Diperbaharui pada Kamis, 8 Maret 2018 | 17:45

Review ASUS Zenfone Max Plus M1: Hp Baterai Besar Kekinian

ASUS Zenfone Max Plus M1
Tren hp dengan fitur full display nampaknya semakin ramai saja. Hampir semua keluaran terbaru di awal 2018 ini sudah dilengkapi dengan layar tampilan penuh. Salah satu hp full display yang belum lama ini dirillis di Indonesia adalah ASUS Zenfone Max Plus M1. Dengan banderol harga Rp2,799,000, Zenfone Max Plus M1 mengombinasikan fitur-fitur terkini dan kekuatan baterai yang dimiliki ASUS Zenfone Max series.

Seperti diketahui, ASUS memiliki beberapa varian model di keluarga Zenfone series. Dimana Zenfone Max series memang lebih menonjolkan pada penggunaan baterai besar yang bisa menyuplai daya lebih lama. Di lini Max series ini kamu bisa menemukan seri Zenfone Max, Zenfone 3 Max, Zenfone 4 Max, dan Zenfone 4 Max Pro.

Beda ASUS Zenfone Max Plus M1 dari lini Max series lainnya adalah sudah mengusung ftur full display yang kini sedang menjadi tren. Salah satu kelebihan fitur full display memungkinkan pengguna menikmati konten dalam sudut pandang lebih lebar dengan aspek rasio 18:9. Layar yang dihadirkan berukuran 5,7 inch dengan resolusi HD+ 1440 x 720 pixel. Bezelnya sangat tipis dengan screen to body ratio yang tinggi, sehingga serupa dengan hp berlayar 5,2 inch.

Melihat foto ataupun video berformat wide screen dengan lebih nyaman. Begitu juga saat berseluncur ke dunia maya yang bisa menampilkan halaman situs lebih luas. Termasuk kemudahan melakukan multitasking dengan menampilkan 2 aplikasi dilayar secara bersamaan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pengalaman kami setelah menggunakan ASUS Zenfone Max Plus M1 : 

Desain

ASUS Zenfone Max Plus M1
Secara fisik, ASUS Zenfone Max Plus sudah mewakili gaya smartphone yang kekinian, yaitu mengusung konsep full display. Di perangkat ini, ASUS memasang layar berukuran 5,7 inch yang mendominasi bagian depan. Meski layarnya memiliki ukuran 5,7 inch namun bentuknya justru sedikit lebih kecil dari hp berlayar 5,5 inch.

Itu karena penggunaan bezel yang tipis di sisi kanan dan kiri, membuatnya terlihat ramping. Hasilnya perangkat sangat solid saat berada dalam genggaman. Tapi hati-hati saat menggunakkannya, karena permukaan belakang ASUS Zenfone Max Plus M1 cukup licin.

Disarankan menggunakan casing yang sudah disiapkan ASUS dalam paket pembeliannya. Casing berjenis soft jelly ini cukup lembut dan berwarna transparan. Berguna untuk perlindungan pertama perangkat dari resiko terbentur atau terjatuh.     

Untuk penempatan port, tombol dan komponen lainnya tidak berbeda dengan hp ASUS lainnya. Dimana tombol power dan volume ada di sebelah kanan, atau sejajar dengan posisi ibu jari (jika kamu menggunakan hp dengan tangan kanan).

Lalu port charging/USB dibawah diapit dua speaker stereo dengan jack audio diletakkan di bagian atas. Sayangnya ASUS Zenfone Max Plus belum menggunakan port USB type-C. Sementara di bagian belakang kamu akan melihat keberadaan dual kamera bersama LED flash dan sensor fingerprint. Terlihat 2 list di atas dan bawah yang berfungsi sebagai antena.

Fitur Full Dislay

Asus Zenfone max plus
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ASUS Zenfone Max Plus M1 ini sudah mengusung full display dengan ukuran layar 5,7 inch. Resolusi yang ditawarkan adalah HD+ 1440 x 720 pixel, setingkat lebih tinggi dari layar HD. Layar ASUS Zenfone Max Plus M1 menggunakan aspek rasio ultra wide 18:9 dengan screen to body ratio yang mencapai hingga 80 persen.

