Diperbaharui pada Selasa, 13 April 2021 | 19:12

Hyundai STARIA Meluncur, Mobil MPV Berdesain Futuristik

Oleh Restu Aji Siswanto

Foto: Hyundai

Hyundai Motor Company resmi meluncurkan lini produk multi-purpose vehicle (MPV) terbaru, STARIA, yang memiliki desain futuristik dengan fitur-fitur inovatif, dan tersedia di paruh kedua tahun 2021.

STARIA hadir dengan pilihan 2 hingga 11 konfigurasi kursi, dan tersedia dalam dua varian: STARIA dan STARIA Premium yang meningkatkan mobilitas ke level berikutnya, dengan peningkatan fitur dan sentuhan akhir eksklusif untuk tampilan dan nuansa yang lebih mewah.

Desain Eksterior Pesawat Luar Angkasa

Foto: Hyundai

Desain eketerior STARIA terinspirasi dari desain pesawat luar angkasa dengan bagian depan yang dilengkapi dengan Daytime Running Lights (DRL) horizontal dan sebuah lampu pendukung yang memanjang di bagian depan kendaraan.

Selain itu, hadir pula gril radiator dengan kesan yang tebal dan lebar, dengan pola yang unik. Siluet tampilan depan yang bersih semakin diperkuat dengan sepasang lampu depan yang rendah. 

STARIA tipe Premium menampilkan aksen warna krom kuningan eksklusif yang diaplikasikan pada emblem, grille, bezel lampu depan, bemper depan dan belakang, roda, kaca spion samping, dan gagang pintu.

Posisi beltline yang lebih rendah dan jendela panoramic di bagian samping kendaraan meningkatkan visibilitas secara keseluruhan dan nuansa yang lebih terbuka. 

Tema desain STARIA turut diaplikasikan ke bagian belakang, dengan menghadirkan jendela yang lebar dikelilingi oleh lampu belakang vertikal yang memanjang, sedangkan tipe STARIA Premium menggunakan desain lampu Parametric Pixel Hyundai yang unik. 

Bemper bagian belakang didesain dengan posisi yang lebih rendah agar para penumpang dapat dengan mudah menaikkan dan menurunkan barang bawaan.

Desain Interior Kapal Pesiar

Foto: Hyundai

STARIA menerapkan tata ruang sederhana untuk menonjolkan kenyamanan pengemudi dan penumpang, sekaligus tetap menerapkan fungsi utama sebuah MPV

Interior STARIA terinspirasi dari kapal pesiar untuk menghadirkan suasana terbuka dan unik melalui desain arsitektur yang inovatif. 

Posisi beltline yang lebih rendah dan jendela panoramic menciptakan ruang yang luas dan memberikan semangat bagi semua penumpang.

Kursi pengemudi dan penumpang di baris pertama dirancang untuk memberikan kesan luas dan nyaman. Tata ruang interior STARIA yang sederhana dan fokus pada hal-hal penting untuk memberikan lebih banyak ruang dan fleksibilitas bagi para penumpang. 

Beralih ke bagian depan, terdapat kursi pengemudi yang memiliki tampilan futuristic dengan dukungan layar depan 10,25 inci, layar sentuh fascia bagian tengah, dan sebuah tuas pemindah gigi elektronik berbasis tombol. 

Kluster digital mobil ini terletak di atas dasbor, memberikan pandangan yang luas dan tidak terhalang bagi pengemudi.

Performa dan Spesifikasi Mesin

Foto: Hyundai

STARIA menawarkan beberapa opsi powertrain dari mesin diesel VGT 2.2 liter dan mesin bensin MPI 3.5 liter Smartstream G6DIII.

Mesin diesel yang diperbarui dan digabungkan dengan transmisi manual enam-percepatan atau transmisi otomatis delapan-percepatan, menghasilkan output tenaga dengan estimasi sebesar 177 PS dan torsi 44 kgf-m. 

Mobil ini memiliki air-cooled turbocharger dengan efisiensi yang tinggi juga didukung oleh kompresor dan performa turbine wheel yang ditingkatkan untuk performa torsi kecepatan rendah yang lebih baik.

Sementara itu, untuk mesin bensin G6DIII 3,5-L MPI, dibekali dengan transmisi otomatis delapan-percepatan, sehingga menghasilkan estimasi output tenaga sebesar 272 PS dan torsi 33,8 kgf-m. 

Sistem manajemen termal yang terintegrasi memberikan peningkatan efisiensi bahan bakar dengan mengoptimalkan kontrol suhu cairan pendingin sesuai dengan kondisi pengoperasian kendaraan. 

Lengan roller swing yang terintegrasi dapat membantu peningkatan efisiensi bahan bakar lebih jauh dengan mengurangi gesekan.

Hyundai Motor mengoptimalkan setiap opsi powertrain agar dapat megurangi kebisingan, getaran yang rendah, dan NVH yang juga rendah, serta sensasi perpindahan gigi yang lebih baik untuk performa torsi tinggi dan akselerasi yang semakin ditingkatkan. 

Hal ini juga mengoptimalkan direct valve control body untuk peningkatan efisiensi hidrolik, oil pump untuk efisiensi bahan bakar, dan multi-plate torque converter untuk kontrol dan efisiensi bahan bakar.

Fitur Keamanan Cerdas

Foto: Hyundai

STARIA menawarkan pilihan untuk menambahkan 6 airbags, dan semua kursi telah dilengkapi dengan sabuk pengaman three-point dan sandaran kepala. 

Keamanan semakin didukung oleh fitur terdepan seperti Forward Collision Avoidance Assist (FCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA).

Mobil Hyundai ini dibekali Wireless Module Seat Belt Reminder (WM-SBR), sistem pengingat penggunaan sabuk pengaman pertama di dunia yang telah menggunakan teknologi komunikasi nirkabel.

Fitur Safe Exit Assist (SEA) akan mencegah pintu terbuka ketika sensornya mendeteksi adanya kendaraan yang melaju dari sisi belakang ketika pintu akan dibuka. 

STARIA juga dilengkapi dengan kamera wide-angle yang memungkinkan pengemudi dan penumpang depan untuk melihat penumpang pada kursi belakang melalui tampilan layar. 

Pengembangan Lini STARIA

Mobil MPV STARIA adalah seri pertama Hyundai yang berencana untuk meluncurkan lini produk Special Vehicle dari STARIA, seperti limosin, ambulan, dan mobil untuk berkemah. 

Selain itu, varian STARIA yang ramah lingkungan dijadwalkan untuk dihadirkan di tahun-tahun mendatang.

Like us!

Komentar