang support Continuum hanya yang menggunakan chipset Snapdragon 808 dan Snapdragon 810. Namun, baru – baru ini Microsoft melakukan update pada fitur Continuum sehingga fitur ini bisa digunakan pada smartphone dengan chipset kelas menengah Snapdragon 617.

Tentu tidak asal smartphone dengan chipset Snapdragon 617 yang bisa menggunakan fitur Continuum, melainkan smartphone dengan spesifikasi yang sangat powerfull. Sebagai gambaran, chipset Qualcomm Snapdragon 617 merupakan prosesor octa-core ARM Cortex A53 dengan teknologi 64-bit. Prosesor ini memiliki kecepatan 1,5 Ghz dan pengolah grafis 405.

Baca juga Tips Memaksimalkan Windows 10 Untuk Gaming

Via techtimes

Maka untuk bisa menggunakan Continuum, smartphone dengan chip Snapdragon 617 harus memiliki setidaknya RAM 2 GB. Smartphone ini juga harus memiliki memori internal minimal 16 GB dan layar dengan resolusi minimal 1280 x 720 pixels. Tak hanya itu, smartphone ini harus memiliki USB port atau wireless display support. Microsoft sendiri merekomendasikan konektor USB Type C untuk menyambungkan ke docking khusus. Namun, mengggunakan USB biasa pun tidak masalah.

Sebagai informasi saja, Microsoft awalnya merekomendasikan spesifikasi smartphone untuk continuum haruslah memiliki RAM 3 GB. Layar yang sudah support Full HD 1920 x 1080 pixels. Hingga Dual Band Wifi.

Memang sejauh ini belum ada kabar hadirnya smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon 617 dengan kemampuan continuum support dan sistem windows 10. Namun, diharapkan tahun ini akan banyak produsen yang merilis smartphone windows di kelas menengah.

Sistem Windows 10 Mobile sendiri sudah hadir pada Microsoft Lumia 950 dan Lumia 950 XL. Microsoft juga berencana menghadirkan sistem ini pada seri Lumia lama. Sayangnya hingga kini belum ada konfirmasi lebih lanjut dari Microsoft.

 

Baca juga artikel

Tips Meningkatkan Performa Windows 10 di PC Jadul

Windows 10 Mobile Akan Hadir Untuk Ponsel Lama di Awal 2016

Microsoft Lumia 550 Windows 10 Mulai Dipasarkan

Artikel Lainnya

Komentar