Kelebihan dari layar full view ini memungkinkan kamu melihat video berformat wide screen dengan lebih nyaman. Hanya saja, belum banyak video di Youtube yang sudah mendukung format 18:9. Untungnya ASUS Zenfone Max Plus memungkinkan kamu menikmati konten video dengan layar penuh. Cukup 'zoom in' layar dengan cara mencubit dengan dua jari ke arah atas.

Tapi saat tampil full layar, ada bagian konten video yang tidak terlihat atau terpotong. Karena pada dasarnya video di Youtube masih menggunakan format 16:8. Namun dalam pengamatan kami, sebenarnya ASUS menyediakan fitur yang memungkinkan Anda memilih daftar aplikasi yang bisa menampilkan layar penuh bernama App Scaling. 

asus app scaling
Hanya saja entah mengapa justru Youtube tidak bisa dipilih sebagai aplikasi yang bisa menampilkan konten dalam format full display. Mungkin dalam update sistem mendatang ASUS akan menghadirkan fitur ini untuk aplikasi Youtube dan beberapa aplikasi lain. Karena tidak semua aplikasi bisa mendukung tampilan layar penuh.

Beruntungnya, Chrome menjadi salah satu aplikasi yang bisa digunakan pada full display. Dengan demikian, Anda bisa berseluncur ke dunia maya dengan tampilan halaman situs lebih luas.

Termasuk kemudahan melakukan multitasking dengan menampilkan 2 aplikasi dilayar secara bersamaan atau multi window. Untuk menikmati fitur multi window ini cukup buka satu aplikasi, lalu tekan dan tahan tombol ‘recent’ kemudian pilih aplikasi yang ingin dibuka bersamaan.

Yang sangat disayangkan adalah layar ASUS Zenfone Max Plus M1 tidak dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass. Sehingga kamu harus berhati-hati dari resiko tergores atau terbentur ketika menggunakannya.

ZenUI 4.0

zen ui 4
Tampilan ASUS Zenfone Max Plus M1 tidak berbeda dengan smartphone ASUS lainnya, yaitu menggunakan user interface ZenUI. Perangkat ini menggunakan ZenUI 4.0 yang didasarkan pada OS Android Nougat. Tidak banyak aplikasi bawaan yang dibawa ASUS selain milik Google, aplikasi sosial media (Facebook dan Instagram) serta aplikasi yang berkaitan dengan Office,(docs, sheet, slide).

Semua aplikasi serta sistem di Zenfone Max Plus M1 ini memangkas memori sekitar 12,61GB. Untungnya ASUS menyediakan storage internal yang besar hingga 64GB, sehingga masih tersisa ruang penyimpanan yang cukup lega. 

Di dalam ZenUI 4.0 ada beberapa fitur berguna untuk penggunaan sehari-hari. Ada fitur Twin Apps untuk menduplikasi aplikasi menjadi 2, seperti Facebook, Whatsapp, Instagram dan lainnya. Keuntungannya kamu bisa menggunakan 2 akun pada aplikasi tersebut secara bersamaan.

Lalu ada juga Zen Motion yang membawa banyak fitur menarik, seperti mengetuk layar 2x untuk membuka dan mengunci layar serta menuliskan huruf tertentu untuk membuka aplikasi favorit saat layar keadaan terkunci. Cukup berguna, terutama saat ingin mengakses aplikasi dengan cepat tanpa harus membuka kunci layar.

asus zenui 4
Atau bagi yang lebih banyak menggunakan sepeda motor, bisa mengaktifkan fitur Glove Mode agar tetap bisa menggunakan perangkat meski menggunakan sarung tangan. Semua fitur ini bisa kamu temukan pada menu ASUS Customized Setting.

ZenUI juga memiliki drawer aplikasi tersendiri yang dapat diakses dengan cara menyapu layar ke atas. Salah satu fitur yang menarik adalah reverse charging yang mengubah fungsi perangkat menjadi power bank dadakan. Sangat membantu mengisi ulang perangkat lain yang kehabisan baterai.

