Ini Alasan Kenapa Nexus 5x dan 6P Tidak Punya Wireless Charging

Ini Alasan Kenapa Nexus 5x dan 6P Tidak Punya Wireless Charging

Oleh Tedi Yuni A on Kamis, 01 Okt 2015 | 15:10

Dalam sebuah kesempatan, Google akhirnya menjawab pertanyaan mengapa Nexus 5X dan 6P tidak dibekali dengan wireless charging.

Hiroshi Lockheimer, perwakilan dari Google dalam sesi tanya jawab di Reddit Ask Me Anything (AMA) mengatakan bahwa alasan tersebut karena Nexii-sebutan untuk Nexus 5x dan 6P- sudah dilengkapi dengan port USB Type C, selain itu, komponen wireless charging akan menambah ketebalan tubuh kedua smartphone.

Seperti dikutip dari Ubergizmo, Lockheimer juga menjelaskan dengan adanya USB Type C pada Nexus 2015 yang penggunaannya bisa dibolak-balik akan lebih memudahkan pengguna ketika akan mencolokkan charger.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Nexus 5x dan 6P Tidak Punya Wireless Charging

Dia juga menambahkan kalau di Nexii pengisian daya baterai juga sangat cepat, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi kapasitas daya mulai dari 1 persen hingga 100 persen hanya membutuhkan waktu 97 menit di Nexus P6 dan pada 45 menit pertama pengisian sangat cepat.

Lockheimer juga menjelaskan mengapa dulu menggunakan wireless charging di Nexus 4, menurutnya penggunaan wireless charging adalah solusi yang lebih sederhana ketika sebuah smartphone menggunakan koneksi microUSB.

Seperti diketahui ketiadaan wireless charging pada Nexus 5X dan 6P telah dijadikan alasan untuk menyerang Nexus 2015. Ketiadaan tersebut dianggap sebuah kelemahan dan menjadikan smartphone tersebut kurang mampu bersaing dengan ponsel premium lainnya. Bagaimana menurut kamu, pentingkah wireless charging di sebuah smartphone?

Arti nama Nexus 5X dan 6P

Dalam kesempatan tersebut Hiroshi Lockheimer juga menjelaskan arti penamaan Nexus 5X dan 6P karena banyak orang penasaran dengan hal tersebut. Kalau mengikuti skema penamaan dan jumlah nama perangkat Nexus yang telah diluncurkan keduanya harus menggunakan angka ke tujuh dan sepertinya tidak dimungkinkan karena kurang adil bagi kedua vendor.

Google punya jawaban lain untuk ini, menurut  Lockheimer, X di Nexus 5X untuk menunjukan perangkat tersebut adalah inti dari merek Nexus dan untuk P di belakang Nexus P6 menunjukan kata Premium. Dia juga menyinggung huruf C dibelakang tablet Pixel C, yang artinya adalah 'convertible'.

 

Baca juga artikel

8 Fitur Terbaik yang Buat Kamu Ingin Beli Google Nexus 5X

Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Google Nexus 6P dan Nexus 5X

Harga Nexus 6P Lebih Mahal dari Nexus 5X

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 01 Oktober 2015 - 20:04
sayang banget ga ada wireless chargging nya