Diperbaharui pada Jumat, 2 Oktober 2020 | 13:48

4 Alasan Layar 120Hz Samsung Galaxy Note20 Berguna Banget!

samsung galaxy note 20Foto: Samsung Indonesia

Samsung Galaxy Note20 sudah meluncur di pasar Indonesia sejak tanggal 21 Agustus 2020. Phablet terbaru Samsung ini dibekali dengan spesifikasi yang cukup mengagumkan, salah satunya adalah layar dengan refresh rate 120Hz. Apa saja yang menjadi kelebihan layar ini?

Apa Sih, Refresh Rate 120Hz?

Sebelum membahas layar 120Hz, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu refresh rate. Singkatnya, refresh rate adalah pembaruan terhadap konten yang ditampilkan pada panel layar, yang terjadi secara berkala.

Refresh rate ini mengukur seberapa cepat tampilan pada layar diperbarui. Hitungan yang dipakai adalah detik. Layar dengan refresh rate 60Hz melakukan pembaruan sebanyak 60 kali per detik.

Layar 120Hz berarti, kecepatan pembaruan tampilan ini mengalami peningkatan sebanyak dua kali (120 kali per detik). Semakin cepat tingkat refresh rate sebuah layar, maka kualitas tampilan visual yang dihasilkan juga semakin baik.

Kelebihan Layar 120Hz pada Samsung Galaxy Note20

layar 120hz samsung galaxy note 20Foto: Samsung Indonesia

Hadirnya layar dengan refresh rate 120Hz pada Samsung Galaxy Note20 tentunya dibarengi dengan kelebihan yang berguna untuk pemakainya. Apa saja yang bisa dilakukan dengan phablet ini?

1. Bikin Gaming Makin Seru

Tampilan visual ketika bermain game adalah salah satu hal paling penting untuk bisa menikmati jalannya permainan. Memang layar dengan refresh rate 120Hz bukan menjadi satu-satu faktor dalam mendukung performa bermain game.

Namun perlu diingat, bahwa tampilan visual yang mulus pastinya punya nilai lebih. Semakin bagus tampilannya, semakin seru juga kita menikmati permainan. 

Dukungan prosesor yang kuat dan sistem pendingin yang telah ditingkatkan, membuat performa layar 120Hz pada Samsung Galaxy Note20 menjadi maksimal.

Pada umumnya, perangkat smartphone yang beredar di pasaran memiliki layar 60Hz, Sebagian lainnya didukung layar 90Hz. Jumlah hp dengan layar 120Hz belum banyak. Nah, disinilah Samsung Galaxy Note 20 menjadi sangat menguntungkan bagi mobile gamer. 

Bagi para pemain game mobile, perbedaan refresh rate akan sangat jelas terlihat. Tampilan visual yang lebih halus tidak bisa bohong. 

Kelebihan lainnya, layar 120Hz akan meminimalisir terjadinya “screen tearing” saat bermain game. Pada hp dengan refresh rate rendah, hal ini biasa terjadi, yaitu munculnya garis-garis horizontal pada layar hp ketika sedang bermain game.

2. Respon Tinggi Saat Menggambar dan Menulis

Salah satu kelebihan seri Samsung Galaxy Note adalah S Pen. Pada Galaxy Note20, fungsi dan fitur pada S Pen semakin ditingkatkan untuk memberikan pengalaman menulis yang nyata, layaknya menulis pada secarik kertas.

Dengan dibekalinya phablet Samsung ini dengan layar 120Hz, maka secara langsung juga mendukung fungsi dan tingkat respon S Pen pada saat menggunakannya di atas layar Galaxy Note20.

Kecepatan refresh rate yang tinggi membuat setiap goresan pada S Pen menjadi lebih presisi. Pengguna Galaxy Note20 bisa leluasa menggambar atau menulis catatan dengan lebih nyaman.

3. Enaknya Kepoin Media Sosial

Sebagian besar pengguna smartphone pasti tidak asing dengan kehadiran media sosial. Nah, salah satu keuntungan dari refresh rate 120Hz yang ditawarkan Samsung Galaxy Note20 ini adalah respon layar yang cepat.

Pengguna bisa dengan makin leluasa untuk kepoin berbagai akun media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook melalui scrolling feed yang mulus anti lag. Salah satu keuntungan dari respon layar yang cepat ini adalah, tidak ada lagi ceritanya tidak sengaja nge-like postingan gebetan yang lagi dikepoin karena scrolling macet.

4. Nonton Film Tanpa Gangguan

Khusus untuk pengguna yang senang menonton tayangan video melalui perangkat phablet, layar 120Hz tentunya sangat mendukung sekali hobi tersebut.

Dengan layar yang memiliki refresh rate tinggi, tentunya akan mendukung kualitas visual dari setiap tayangan video yang ditampilkan. Mau nonton adegan bertarung atau balap-balapan, tetap seru dan memuaskan.

Itu dia kelebihan-kelebihan yang bisa didapatkan berkat layar 120Hz milik Samsung Galaxy Note20. Selain mendukung aktifitas hiburan, phablet ini juga bisa diandalkan untuk tingkat profesional dalam keseharian kerja penggunanya. Berguna banget, kan? 

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1494 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.