15 Aplikasi Edit Video Terbaik di Android Saat Ini

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 20 Jul 2020 | 16:40

Aplikasi Edit Video Terbaik

Seiring meningkatnya platform berbasis video seperti Youtube, TikTok dan lainnya, banyak orang tertatrik membuat video. Pasalnya, tidak hanya akan terkenal secara instan, tapi juga bisa menghasilkan uang.

Semakin bagus video yang dibuat maka akan semakin cepat pula ditonton orang banyak. Nah, untuk menciptakan video yang menarik, setidaknya dibutuhkan proses editing.

Pasti edit videonya susah? Jangan pesimis dulu, karena cara mengedit video kini semakin mudah. Kamu cukup instal salah satu aplikasi edit video yang ada di dalam artikel ini.

Aplikasi untuk editing ini memungkinkan kamu menggabungkan beberapa video menjadi satu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memasukkan musik agar video lebih terdengar dramatis.

Atau bisa juga menambahkan teks didalamnya, dijamin video kamu akan jauh lebih enak dilihat. Beruntungnya, aplikasi-aplikasi untuk hp Android ini tidak berbayar alias gratis di Play Store.

Tapi yang harus di catat adalah beberapa aplikasi yang bisa mengubah video jadi bagus ini ada juga yang menawarkan opsi pembayaran untuk mendapatkan fitur yang lebih banyak.

Berikut pilihan aplikasi untuk edit video rekomendasi Pricebook yang bisa kamu coba.

1. KineMaster

KineMasterKalau kamu edit video di hp dengan fitur yang lengkap, maka aplikasi Kinemaster ini layak kamu instal di smartphone maupun tablet. Kinemaster sendiri hadir dalam dua versi yaitu gratis dan berbayar.

Ada Kinemaster Premium dengan biaya Rp 53.000 per bulan atau Rp 329.000 setahun. Disini kamu bisa edit video tanpa ada watermark dan tanpa iklan. 

Sedangkan untuk Kinemaster versi gratis di setiap edit video akan ada watermark dan selalu terselip iklan. Untuk fitur di Kinemaster sudah support multiple layers video, gambar dan text. 

Dalam aplikasi pengedit video ini kamu juga bisa melakukan proses cutting dan trimming. Menambahkan multitrack audio dan LUT Filter. Menariknya, aplikasi ini menghadirkan efek transisi 3D sehingga video kian professional. 

Aplikasi video sudah support format seperti MP4, MOV, 3GP. Aplikasi yang bagus untuk edit video ini bisa kamu gunakan pada perangkat Android Jely Bean 4.1.2.

2. FilmoraGo

FilmoraGoAplikasi edit video FilmoraGo bisa di download gratis dengan format app in purchase atau menawarkan pembelian dalam aplikasi. Aplikasi ini menyediakan beberapa item yang bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 12.000 - Rp 50.000.

Dengan membeli item kamu bisa menghilangkan watermark di FilmoraGo. Meski demikian, kamu juga masih bisa memanfaatkan fitur-fitur menarik di FilmoraGo tanpa harus mengeluarkan uang meski ada logo di akhir editan video.

FilmoraGo sendiri merupakan salah satu aplikasi video editor terbaik. Kamu dapat melakukan hal-hal dasar seperti crop dan cut atau membuat video dengan mudah. Di aplikasi edit video ini kamu bisa bereksperimen dengan mengubah video yang diputar secara terbalik.

Menariknya, tersedia juga opsi edit video untuk di upload ke akun media sosial, seperti format video 1: 1 untuk Instagram dan format video 16: 9 untuk YouTube. Termasuk dukungan pada fitur dlow motion, transisi, musik, overlay, dan lainnya.

3. Likee

LikeeMenjadi salah satu aplikasi video yang cukup banyak digunakan, terutama dari kalangan anak mudah. Karena aplikasi Likee sangat simpel dengan penggunaan yang mudah.

Kamu bisa menambahkan beragam efek menarik, variasi stiker unik dan memungkinkan kamu lipsync lagu.