Selain itu, ASUS juga melengkapi perangkat dengan fasilitas pengenalan wajah. Untuk proses awal mengidentifikasi wajah cukup lancar. Pastikan kamu tidak menggunakan kacamata atau aksesoris lain agar pengenalan wajah maksimal. Selain itu, usahakan melakukannya dalam kondisi cahaya terang.

Begitu pula untuk membuka kunci layar (unlock) menggunakan pengenalan wajah, kamu harus berada diruang dengan banyak cahaya agar proses identifikasi wajah berjalan lancar. Sebab berdasarkan pengalaman kami ketika mencoba membuka kunci layar di ruang dengan pencahayaan sedang, sensor pengenalan wajah tidak berjalan dengan baik.  

Dual Kamera

Asus Zenfone Max Plus M1
ASUS Zenfone Max Plus M1 juga mewakili hp kekinian dengan memasang dual kamera. Di perangkat ini ASUS menempatkan dual kamera dibagian belakang, sama seperti ASUS Zenfone Zoom S dan ASUS Zenfone 4 Max Pro dan Lite. Komposisi dual kamera belakang di Zenfone Max Plus M1 memiliki konfigurasi resolusi 16MP + 8MP.

Dimana kamera utama dengan resolusi 16MP dibekali dengan aperture f/2.0, 35mm focal length, PDAF (phase detection auto focus), dan LED flash. Sedangkan untuk kamera belakang kedua beresolusi 8MP menggunakan lensa wide dengan view 120 derajat, 16.7mm focal length. Kamera wide ini diklaim memiliki sudut pandang 2 kali lebih luas dibanding kamera hp pada umumnya.

Kelebihannya pengguna bisa memotret lebih banyak orang dalam satu frame serta memudahkan mengambil foto dalam ruang sempit. Untuk kamera depannya juga memiliki resolusi 16MP yang dilengkapi fitur LED flash.   

Memotret di luar ruangan dengan cahaya melimpah kamera ASUS Zenfone Max Plus M1 bisa diandalkan. Foto yang dihasilkan terlihat cukup bagus, baik dari ketajaman, reproduksi warna dan kejernihan. Hanya saja tidak dipungkiri untuk memotret dengan pencahayaan minim masih belum maksimal.

Tapi hal tersebut memang bisa dimaklumi, karena ASUS Zenfone Max Plus M1 sejatinya memang tidak dihadirkan untuk fotografi low light. Meski demikian, untuk mengambil foto dari jarak dekat atau foto makro hasilnya cukup baik dengan latar belakang yang cukup blur. Sehingga memungkinkan kamu berkreasi dengan hasil sesuai keinginan.

kamera asus zenfone max plus m1
Kamu juga bisa memanfaatkan modus Portrait untuk mendapatkan foto bokeh. Untuk menghasilkan foto bokeh yang baik, sebaiknya perhatikan jarak antara objek dan kamera. Karena jika terlalu jauh atau dekat foto bokeh yang dihasilkan tidak akan maksimal. Efek blur di latar terlihat berantakan dan tidak sesuai pada tempat yang diinginkan.  

Lalu mencoba lensa wide yang disediakan terasa membantu untuk pengambilan foto dengan sudut lebar, terutama di ruangan yang sempit. Memungkinkan semua objek dapat masuk ke dalam frame. Hanya saja, kualitas lensa wide ini masih beresolusi 8MP. Jika menggunakan resolusi yang lebih tinggi mungkin kualitas foto sudut lebar akan terasa lebih optimal.

Beralih ke kamera depan yang memiliki resolusi 8MP dengan dukungan fitur Selfie Master agar foto selfie terlihat lebih menarik. Aplikasi Master Selfie dapat melakukan penyesuaian pada wajah agar terlihat lebih berbeda. Sudah tersedia banyak pilihan yang memungkinkan kamu mendapatkan tampilan yang diinginkan.

