Diperbaharui pada Rabu, 13 Desember 2023 | 17:30

10 Aplikasi Edit Video di Laptop untuk Pemula dan Pro di 2023

Aplikasi Edit Video TerbaikFoto: Pexels

Jika sebelumnya membahas aplikasi edit video untuk hp Android, kini Pricebook akan coba hadirkan beberapa aplikasi edit video di laptop dan PC.

Dibanding hp, edit video di laptop memang jauh lebih nyaman. Dengan layar yang berukuran lebar serta dengan bantuan keyboard akan membuat proses edit video terlihat lebih detail.

Pilihan aplikasi edit video di laptop dengan fitur lengkap sebenarnya cukup banyak, seperti Corel VideoStudio Pro atau Adobe Premiere Pro.

Namun, untuk mendapatkan aplikasi-aplikasi tersebut kamu harus berlangganan. Tapi hal itu sudah sesuai dengan fitur-fitur yang ditawarkannya.

Bagi pekerja profesional mungkin harga aplikasi edit video ini bukan masalah, karena untuk menunjang pekerjaan mereka. Lalu bagaimana dengan para editor pemula atau orang yang baru mau ikut jadi Youtuber.

Tidak perlu khawatir, karena ada juga beberapa aplikasi edit video di laptop yang tidak perlu berlangganan alias gratis. Kamu juga tidak perlu laptop dengan spek tinggi, karena ukuran aplikasi edit video ini cukup ringan.

Jadi kamu bisa edit video di laptop yang sudah dimiliki tanpa harus membeli laptop baru yang berharga mahal. Oleh karena itu, Pricebook akan ulas beberapa aplikasi edit video di laptop terbaik, yang berbayar dan juga versi gratisan.

Simak ulasannya dibawah ini yaa.

Aplikasi Edit Video versi Pro

Berikut beberapa aplikasi edit video di laptop terbaik yang bisa di gunakan :

1. Adobe Premiere Pro

10 Aplikasi Edit Video di Laptop untuk Pemula dan Pro di 2023-1Foto: Adobe

Adobe Premiere Pro adalah salah satu aplikasi edit video di laptop yang paling populer dan banyak digunakan oleh para profesional dalam produksi film, acara TV, dan konten video lainnya.

Adobe Premiere Pro menawarkan berbagai fitur canggih, termasuk pengeditan non-linear, tools pengeditan warna, efek visual, dan mendukung berbagai format video.

Antarmuka yang ditawarkan cukup intuitif memudahkan pengguna untuk mengimpor, mengatur, dan mengedit materi footage dengan mudah.

Adobe Premiere Pro juga terkait dengan aplikasi Adobe Creative Cloud lainnya, seperti After Effects dan Photoshop. Mengenai harga Adobe Premiere Pro bervariasi tergantung pada paket langganan yang dipilih.

2. Corel VideoStudio Pro

10 Aplikasi Edit Video di Laptop untuk Pemula dan Pro di 2023-2Foto: Corel

Corel VideoStudio Pro menyediakan antarmuka yang ramah pengguna, sehingga cocok untuk pemula maupun profesional. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur editing yang kuat, efek kreatif, dan tools pengeditan video yang lengkap.

Termasuk mengimpor dan mengedit video dari berbagai sumber, mulai dari kamera digital, ponsel, dan file media lainnya. Aplikasi ini juga mendukung banyak format video populer lho.

Untuk tools editingnya sangat lengkap, seperti memotong, menggabungkan, memisahkan hingga membuat transisi yang mulus. Selain itu, Corel VideoStudio Pro juga menyediakan berbagai efek visual dan filter kreatif.

Corel VideoStudio Pro mendukung rendering video dalam berbagai resolusi, termasuk resolusi tinggi (HD) dan Ultra HD (4K). Harga Corel VideoStudio Pro dapat bervariasi tergantung pada versi dan paket yang dipilih.

3. Final Cut Pro X

10 Aplikasi Edit Video di Laptop untuk Pemula dan Pro di 2023-3Foto: Wondershare

Final Cut Pro X juga bisa menjadi pilihan jika kamu mencari aplikasi editing video yang bagus. Aplikasi ini menawarkan antarmuka yang elegan dan ramah pengguna, dengan fitur-fitur canggih untuk pengeditan video profesional.

Final Cut Pro X menawarkan alur kerja yang cepat, mendukung pemrosesan video dengan resolusi tinggi, pengeditan multi-kamera, dan banyak lagi.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur seperti pengeditan audio yang canggih, efek visual, dan alat pengeditan warna yang kuat. Harga Final Cut Pro X tersedia dalam beberapa pilihan, bisa bulanan atau tahunan untuk per PC.

4. Davinci Resolve

10 Aplikasi Edit Video di Laptop untuk Pemula dan Pro di 2023-4Foto: Black Magic Design

Davinci Resolve merupakan salahs atu aplikasi edit video yang memiliki kemampuan dalam pengeditan warna dan koreksi warna.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi editing lainnya, Davinci Resolve juga memiliki antarmuka yang intuitif dan menyediakan fitur-fitur seperti pengeditan non-linear, komposisi, efek visual, dan audio.

Aplikasi ini juga memiliki kompabilitas dengan tools pengeditan warna lain. Cocok untuk editor yang fokus pada kualitas visual. Soal harga, aplikasi ini tersedia dalam mode gratis dengan fitur-fitur dasar dan berbayar yang disebut Davinci Resolve Studio.