4. Magisto Video Editor and Maker

Magisto Video Editor and MakerAplikasi pengedit video gratis ini akan memungkinkan kamu untuk mengekspresikan diri dalam membuat film sendiri. Kamu tidak perlu belajar menjadi video editor terlebih dahulu, karena Magistocukup mudah digunakan.

Aplikasi ini juga menghadirkan teknologi AI yang menganalisis dan menggabungkan bagian terbaik dari video menjadi video yang sempurna. Memiliki fitur stabilisasi video otomatis yang membuat video kian jelas.

Aplikasi ini juga memiliki teknologi pengenal wajah yang akan mendeteksi orang-orang penting dalam video. Kamu juga akan menemukan berbagai tema seperti tahun baru, ulang tahun, kelahiran bayi hingga pernikahan.

5. Quik Video Editor

Quik Video Editor
Aplikasi yang bagus buat edit video ini hadir gratis. Quick memiliki konsep edit video yang mudah, cukup tap – tap saja. Kamu bisa memilih video atau gambar dari Galeri, Album, Facebook hingga kamera Go Pro.

Setelah itu, kamu bisa mengeditnya menjadi sebuah video yang menakjubkan. Kamu juga bisa mengedit alur cerita dengan menambah teks hingga filter yang menarik. Kamu bisa mengkombinasi video dan foto dengan mudah.

Bahkan bisa memasukkan 75 foto dalam sebuah video. Tersedia 25 tema yang membuat edit video kian seru. Terdapat juga 80 musik soundtrack yang bisa digunakan secara gratis agar video kian tampil menarik. 

Menariknya, kamu bisa melakukan edit video tanpa harus melihat watermark Quick.

6. PowerDirector Video Editor

PowerDirector Video EditorMenjadi salah satu aplikasi edit video berkuran ringan untuk kamu yang ingin belajar edit video secara profesional. Aplikasi Power Director Video Editor menghadirkan cukup banyak efek gratis.

Kamu bisa membuat efek layaknya film bioskop dengan mudah, menambahkan timeline, musik background dan hal lainnya. Termasuk mengedit kecerahan video, memotong video hingga menggabungkan video dengan beberapa tap.

7. VideoShow

VideoShowAplikasi edit video gratis ini menjadi pilihan yang pas untuk belajar edit video. Aplikasi pengedit video ini mengusung konsep all in one sehingga memudahkan kamu dalam mengubah video menjadi lebih menarik.

Diantaranya memiliki fitur trimmer dan cutting yang cukup baik. Aplikasi VideoShow hadir dengan 50 tema seru untuk mengedit video. Terdapat juga ratusan musik seru yang background video.

Kamu juga bisa menambahkan text dengan huruf yang beraneka ragam. Terdapat juga berbagai filter dan stiker seru untuk mempercantik video.

8. Funimate

FunimateFunimate memungkinkan kamu membuat video musik atau video sederhana dari momen pribadi yang ada pada perangkat. Kamu akan menemukan 15 filter video pilihan tanpa kesulitan berarti.

Tersedia beragam efek agar video yang kamu buat menjadi lebih menarik dan terlihat berbeda. 

9. WeVideo Video Editor

WeVideo Video EditorAplikasi untuk Android ini hadir dengan fitur yang cukup powerfull dan mudah digunakan. WeVideo juga memudahkan kamu untuk membagikan hasilnya ke Youtube, Facebook hingga Instagram.

Termasuk memungkinkan kamu menambahkan tema, filter, efek, transisi, emoji hingga merubah narasi suara, Kamu akan bisa menggunakan lebih dari 30 tema video yang unik. Aplikasi ini juga sudah bisa digunakan untuk mengedit video HD dengan mudah. 

10. Artisto

ArtistoUntuk menggunakan aplikasi Artisto ini, kamu cukup merekam video secara langsung dari aplikasi atau memilih salah satu video dari galeri. Kamu bisa memilih bagian video berdurasi 10 detik yang ingin digunakan atau ingin diedit.

Kemudian, kamu tinggal menunggu aplikasi mengubah video biasa jadi versi yang diinginkan. Kamu bisa mengubah video dengan berbagai gaya filter dari seniman populer seperti Vincent Van Gogh dan Pablo Picasso.

