Review ASUS Zenfone Live L2: Fitur Meningkat, Harga Merakyat

Oleh Nur Abdillah updated Minggu, 2 Jun 2019 | 10:25

ASUS Zenfone Live L2
Di 2019 ini, ASUS baru merilis satu hp terbaru dalam seri Zenfone Live. Dimana mereka memboyong ZenFone Live L2 yang siap meneruskan sukses dari seri sebelumnya yaitu ZenFone Live L1. Spesifikasi ASUS Zenfone Live L2 sendiri memang lebih menyasar pada segmen entry level dengan harga murah, cuma sejutaan. Bagaimana performanya?

Di banding generasi sebelumnya, ASUS Zenfone Live L2 mengalami beberapa peningkatan, mulai dari desain hingga fitur. Menariknya, ASUS tetap membanderol hp ini dengan harga terjangkau. Untuk melihat performanya, berikut hasil review ASUS Zenfone Live L2.

Desain

ASUS Zenfone Live L2
Desain menjadi salah satu fitur yang mengalami perubahan di ZenFone Live L2. Jika seri sebelumnya hanya menggunakan material plastik bertekstur doff, kini Zenfone Live L2 hadir dengan desain kekinian. Dimana bodi tampil lebih stylish dengan efek warna gradasi di bagian cover belakang. Ada dua opsi warna yang bisa dipilih yaitu Cosmic Blue dan Rocket Red. Unit yang kami review adalah Cosmic Blue. 

Untuk hp satu jutaan, tampilan baru yang ditawarkan Zenfone Live L2 cukup menarik. Menurut ASUS, pilihan kedua warna ini terinspirasi dari luar angkasa yang misterius. Yang tak kalah menarik adalah penempatan logo ASUS yang diposisikan secara vertikal dengan ukuran yang ideal. Terlihat lebih modern dan dinamis.  

Untuk penempatan tombol dan port tidak berbeda dari hp ASUS lainnya. Tombol volume dan power di sisi kanan, lalu port charging dan speaker di bawah serta jack audio 3,55mm di bagian atas. Untuk slot SIM card bisa ditemukan di samping kiri perangkat. ASUS menyediakan 3 slot dengan konfigurasi 2 slot SIM card dan 1 slot microSD. Kedua SIM card tersebut dapat digunakan secara bersamaan. Sementara di bagian belakang hanya terdapat kamera tunggal lengkap bersama flash LED. 

Layar

ASUS Zenfone Live L2
ASUS ZenFone Live L2 hadir dengan layar full-view berukuran 5,5 inci. Beda dari seri sebelumnya, ZenFone Live L2 menawarkan tampilan layar yang lebih besar. Dimana layar ini memiliki aspek rasio sebesar 18:9 dengan bezel yang tipis di sisi kanan dan kiri. Hasilnya layar Zenfone Live L2 memiliki screen-to-body ratio hingga 82%.

Apalagi hadir dengan resolusi HD+ 720 x 1440 pixel serta tingkat kecerahan hingga 400 nits. Namun untuk urusan warna memang terbilang masih standar. Hal ini bisa dimaklumi mengingat harganya yang terjangkau. Meski demikian, setidaknya layar cukup cerah dan jernih dan masih terasa nyaman untuk menonton maupun beraktivitas.

Kamera

ASUS Zenfone Live L2
Di sektor kamera ASUS hanya menempatkan satu sensor saja di bagian belakang. Untuk resolusinya sendiri sebesar 13MP yang dibekali aperture f/2.0. Tidak hanya itu, kamera utama ini juga akan di dukung LED Flashlight untuk kebutuhan pemotretan dalam kondisi gelap.

Meski hanya dibekali satu kamera, tapi hasil foto yang ditawarkan masih cukup oke untuk mengabadikan momen pribadi, terutama di ruang dengan cahaya melimpah.

hasil foto zenfone live l2
hasil foto zenfone live l2
Untuk pemotretan di malam hari hasil foto ASUS Zenfone Live L2 memang tidak terlalu istimewa. Hasil foto terlihat kurang tajam dan masih terdapat noise. Tapi untuk foto jarak dekat, kehadiran flashlight terasa membantu pencahayaan.

hasil foto zenfone live l2
Bagaimana dengan kamera depannya? ASUS Zenfone Live L2 mengusung sensor 5MP dengan bukaan F2.4 untuk kamera selfie mereka. Kamera depan ini akan di dukung Softlight Flashlight yang bisa menambah pencahayaan saat melakukan foto selfie di kondisi gelap. 

Menariknya, kamera depan pada smartphone ini sudah mendukung teknologi face unlock. Penggunanya pun dapat membuka smartphone ini tanpa harus memasukkan pin atau password. Cukup dengan mengarahkan kamera depannya ke wajah pengguna dan smartphone akan langsung terbuka.

Performa

pubg
Untuk kinerja, ASUS Zenfone Live L2 memasang prosesor yang lebih baik dari seri sebelumnya. Kali ini prosesor yang dipakai adalah Snapdragon 430 (Zenfone Live L1 memakai Snapdragon 425) dengan sokongan RAM 2GB dan memori internal 16GB. Untuk memori eksternal bisa kamu tambahkan hingga mencapai 2TB. Jadi hasil foto dan video bisa masukkan ke microSD untuk menghindari memori yang penuh. 

Meski tergolong standar, tapi masih memungkinkan untuk memainkan game PUBG, walau di setingan low. Tapi jangan terlalu berharap lebih, karena masih ditemui lag selama bermain.

Dari hasil benchmark Antutu, konfigurasi ini hanya memperoleh skor 56257 saja. Meski demikian, hp ini sudah dibekali fitur Game Genie yang memungkinkan kamu memblokir semua notifikasi ketika sedang bermain game.

Baterai

ASUS Zenfone Live L2
Baterai yang diusung oleh Zenfone Live L2 berkapasitas 3.000mAh yang diklaim mampu bertahan selama 28 jam jika digunakan untuk melakukan panggilan telepon pada jaringan 3G. Dengan kapasitas baterai tersebut, ZenFone Live L2 juga dapat digunakan untuk memutar hingga 8 film, memutar musik tanpa henti selama 4 hari, serta memiliki waktu standby pada jaringan 4G hingga 28 hari.

Dalam pengujian kami, untuk memutar video HD 720p streaming berdurasi 1 jam (menggunakan wifi dan kecerahan layar 50%) baterainya berkurang 6 persen. Lalu bermain game PUBG satu jam baterainya berkurang 12 persen.

Untuk mengisi ulang baterainya dari 1 hingga 100 persen dibutuhkan waktu hampir 3 jam. Karena hp ini tidak dibekali fitur fast charging dan masih menggunakan micro USB standar.

Kesimpulan

Untuk harga 1 jutaan atau tepatnya Rp1.099.000 (harga resmi ASUS), Zenfone Live L2 ini bisa menjadi pertimbangan untuk dimiliki. Terutama untuk kamu yang memiliki bujet terbatas dan ingin memiliki hp murah yang tampil kekinian. Performanya cukup untuk menemani aktivitas harian kamu, seperti chating, browsing, menonton video ataupun aktif di sosial media. Oiya, meski bisa diajak bermain PUBG, namun hp ini memang tidak terlalu maksimal menjadi hp gaming.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8.0
Ukuran Layar 5.5 inch
Screen Resolution 1440 x 720 Pixel
Chipset Qualcommm Snapdragon 430 MSM8937
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.4 GHz
GPU Adreno 505
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
USB USB OTG
Kapasitas Baterai 3000 mAh

Artikel Terkait

Komentar