Hati-hati!  Ada Tiga  Aplikasi Berbahaya di BlackBerry 10

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Kamis, 12 Peb 2015 | 11:53

Bagi pengguna perangkat BlackBerry 10, Anda harus hati-hati karena beredar kabar bahwa terdapat aplikasi yang dapat mencuri identitas para penggunanya. Seperti dikutip dari situs Crackberry (11/2), ketiga aplikasi tersebut mengumpulkan informasi penggunanya dalam sebuah situs tersembunyi yang dikembangkan oleh pengembang ketiga aplikasi tersebut, yakni Nemory Studios.

Situs Crackberry menyatakan bahwa ketiga aplikasi tersebut sebaiknya tidak digunakan atau di-download lagi oleh pengguna BlackBerry 10. Apa saja ketiga aplikasi yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

Snap 10

Snap 10 adalah layanan aplikasi pihak ketiga  yang bisa menggantikan fungsi Snapchat. Untuk diketahui, Snapchat merupakan aplikasi pesan instan multimedia yang memiliki batasan waktu ketika pesan diterima pengguna lain.

Snap 10 adalah aplikasi yang berfungsi sebagai pengganti Snapchat di BlackBerry 10. Jika Anda menginstal aplikasi ini, maka data-data Anda seperti nama lengkap, jenis kelamin, dan lain-lain akan diambil oleh pihak pengembang.

Snap2chat

Snap2chat tidak berbeda jauh dengan Snap 10. Aplikasi ini juga mencuri data penggunanya. Namun, Nemory Studios menyatakan bahwa data yang diambil hanya user ID. Tentu saja hal tersebut belum bisa dipercaya mengingat aplikasi ini adalah aplikasi pihak ketiga yang tidak berhubungan langsung dengan Snapchat.

Twittlly

Twittlly adalah aplikasi Twitter client yang hadir di BlackBerry. Aplikasi ini mirip dengan Tweetdeck, Hootsuite ataupun aplikasi Twitter client lainnya. Aplikasi ini hadir dengan tampilan antarmuka yang menarik.

Tetapi aplikasi ini ternyata mencuri data penggunanya. Yang lebih parah, data tersebut akan diambil ke situs analitik oleh pengembangnya. Selain itu, aplikasi ini mengambil bandwith yang besar dan berkali-kali.  Jika Anda menggunakan aplikasi ini, sebaiknya uninstal segera dan ganti password login Twitter Anda.

Dari pantauan Pricebook, Snap2chat dan Snap 10 sudah tidak hadir di toko aplikasi BlackBerry. Adapun aplikasi Twittlly masih tersedia (saat artikel ini dibuat). Tetapi aplikasi ini menuai komentar negatif.

Beberapa pengguna menyarankan memang untuk tidak menginstal aplikasi Twittlly. Sebagai peringatan, jika data Anda tidak mau dicuri, Anda sebaiknya jangan menginstal aplikasi yang mencurigakan, terutama aplikasi-aplikasi yang baru dan belum dapat dipercaya. Pilihlah aplikasi yang populer dan aman meskipun harus mengeluarkan biaya. (Tedi)

Baca juga artikel:

Upload Videonya dan Menangkan Hadiah Rp50 Juta dari Indosat

Lenovo P70, Gagah dengan Baterai Berkapasitas 4.000 mAh

Xiaomi Hadirkan Redmi 2 Versi 2 GB

Artikel Lainnya

Komentar