Qualcomm-Ericsson Kembangkan Modem LTE-A Cat. 11

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 25 Mar 2015 | 15:34

Sebuah teknologi baru pengembangan LTE-A generasi terbaru, Cat. 11 saat ini sedang dikembangkan dan diharapkan teknologi baru ini akan mampu menyediakan layanan koneksi data ke perangkat smartphone dengan kecepatan hingga 600Mbps, demikian yang dilansir oleh Gsmdome di salah satu postingannya belum lama ini. Menurut tulisan tersebut, teknologi ini kemungkinan akan bersinergi dengan teknologi 5G yang saat ini sedang dikembangkan oleh salah satu vendor smartphone asal Tiongkok.

Spesifikasi  Modem LTE-A Cat. 11

 Perusahaan yang saat ini mengembangkan Modem LTE-A Cat. 11 tersebut adalah Qualcomm yang bekerja sama dengan Ericsson, sebuah produsen ponsel yang pernah merajai dunia beberapa dekade yang lalu. Kerja sama ini akan menghasilkan teknologi data yang jauh lebih cepat dari yang saat ini sudah ada yaitu Modem LTE-A Cat. 10 yang mampu memberikan kecepatan akses hingga 450 Mbps.

Sedikit info, dulu semua teknologi LTE sangat tergantung pada Qualcomm, begitu pula Samsung.  Namun Samsung kini sudah mampu memproduksi sendiri kebutuhannya dan bahkan menggelontorkan uang dalam jumlah besar untuk riset dan hasilnya adalah Modem LTE-A Cat. 10 pada chipset Exynos, teknologi yang sama yang juga diproduksi Qualcomm dan dipergunakan pada Snapdragon terbaru mereka.

Qualcomm rupanya tak mau begitu saja disaingi dan langsung mengerjakan teknologi Modem LTE-A Cat. 11 terbaru tersebut. Hasilnya adalah kemampuan download hingga 600Mbps serta kemampuan upload 100Mbps. Memang kemampuan upload Modem LTE-A Cat. 11 masih sama seperti pada LTE-A Cat 10, namun downloadnya meningkat sangat pesat, dari 450Mbps ke 600Mbps.  

Namun Modem LTE-A Cat. 11 masih terhambat dengan belum adanya dukungan dari tiga kelompok teknologi Carrier Aggregation 20 MHz sehingga kecepatan yang dimaksud belum bisa dicapai secara maksimal. Pengembangan teknologi Modem LTE-A Cat. 11 masih terkesan buru-buru karena perlu diketahui, hanya ada beberapa negara besar dunia yang telah mempergunakan LTE Cat 9 dan bahkan jaringan tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal, sementara negara-negara lain masih mempergunakan LTE dengan versi yang lebih rendah ( cat 4- cat 6). Apalagi saat ini juga sedang dikembangkan teknologi 5G. Jadi di masa depan, konsumen akan dimanjakan dengan koneksi data super cepat, namun berharaplah bahwa teknologi ini tak lantas membuat dompet kita kering kerontang. (Tedi)

Baca juga artikel

Harga Murah Smartphone Lumia Maret 2015

Hp Murah Meriah di Bawah Rp 300 ribu

Samsung Galaxy Xcover 3, Tahan Tenggelam Selama 30 menit

Artikel Lainnya

Komentar