Fitur Menarik pada Windows 10 for Smartphone

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Senin, 26 Jan 2015 | 12:20

Tahun 2014, Microsoft mengumukan bahwa sistem operasi selanjutnya adalah Microsoft Windows 10 dan bukan Windows 9. Tidak ada yang tahu persis penyebannya, tetapi pihak Microsoft menyatakan bahwa penamaan Windows 10 dilatarbelakangi karena Microsoft akan melakukan sesuatu yang besar.

Salah satu langkah besarnya adalah dengan menghadirkan Windows 10 for smartphone. Sistem operasi yang khusus untuk ponsel cerdas ini tampak akan spesial. Hal ini terlihat fitur-fitur yang tersemat di dalamnya. Fitur apa sajakah itu? Berikut beberapa fitur spesial pada Windows 10 for smartphone.

Program Office Baru

Microsoft memiliki program Microsoft Office yang sudah terkenal sebagai pengolah kata yang banyak digunakan. Khusus untuk Windows 10 for smartphone, Microsoft menyematkan program serupa dengan Microsoft Office. Belum jelas apa namanya tetapi dikabarkan bahwa Office terbaru ini akan memiliki interface yang sama dengan Microsoft Office untuk iOS.

New Interface with Notification Center

Tampilan antarmuka Windows 10 for smartphone akan hadir dengan interface baru. Interface ini juga disertai dengan layanan Notification Center pusat notifikasi yang hadir dengan gaya PC Desktop. Dengan fitur ini, pengguna bisa menggunakan wallpaper pada bagian latar live tile.

Aplikasi Message

Aplikasi pesan yang terdapat pada Windows 10 for smartphone akan hadir dengan kemampuan  menyimpan berbagai pesan dari berbagai layanan.

Misalnya, pesan dari SMS, Skype, dan aplikasi chat lainnya akan terkumpul di aplikasi khusus Message ini.

New Settings dan On-screen Keyboard

Microsoft tampaknya mulai mendengarkan keluhan dari pengguna. Hal ini tampak dari adanya tampilan settings yang baru dari sebelumnya. Perlu diketahui, bahwa bagian settings diangap kurang nyaman oleh beberapa pengguna. Karena itu, pada Windows 10 for smartphone Microsoft mengubahnya menjadi lebih baik.

Perubahan tidak hanya terjadi dengan Settings tetapi juga On-screen keyboard. Windows 10 for smartphone akan hadir dengan fitur On-screen keyboard yang dapat dengan mudah berpindah posisi untuk kenyamanan pengguna.

Universal Apps

Microsoft juga menghadirkan Universal Apps pada Windows 10 for smartphone. Layanan ini adalah layanan aplikasi utama dengan dukungan aplikasi umum seperti Photos, Videos, dan Maps. Universal Apps juga didukung dengan layanan Mail, Messaging, dan Calendar. Hal penting lainnya ialah aplikasi Maps pada Windows 10 for smartphone didukung penuh oleh Cortana, asisten cerdas besutan Microsoft.

Itulah beberapa fitur utama dari Windows 10 for smartphone. Akan sangat menarik menantikan sistem operasi ini. Microsoft berencana mengeluarkan Windows 10 for smartphone pada Februari 2015 khusus Developer Preview sebelum nantinya dirilis secara umum. (Tedi)

Baca juga artikel:

Perjalanan Smartphone Berkamera Canggih Dari Masa ke Masa

RAM 3 GB dan Harga Miring Ala Meizu MX4 Pro

Kilas Balik Perkembangan Teknologi Ponsel Kamera

Artikel Lainnya

Komentar