iPhone 6 Kurang Laris, Apple Perbanyak Produksi iPhone 6 Plus di 2015

Oleh Nadia Maharani on Selasa, 09 Des 2014 | 16:09

Diperkirakan akan ada “krisis” iPhone 6 pada 2015 mendatang lantaran Apple akan mengubah rasio produksi ke iPhone 6 Plus. Hal itu dikemukakan analis UBS, Steven Milunovich, belum lama ini.

Penggeseran rasio produksi tersebut disebabkan oleh antusiasme pasar yang lebih tinggi terhadap iPhone 6 Plus yang diluncurkan Apple pada September lalu. Berdasarkan data, permintaan tertinggi datang dari pasar Asia, terutama Cina.

Permintaan tinggi tersebut bertolak belakang dengan perkiraan Apple sebelumnya dimana iPhone 6 akan lebih diminati pasar lantaran ukurannya lebih kecil dan harganya lebih rendah dibanding saudaranya, iPhone 6 Plus.

Pada kenyataannya, pasar cenderung memburu iPhone berlayar ekstra besar daripada iPhone 6. Hal itu berdampak pada ketersediaan iPhone 6 yang berlimpah dan kurangnya iPhone 6 Plus di pasaran.

Pada Business Insider, Milunovich menjelaskan jika diperkirakan akan ada penurunan permintaan hingga sekitar 40% pada bulan Maret, terutama iPhone 6 yang lebih kecil.

“Kami berpikir ketertarikan terhadap iPhone 6 Plus yang besar lebih tinggi dari yang diharapkan Apple sehingga pergeseran produksi tersebut diperlukan,” ujarnya.

Ia menuturkan jika penjualan iPhone 6 Plus di Amerika Serikat adalah 3 banding 1 dari iPhone 6. Meski tingkat penjualan iPhone 6 Plus cukup tinggi di negara asalnya tersebut, ada kemungkinan besar permintaan akan smartphone baru Apple tersebut kian meningkat di Cina.

Berdasarkan prediksi Barclays baru-baru ini, permintaan akan iPhone 6 Plus akan melonjak pada musim semi tahun depan. Salah satu faktor pemicunya adalah Tahun Baru Cina dimana terdapat tradisi saling memberi hadiah di kalangan masyarakat dan iPhone 6 Plus diperkirakan akan menjadi salah satu hadiah populer pada momen tahunan tersebut.

Dari segi fisik, iPhone 6 memiliki ukuran 2 cm lebih pendek dari iPhone 6 Plus. Ketebalan keduanya berbeda 0,3 mm. Untuk bobotnya, iPhone 6 Plus lebih berat 43 gram dibanding iPhone 6. Namun, hal yang membuatnya keduanya terasa amat berbeda adalah lebar layarnya. Banyak pengguna Apple 6 Plus yang pada awalnya kesulitan dalam mengoperasikan smartphone bongsor Apple tersebut meski akhirnya ukuran itu tak jadi masalah.(Tedi)

Baca juga artikel:

Ini Dia Daftar Smartphone Terbaik di Dunia

Lenovo K3, Lawan Tangguh Xiaomi Redmi 1S

Langkah Ini Selamatkan Smartphone Anda Dari Virus

Artikel Lainnya

Komentar