Inilah Fitur Unggulan Android Marshmallow

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 26 Agu 2015 | 00:12

Setelah Google memasang sebuah patung robot hijau yang memegang Marshmallow, maka orang sedunia langsung mengetahui jika OS Android generasi keenam akan dinamai dengan Android Marshmallow. Memang penamaan Android selalu berkaitan dengan camilan yang manis dan enak. Nah, dikabarkan jika Android Marshmallow ini mempunyai banyak sekali fitur-fitur baru yang belum pernah ada pada Android versi sebelumnya.

Kamu penasaran fitur baru apakah  yang akan dibawa oleh Marshmallow ini? Berikut ulasan yang dirangkum dari berbagai sumber.

Privasi Lebih

Android Marshmallow memperbaiki sistem keamanannya dengan memberikan pilihan kepada user untuk memberikan atau menolak permintaan akses lokasi, foto, daftar telepon dan cache dari suatu aplikasi yang hendak diinstal. Fitur ini sangat berbeda sekali dibandingkan pendahulunya yang harus menerima atau memberikan akses tersebut jika ingin menginstal suatu aplikasi tertentu. Hal ini tentu saja memberikan privasi yang lebih kepada para pengguna.

Track Memory

Fitur baru yang bernama Track Memory ini akan melacak dan mengidentifikasikan aplikasi manakah yang sedang berjalan yang membutuhkan banyak memori smartphone. Setelah diketahui, fitur ini akan melakukan langkah selanjutnya.

Baca juga: Cortana Untuk Android Resmi Dirilis Dalam Versi Beta

Dukungan Terhadap Sensor Sidik Jari

Google telah menambahkan fitur baru yaitu dukungan terhadap sensor sidik jari. Tak saja dipergunakan untuk mengamankan smartphone, namun fitur ini juga dapat dipergunakan oleh user untuk mengakses Google Play, Google Wallet dan beberapa aplikasi dan layanan lain tanpa harus memasukan login name dan juga password. Selain itu kecepatan pengenalan sidik jari juga semakin baik.

Fitur Auto Backup

Fitur baru ini mempermudah kamu untuk menyimpan data kamu secara otomatis di Google Drive. Hal ini sangat bermanfaat saat kamu berganti smartphone baru atau kehilangan data dari internal storage kamu.

Fitur Doze

Fitur penghemat daya baterai ini diklaim Google sebagai yang terbaik dari versi sebelumnya. Doze akan mematikan aplikasi yang masih aktif ketika ponsel tidak dipergunakan selama periode tertentu atau dalam kondisi standby, sehingga penggunaan baterai akan semakin hemat.

Namun sampai saat ini Android 6 hanya tersedia untuk preview para developer dan belum dipergunakan bagi ponsel-ponsel baru yang diluncurkan sampai akhir tahun ini.

 

Baca juga artikel

Android Lock Patterns Ternyata Mudah Ditebak

Yuk, Cicipi Android 6 Marshmallow Lewat Google Now Launcher

Google dan Intel Kolaborasi Garap Smartphone 3D

Artikel Lainnya

Komentar