5. Sony Vegas Pro

10 Aplikasi Edit Video di Laptop untuk Pemula dan Pro di 2023-5Foto: Vegas Creative

Secara antarmuka Sony Vegas Pro sedikit lebih user friendly dibanding Adobe Premiere Pro. Selain itu aplikasi ini juga menawarkan solusi editing video yang andal dan fleksibel.

Tersedia berbagai fitur pengeditan video profesional, termasuk pengeditan non-linear, pengeditan multi-kamera, tools efek, dan pengeditan audio canggih.

Sony Vegas Pro memiliki juga mendukung berbagai format video dan memungkinkan kolaborasi dengan penggunaan plugin tambahan. Harga untuk Sony Vegas Pro bervariasi tergantung pada versi yang dipilih.

Aplikasi Edit Video Gratis

Berikut daftar aplikasi edit video di laptop berukuran ringan dan bisa di download gratis :

1. Blender

Blender
Kelebihan Blender :

  • Gratis
  • Ringan (257 MB)
  • Kompatibel Windows, Mac dan Linux
  • Fitur cukup lengkap

Jika mencari aplikasi edit video di laptop berukuran ringan mungkin bisa memilih Blender. Software untuk edit video ini juga tidak berbayar alias gratis dan sudah tersedia untuk beragam OS seperti Windows, Mac, dan Linux.

Ukuran file download Blender hanya berkisara 128MB - 190MB, tergantung OS yang dipilih. Fitur-fitur edit yang bisa digunakan cukup lengkap, bahkan bisa dibilang sudah sekelas pro.

Mulai dari cut atau memotong video hingga untuk proses editing yang lebih rumit. Berikut fitur lainnya Live preview, Audio mixing, syncing, scrubbing dan waveform visualization.

Serta tersedia 32 slot untuk menambahkan video, image, audio, scene, masks dan effect.

2. Avidemux

Avidemux
Kelebihan Avidemux :

  • Gratis
  • Ringan (28MB - 39MB)
  • Antarmuka sederhana 
  • Support Windows, Mac dan Linux

Avidemux merupakan aplikasi edit video laptop gratis yang bisa digunakan untuk Windows dan Mac. Menawarkan fitur-fitur dasar seperti beragam filter, cutting, dan encoding.

Aplikasi edit video PC ringan ini akan berukuran 28MB - 39MB, tergantung dari OS yang digunakan. Tampilan interfacenya cukup simple dan mudah untuk dimengerti.

Fitur-fiturnya menawarkan de-noising filter, sharpening dan encoding. Meski demikian, aplikasi ini juga punya kelemahan dengan minimnya efek dan transisi. Namun cukup layak dicoba apalagi gratis dan juga tanpa watermark.

3. Shotcut

Shotcut
Kelebihan Shotcut:

  • Gratis
  • Ringan (70MB – 105MB)
  • Mudah digunakan 
  • Support Windows, Mac dan Linux

Shotcut menawarkan antarmuka yang segerhana dengan kemudahan dalam pengoperasiannya. Untuk tampilan muka terdiri dari menu timeline, media, effect dan preview.

Dengan aplikasi edit video ini, kamu bisa memotong video, menggabungkan beberapa video, menambahkan berbagai filter, transisi, dan efek.

Untuk ukuran download berkisar 70MB – 105MB.

4. VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor
Kelebihan VSDC Free Video Editor :

  • Gratis
  • Ringan (76MB)
  • Pemenang award 
  • Support Windows 

VSDC Free Video Editor akan menjadi aplikasi edit video ini bisa juga dicoba. Aplikasi ini bisa digunakan untuk menghasilkan video menarik. Meski demikian, semua tergantung pada kerumitan yang ada seperti efek audio dan visual.

Mengedit video di laptop dengan aplikasi juga mudah, karena memiliki antarmuka yang sederhana, namun tetap menawarkan fitur-fitur penting seperti pilihan transisi, efek, dan pengeditan non-linear terbaik.

Download aplikasi edit video ini dengan cepat karena hanya berukuran 76MB.

5. Freemake Video Converter

Freemake Video Converter
Kelebihan Freemake Video Converter :

  • Gratis
  • Ringan dan simpel
  • Support 500+ format video

Untuk editor pemula yang hanya ingin edit video untuk publish di Youtube ada aplikasi Freemake. Sesuai namanya, aplikasi untuk Windows ini memang lebih menonjolkan pada kemampuan mengkonversi format video.

Pengguna bisa memilih output format video yang sesuai dengan media upload, seperti mengubah MP4 ke AVI dan sebagainya. Serunya pengguna bisa mengkonversi lebih dari 500 format video.

Tapi bagi yang mau edit video juga bisa, meski fiturnya terbilang dasar seperti cut video atau menggabungkan beberapa video.

Kesimpulan

Itulah daftar aplikasi edit video di laptop yang bisa dicoba. Semua aplikasi edit video ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Beberapa aplikasi mungkin lebih cocok untuk pemula sementara yang lainnya lebih cocok untuk pengguna yang lebih pro dan berpengalaman.

Namun, sebelum memilih aplikasi mana yang akan digunakan untuk mengedit video di laptop kamu, pastikan bahwa spesifikasi perangkat sudah memenuhi persyaratan minimum.

Dan pilihan aplikasi edit video di atas bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang ingin menjadi Youtuber atau vlogger.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2423 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.