Diperbaharui pada Jumat, 31 Agustus 2018 | 17:46

Uji Charging OPPO F9 dengan VOOC Flash Charge, Secepat Apa Pengisiannya?

uji charging oppo f9

OPPO F9 baru resmi diluncurkan minggu lalu, namun meski belum lama diluncurkan, smartphone ini berhasil menarik perhatian konsumen dengan berbagai perubahan signifikan yang sudah dilakukan perusahaan.

Hasilnya, penjualannya dilaporkan lebih baik dari OPPO F7 yang diluncurkan 5 bulan lalu. Disebutkan, salah satu faktor utama yang membuat OPPO F9 sukses di pasaran adalah sudah menggunakan teknologi VOOC Flash Charge.

VOOC Flash Charge bukan fitur fast charging biasa, karena kekuatan arus 4A (ampere) yang dimilikinya belum ada yang bisa menandingi sampai sekarang dan ini menjadikannya sebagai fitur fast charging tercepat saat ini. Untuk informasi, fitur fast charging sekarang maksimal hanya bisa sampai di angka 3A.

Kalaupun ada fitur fast charging yang menggunakan kekuatan arus 4A lain adalah dash charge milik OnePlus. Tapi, teknologi yang dipakainya tetap dibuat berdasarkan VOOC Flash Charge. Lalu, seberapa cepat VOOC Flash Charge bisa mengisi baterai dari smartphone OPPO F9?

Uji Charge OPPO F9

uji charging oppo f9

Karena OPPO F9 sudah menggunakan VOOC Flash Charge, menarik untuk mengetahui seberapa cepat fitur ini bisa mengisi OPPO F9. Untuk informasi, OPPO F9 saat ini menggunakan baterai yang berkapasitas 3500mAh, lumayan besar untuk smartphone harga Rp4 jutaan.

Lalu, dengan kapasitas yang sebesar itu, seberapa cepatkah VOOC Flash Charge mengisi baterai OPPO F9? Kami sudah melakukan tes charging pada OPPO F9 dengan pengisian dalam waktu 10 menit mulai 1% dalam 3 mode, yaitu ketika hp mati, hp hidup, dan di-charge sambil main game.

Bagaimana hasilnya? Ternyata ketika dicharge dalam keadaan smartphone mati dan hp hidup, hasil yang didapat sama yaitu 18%. Lalu, ketika dicharge selama 10 menit sambil main game, hasilnya sedikit lebih sedikit yaitu 14%. Walau begitu, nilai tersebut sudah cukup bagus karena hasilnya lebih cepat dari pengisian biasa.

Lalu, berapa lama waktu yang diperlukan untuk pengisian hingga 100%? Dari tes yang kami lakukan diperlukan waktu selama 53 menit untuk mengisi OPPO F9 dari mulai 1% sampai full. Charge sendiri dilakukan dalam keadaan mati dan hidup tanpa digunakan untuk main game atau aktivitas apapun.

Pengisian sampai 100% sambil main game PUBG Mobile, waktu yang diperlukan mencapai 1 jam 22 menit. Namun, suhu hp dirasa naik walau menurut kami masih dalam batas normal.

 

Cara Kerja VOOC Flash Charge

uji charging oppo f9

Bagi kamu yang penasaran, bagaimana bisa VOOC Flash Charge mengisi baterai hp OPPO begitu cepat? Selain itu, tidak hanya cepat, bagaimana sisi keamanannya? Karena ketika dipakai charge, tidak ada rasa panas yang timbul dalam proses pengisian.

Dari penjelasan OPPO, VOOC Flash Charge ini menggunakan solusi untuk meningkatkan arus daya, bukan meningkatkan tegangan arus daya yang mungkin sebagian orang anggap. Karena itu, dari awal sudah OPPO bisa menjamin tidak akan ada bahaya yang muncul karena tegangan arus daya terlalu tinggi.

Di samping itu, peningkatan arus daya ini hanya bekerja saat pengisian mulai dari 0% hingga 90% saja. Setelah 90%, maka pengisian daya akan kembali seperti charging biasa. Hal ini merupakan salah satu bentuk perlindungan yang tujuannya untuk mencegah kelebihan pengisian daya.

vooc flash charge

Selain itu, untuk mencegah terjadinya kelebihan arus daya selama pengisian daya cepat, teknologi VOOC disertai dengan 5 lapisan proteksi keamanan kelebihan arus daya, yang disematkan di adapter dan smartphone itu sendiri, diantaranya:

  1. Tester tegangan di dalam adaptor VOOC flash charge.
  2. Sistem pengenalan VOOC di dalam adaptor tersebut.
  3. Sistem pengenalan VOOC di dalam hpnya.
  4. Tester tegangan di dalam hp yang mendukung VOOC flash charge.
  5. Sekering khusus untuk mengantisipasi lompatan arus yang bisa membahayakan hp

OPPO mengklaim, dalam pembuatan VOOC Flash Charge ini, semua komponen pengisian daya harus didesain ulang. Bahkan sebagian komponen baru pertama kali ditemukan, sehingga OPPO mengajukan 16 hak paten dalam pengembangan teknologi VOOC.

Kesimpulan

Fitur VOOC Flash Charge terbukti mampu mengisi baterai smartphone OPPO F9 dengan sangat cepat. Hal ini menjadikan OPPO F9 menjadi smartphone yang kami rekomendasikan untuk kamu yang punya mobilitas tinggi dan tidak punya waktu banyak untuk melakukan pengisian baterai hp.

Selain cepat, keamanan dari VOOC Flash Charge yang sangat terjamin juga memberikan nilai lebih sehingga membuat smartphone ini layak untuk dibeli.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts