Diperbaharui pada Selasa, 6 Oktober 2020 | 07:43

Bikin Video Cinematic Pakai Samsung Galaxy Note20, Bisa Banget!

cara buat video cinematicFoto: Samsung Indonesia

Kebutuhan konten media sosial membuat pengguna smartphone semakin kreatif untuk memaksimalkan fungsi kamera pada perangkat mereka. Hadirnya Samsung Galaxy Note20 membuka peluang kepada para content creator untuk membuat video profesional, hanya dengan hp saja!

Dengan banyaknya jenis konten video saat ini, terutama pada platform Youtube, maka setiap content creator perlu menciptakan keunikannya, salah satunya dengan membuat video cinematic secara profesional.

Video Berkualitas 8K dengan Hp!

video 8k samsung galaxy note 20
Samsung Galaxy Note20 dibekali dengan tiga buah kamera yang terletak pada panel belakangnya. Ketiga kamera ini terdiri dari kamera ultrawide dengan resolusi 12 MP, kamera wide-angle yang juga beresolusi 12 MP, dan kamera telephoto dengan resolusi 64 MP.

Konfigurasi kamera ini masih didukung dengan kamera depan yang dibekali dengan resolusi 10 MP. Kelebihan utama paka kamera Samsung Galaxy Note20 ketika digunakan untuk merekam video adalah, kualitas resolusi 8K yang bisa dihasilkannya.

8K adalah resolusi tertinggi yang bisa dicapai oleh perangkat smartphone untuk melakukan perekaman video, dan Galaxy Note20 adalah phablet yang dibekali dengan teknologi perekaman video ini. Hasilnya tentu bisa dirasakan oleh penggunanya ketika merekam video.

Bagi pengguna yang lebih nyaman untuk merekam video dengan kamera hp, berikut ini beberapa alasan kenapa Samsung Galaxy Note20 adalah pilihan yang tepat untuk melakukannya.

1. Merekam Video secara Profesional

kamera samsung galaxy note 20Foto: Samsung Indonesia

Bukan rahasia lagi kalau teknologi kamera hp sudah berada pada tingkatan yang berbeda dalam beberapa tahun belakangan ini, bahkan perangkat smartphone kini mulai digunakan untuk merekam film pendek dan video musik. 

Untuk pengguna yang punya minat membuat video secara profesional, teknologi kamera yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Note20 dapat menunjang kebutuhan ini dengan maksimal. Smartphone phablet ini memungkinkan penggunannya untuk merekam video pada 120fps, dengan kualitas gambar yang sangat mulus.

Kecepatan sensor pada kamera Galaxy Note20 mampu mengambil adegan secara mulus, walaupun subjek maupun objek yang direkam melakukan pergerakan yang sangat cepat. Ini artinya, pengguna dapat menciptakan adegan cinematic tanpa perlu menggunakan kamera video profesional.

Perekaman yang mulus ini juga sangat mendukung ketika digunakan untuk merekam adegan panning, dimana kamera bergerak mengikuti objek yang sedang direkam. Fitur image stabilizer-nya akan memastikan setiap frame yang direkam, tetap tajam dan tidak blur.

Untuk menghasilkan video dengan kualitas cinematic, pengguna bisa memanfaatkan opsi Pro Video dengan menggunakan control manual pada pengaturan kamera video. Dengan cara ini, pengguna bebas menentukan sendiri gaya sinematografi video apa yang ingin direkam.

2. Mendramatisir Adegan dengan Slow Motion

slow motion samsung galaxy note 20Foto: Samsung Indonesia

Pada saat membuat konten video, baik itu video pendek atau panjang, dikenal adanya istilah dramatisir. Bisa berupa adegan, bisa juga melalui pergerakan adegan slow motion. Disinilah fitur slow motion pada Samsung Galaxy Note20 bisa dimaksimalkan. Phablet Samsung ini dapat menciptakan adegan slow motion hingga 24fps. 

Pengaturan kecepatannya dapat dilakukan melalui fitur Speed Control pada bagian editor video. Adegan slow motion dapat memberikan emosi yang berbeda pada hasil video yang direkam, dan hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kamera Galaxy Note20.

3. Memiliki Berbagai Opsi Audio

audio samsung galaxy note 20Foto: Samsung Indonesia

Selain bisa merekam video dengan kualitas 8K, Samsung Galaxy Note20 juga memiliki opsi mikrofon untuk audio masuk yang berfungsi untuk menghasilkan kualitas suara yang lebih jernih. Pengguna bebas memilih dari mana sumber suara pada video akan masuk.

Kelebihan dari opsi mikrofon dari berbagai sumber ini dapat membantu pengguna untuk menghasilkan detail suara yang berbeda pada video yang direkam, sehingga akan memberikan efek audio yang lebih baik ketika menonton.

Sumber suara dapat dihasilkan secara Omni, jadi semua suara yang datang dari berbagai sumber, akan masuk secara bersamaan. Ini dapat dimanfaatkan ketika merekam video di ruang terbuka yang membutuhkan suara lingkungan disekitarnya.

Selain itu, untuk memberikan perhatian lebih terhadap subjek atau objek utama yang sedang direkam, pengguna dapat memilih untuk menggunakan audio dari mikrofon bagian depan melalui pengaturan Front.

Bila ingin menghasilkan efek kejutan, mikrofon Rear dapat digunakan untuk menangkap detil suara yang datang dari belakang. Ketiga mikrofon ini akan sangat membantu pengguna untuk mengatur fokus terhadap arah datangnya suara.

Mulai Membuat Video Cinematic Sendiri

Dengan memanfaatkan ketiga kelebihan yang dimiliki Samsung Galaxy Note20 tersebut, pengguna dapat membuat video cinematic hanya dengan perangkat smartphone, tanpa perlu menggunakan kamera video profesional. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.