Ini Hasil Uji Kebenaran Layar 4K Sony Xperia Z5 Premium

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 09 Sep 2015 | 11:29

Xperia Z5 Premium

Awal September ini, Sony memang menyita banyak perhatian pengguna gadget dalam ajang IFA 2015. Pasalnya, dalam ajang tersebut, Sony menghadirkan smartphone produksi massal pertama dengan teknologi 4K display dalam Sony Xperia Z5 Premium.

Menariknya, kehadiran ponsel ini memicu beberapa perdebatan mengenai benarkan Sony mengusung kecerahan warna yang rapat hingga penggunaan 4K panel atau ini hanya teknologi palsu. Beberapa pengamat memang meragukan layar smartphone ini mengusung resolusi 4K atau hanya resolusi Full HD 1080p saja.

Menjawab rasa penasaran tersebut, GSMarena.com melakukan beberapa pengujian untuk membuktikan seberapa rapat dan detail resolusi panel pada Xperia Z5 premium. Dalam pengujian tersebut diambil beberapa screenshoot dan dicek seberapa dalam detail dari layar smartphone baru ini.

Pengecekan pertama pada resolusi 1080 x 1920 pixels. Kenyataannya kala Xperia Z5 digunakan menjalankan beberapa aplikasi dari Play Store, menunjukkan layar hanya menghasilkan resolusi 1080 x 1776 pixels.

Baca juga: Xperia Z5 Dibongkar, Ini Rahasia Sony Redam Masalah Overheating!

Untuk mengetahui lebih lanjut, layar Xperia Z5 bahkan diteliti menggunakan microscope. Hasilnya, layar Z5 Premium menghadirkan subpixels yang cukup kecil dan rapat. Subpixel ini memiliki pola yang berubah arah setiap 4 baris. Hal ini semakin meyakinkan bahwa panel layar pada Xperia Z5 Premium memang untuk resolusi tinggi.

Sebagai perbandingannya, layar OnePlus 2 juga diteliti dengan microscope. Hasilnya, layar OnePlus 2 hadir dengan subpixel yang lebih besar.

Kembali kepertanyaan mengenai teknologi 4K display pada layar ponsel Sony Xperia Z5 Premium. Tampaknya Sony memilih untuk mengatur layar agar berjalan pada resolusi 1080p untuk menghemat baterai.

Layar ini baru akan menghasilkan resolusi maksimal 4K saat digunakan untuk konten-konten tertentu saja. Namun, dalam pengujian maksimal, ternyata Sony Xperia Z5 Premium hanya mengusung resolusi 2160 x 3830 pixels saja. Ini dirasa sangat sebanding meski belum sempurna.

 

Baca juga artikel

Pertempuran Sony Xperia Z5 Premium vs Samsung Galaxy S6 Edge+

Khusus Pasar Jepang, Sony Hadirkan Xperia Z5 Compact Premium

Sony Hadirkan Update OS 5.1.1 Ke Xperia Z, ZL, ZR dan Tablet Z

Artikel Lainnya

Komentar