Diperbaharui pada Sabtu, 15 Juli 2017 | 10:49

Laptop Gaming Spek Tinggi Asus ROG Strix GL502VM, ini Skor Benchmarknya!


Laptop gaming Asus terbaru dengan spesifikasi tinggi dalam model ROG GL502VM ini hadir lebih futuris dengan desain tips dan dinamis.

Setelah menghadirkan varian ROG Strix GL502VS, kini Asus kembali meluncurkan laptop gaming terbarunya dalam seri GL502VM.  Menjadi laptop gaming kelas menengah, Asus ROG Strix GL502VM dipersenjatai spesifikasi tinggi dengan beberapa pembaruan dari aspek jeroan internal hingga penampilan luarnya.

Model teranyar dari ROG Strix 15 inci ini hadir dengan prosesor Intel Core i7 generasi ke-7 yakni Intel Core i7-7700HQ yang memiliki kecepatan mencapai hingga 3.6GHz. Prosesor ini akan dipadukan grafis Nvidia GTX1070 8GB GDDR5 dengan 32GB DDR4 RAM. Termasuk mengintegrasikan sistem operasi Windows 10 untuk memudahkan user dalam penggunaannya.


Sementara penyegaran secara tampilan diimplementasi melalui desain warna LID cover hingga bagian dalam keyboard yang berubah menjadi silver. Pilihan warna ini  biasanya ASUS tempatkan untuk menghiasi perangkat gaming di kelas lebih premium seperti ASUS ROG G752 hingga ROG seharga mobil GX800.

Jika dilihat dari beberapa sudut yang berbeda, panel aluminium pada cover notebook ini memberikan pantulan cahaya berkilau yang sangat mewah. Dengan ketebalan 23,5mm dan bobot hanya 2,2Kg ASUS ROG STRIX GL502VM merupakan salah satu notebook gaming tertipis di kelasnya.

Untuk melihat kemampuannya, Pricebook berkesempatan untuk menguji langsung performa dari Asus ROG Strix GL502VM. Berikut ulasannya :

Skor Benchmark Asus ROG Strix GL502VM


Dibekali prosesor terbaru Intel Core i7-7700HQ, performa laptop gaming Asus dengan spek tinggi ini dapat beroperasi dengan lebih kencang dan gegas. Prosesor tersebut dapat bekerja dengan sangat cepat karena memiliki frekuensi maksimum yang dapat berjalan pada frekuensi 3,8GHz.

Selain prosesor Intel generasi terbaru, notebook gaming futuristis ini dipersenjatai oleh RAM 16GB DDR4. Asus ROG STRIX GL502VM menggunakan media penyimpanan berbasis NVMe SSD PCIe x4 berukuran 256GB. Ini akan memberikan kenyamanan bagi pengguna karena akan membuat proses loading, booting, hingga membantu multitasking aplikasi yang lebih cepat dan mulus.

Konfigurasi perangkat keras ini tentu memberikan kekuatan yang andal dalam memainkan game-game kelas berat sekalipun. Terlihat dari hasil pengujian dengan benchmark dibawah ini :

PCMark

Sebagai tambahan informasi, Intel Core i7-7700HQ adalah prosesor yang memiliki jumlah thread 8 untaian dan core sebanyak 4 buah. Seperti diketahui, semakin banyak jumlah core pada prosesor akan membuat proses kerja dari sebuah perangkat komputasi akan semakin baik dan kencang. Dengan kumpulan spesifikasi seperti itu, perangkat ini mampu menghajar game seperti CS Go yang di set di pengaturan maksimal dengan jumlah FPS 50 hingga 60.

CS Go setup

Sementara pada sisi kartu grafis, perangkatnya memiliki dukungan kartu grafis tambahan dari Nvidia yakni GTX1060. Kartu grafis berkemampuan monster ini mampu bekerja dengan sangat baik untuk mengolah game bertipe AAA sekalipun.

Dalam beberapa pengujian, kartu grafis berbasis arsitektur Nvidia Pascal ini mampu menghasilan performa gaming yang baik antara lain frame per detik yang tinggi dalam resolusi Full HD, konsumsi daya yang tetap rendah sekaligus tingkat kebisingan yang minim.

Sebagai informasi, grafis berbasis Pascal merupakan GPU pertama yang dibuat dengan 16 nanometer FinFET fabrication technology. Di dalamnya, terdapat 150 miliar transistor yang akan menghasilkan performa tertinggi namun di saat yang sama juga menawarkan efisiensi energi yang sangat baik untuk berbagai kebutuhan komputasi.

3DMark

Bagaimana dengan kekuatan baterainya? Dalam pengujian menggunakan aplikasi Bmark, untuk bermain game secara maraton, laptop ini diperkirakan mampu bertahan hingga 2 jam 51 menit.

Bmark

 Keyboard Khas Gaming


Untuk kenyamanan bermain, Asus ROG STRIX GL502VM menggunakan full-size chicklet keyboard yang dilengkapi dengan backlight dan jarak tekan sebesar 1,6mm. Termasuk menambahkan tanda khusus di tombol WASD untuk memudahkan pengguna saat bermain dalam suasana ruangan yang redup.

Yang menarik, keyboard yang digunakan pada notebook seri Strix ini sudah mendukung 30 keys anti-ghosting keyboard. Dengan fitur ini, para gamers dapat memainkan game sambil menekan berbagai kombinasi tombol di keyboard sekaligus untuk menjalankan instruksi atau melakukan gerakan tertentu di dalam game tanpa masalah.

Sebagai tambahan, Asus turut melengkapi teknologi terbaru pada notebook ini dengan port USB Type-C (USB 3.1 Gen 2) dengan kecepatan transfer data yang tinggi hingga 20Gbps. Port USB Type-C ini pun memiliki bentuk yang kecil dan simetris, sehingga mempermudah pemasangan ke port USB tanpa khawatir terbalik.

Pengguna juga tidak perlu khawatir akan suhu berlebih, karena Asus telah mempersiapkan teknologi Hyper Cool duo-copper thermal solution yang diletakkan pada CPU dan GPU notebook Asus ROG STRIX GL502VM untuk menghasilkan pendinginan maksimal. Di samping itu, Asus juga menyertakan fitur IceCool Technology yang menjaga bagian notebook yang tersentuh telapak tangan tetap dingin.

Di Indonesia, laptop gaming dengan spek tinggi ini ditawarkan dengan harga Rp26.299.000, sudah termasuk ROG mouse serta headset gaming di dalamnya.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15.6 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
Tipe Prosesor Core i7
RAM 16 GB
Kapasitas HDD 1 TB
Kartu Grafis NVIDIA
Graphic Card Memory Size 6 GB
USB 3.0 3 Port(s)
OS Windows 10
Tipe Kartu Grafis GeForce GTX1060
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :
Harga ASUS ROG STRIX GL502VM Hampir Setara Yamaha NMAX ABS 
ASUS ROG Zephyrus, Laptop Gaming Desain Fashionable 
Asus ROG G751JY Laptop Gaming Kelas Premium 
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.