11. AndroVid

AndroVidAndroVid menjadi aplikasi video editor termudah untuk melakukan crop, cut, mengedit, dan menambahkan musik ke video. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menambahkan teks, bingkai, dan efek agar lebih menarik.

Aplikasi pengedit video ini memiliki beberapa efek transisi yang berguna seperti fade in dan out, swapping dan slow atau fast dari klip video. Juga memiliki fitur untuk mengkonversi video ke dalam mp3.

12. CuteCut Video Editor

CuteCut Video EditorPenggunaan yang mudah dari aplikasi CuteCut sangat cocok untuk kamu yang baru mencoba melakukan editing video melalui hp. Tidak ada hal ribet yang ditemui, karena proses edit video bisa dilakukan dengan singkat.

Cukup dengan melakukan beberapa sentuhan lalu tambahkan musik agar lebih menarik. 

13. FilmMaker Pro

Film Maker Pro
Filmmaker Pro seperti aplikasi edit video lainnya, disini kamu akan mendapatkan fitur dasar seperti crop, cut, dan mengatur ulang konten video serta menetapkan titik fokus. Aplikasi ini juga menawarkan berbagai efek video.

Termasuk diantaranya memungkinkan kamu menambahkan musik ke dalam video. Untuk fitur yang lebih keren seperti tanpa iklan dan tanpa watermark, FilmMaker Pro menyediakan opsi pembelian dengan rentang harga Rp 42.000 - Rp 199.000 per item.

14. YouCut

YouCut
YouCut
termasuk salah satu aplikasi edit video tanpa watermark yang bisa di download gratis. Aplikasi pemotong video ini juga memiliki fitur yang bisa mereduksi ukuran file video namun tetap dalam kualitas yang tinggi.

Keuntungannya tidak membebani kapasitas memori hp karena hasil editing videonya berukuran kecil. Format video yang dihasilkan bisa kamu pilih sesuai keinginan.

15. Timbre

Timbre
Timbre
juga salah satu aplikasi edit video terbaik Android yang bisa dicoba. Tanpa adanya watermark aplikasi ini memang menawarkan beberapa fitur editing. Sebut saja memotong, menggabungkan video, split hingga mengkonversi video.

Termasuk menghilangkan bagian dari video yang dianggap kurang menarik serta menggabungkan beberapa video dari angle yang berbeda. Hanya saja aplikasi ini memang blm banyak di download pengguna.

Tips Memilih Aplikasi Edit Video

Saat ini, pilihan aplikasi edit video terbaik untuk hp Android memang sangat melimpah. Tapi tidak semuanya bagus dan harus dipilah sesuai kebutuhan. Seandainya masih bingung, kamu bisa ikuti beberapa tips berikut.

Tips memilih aplikasi edit video di hp Android :

  • Pilih aplikasi edit video yang memiliki fitur cukup lengkap
  • Pilih aplikasi yang mendapatkan rating bagus dari pengguna (4 bintang atau lebih)
  • Pilih aplikasi edit video yang banyak mendapat review positif

Pilih Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Pilihan aplikasi edit video di hp Android di atas merupakan yang terbaik tanpa terbatasi oleh spesifikasi. Namun jangan lupa, tidak semua aplikasi edit video diatas gratis.

Karena sebagian mengharuskan kamu membayar biaya langganan atau membeli item untuk fitur yang lebih baik seperti menghilangkan watermark. Dan perhatikan juga kapasitas memori pada perangkat agar aplikasi berjalan dengan sempurna. 

Karena ada beberapa aplikasi edit video yang membutuhkan ruang besar di dalam perangkat, baik memori RAM maupun ruang penyimpanan internal. Untuk vlogger atau Youtuber pemula mungkin bisa pilih yang ringan dan mudah dimengerti.

Setidaknya hasil editing video yang dihasilkan akan terlihat lebih menarik. Apalagi jika dibuat lebih kreatif tentu akan menambah jumlah subscribe channel Youtube kamu. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Komentar