Secara umum kamera depan di ASUS Zenfone Max Plus M1 memiliki kinerja yang baik. Mengambil foto selfie di kondisi terang bisa menghasilkan ketajaman, reproduksi warna, dan akurasi yang bagus. Meski memotret foto selfie di kondisi rendah cahaya masih cukup baik namun bukanlah yang terbaik.

Hasil foto kamera ASUS Zenfone Max Plus M1 :

hasil foto asus zenfone max plus m1Hasil foto portrait ASUS Zenfone Max Plus M1

Hasil foto ASUS Zenfone Max Plus M1Hasil foto auto ASUS Zenfone Max Plus M1

Hasil foto ASUS Zenfone Max Plus M1Hasil foto low light ASUS Zenfone Max Plus M1

Hasil foto ASUS Zenfone Max Plus M1Hasil foto selfie ASUS Zenfone Max Plus M1

Performa

Asus zenfone max plus m1
ASUS Zenfone Max Plus M1 ditenagai prosesor MediaTek MT6750, sebuah prosesor octa-core yang memiliki kecepatan 1,5gHz. Prosesor ini dikombinasikan dengan pengolah grafis Mali T860 dan memori RAM 4GB. Konfigurasi ini sangat bisa diandalkan untuk aktivitas harian yang bersifat standar seperti berkirim pesan teks, bernavigasi antar home screen, browsing, dan menikmati konten multimedia.

Proses multitasking dengan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan juga sangat lancar berkat penggunaan RAM 4GB. Sayangnya, prosesor ini masih kurang tangguh ketika diajak untuk melakukan aktivitas yang lebih berat, seperti gaming atau aktivitas lain yang megutamakan grafis. Namun untuk game online seperti Mobile Legends atau Vain Glory, kamu masih bisa memainkannya dengan nyaman. Kamu bisa bermain dengan framerate tinggi dengan lag yang minim.

Berbeda halnya ketika memainkan game yang menuntut grafis tinggi. Kami masih mengalami lag di beberapa scene pada game Asphalt 8 dan Modern Combat 5. Meski demikian, secara umum game-game tersebut dimungkinkan untuk dimainkan. Satu hal yang tak kalah penting adalah istirahatkan ASUS Zenfone Max Pls M1 ketika perangkat mulai terasa panas.

Skor benchmark :

  • AnTuTu – 55,731
  • GeekBench – 424 (Single-Core), 2,167 (Multi-Core)
  • PCMark – 2,899 (Work 2.0)
  • AndroBench - (Read 277.82MB/s dan Write 190.69 MB/s)

Baterai Besar

Seperti generasi ASUS Zenfone Max series lainnya, perangkat ini juga mengunggulkan pada daya tahan baterainya. Kali ini ASUS Zenfone Max Plus M1 akan disokong baterai 4,130mAh. Untuk pemakaian normal seperti browsing, chating, membuka akun sosmed baterainya sanggup bertahan selama sehari penuh.

Lalu memainkan video streaming dari Youtube dengan durasi 1 jam baterainya berkurang sebesar 12 persen. Sedangkan saat memainkan game HD baterainya tergerus hingga 24 persen dalam waktu sejam. Dan kami juga mulai merasakan panas di area belakang. Tapi untuk mengisi ulang daya ASUS Zenfone Max Plus M1 ini tergolong cepat untuk ukuran baterai 4.130mAh. dari kondisi 0 persen hingga 100 persen dibutuhkan waktu 2 jam 15 menit

Kriteria Spesifikasi
OS Version 7
Ukuran Layar 5.7 inch
Screen Resolution 2160 x 1080 Pixel
Detail Prosesor -
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.5 GHz
GPU Mali-T860MP2
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 16 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 8 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
USB microUSB, USB OTG
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Jika membutuhkan hp yang memiliki baterai besar untuk mendukung ativitas harian, kamu bisa memasukkan ASUS Zenfone Max Plus M1 ke dalam daftar pembelian. Selain harganya yang terbilang terjangkau untuk samrtphone dengan fitur full display, perangkat ini juga cukup optimal dengan pemasangan dual kamera serta penanaman memori RAM 4GB dan ROM 64GB.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.