Diperbaharui pada Senin, 11 September 2023 | 13:05

Review Acer Swift 14: Performa Tinggi dalam Desain Elegan

Review Acer Swift 14: Performa Tinggi dalam Desain Elegan-0
Satu lagi anggota baru Acer Swift Series yaitu Swift 14 resmi meluncur ke Indonesia pada bulan Juni lalu. Laptop ini hadir menyasar para profesional yang menginginkan laptop dengan performa tinggi dan dibalut desain premium.

Layaknya laptop Swift series dari Acer, laptop ini menawarkan desain yang tipis dan juga ringan. Memudahkan pengguna yang memiliki mobilitas tinggi untuk membawa laptop ini ke mana saja selama mereka gunakan.

Penasaran dengan kemampuan dan kelebihan dari Acer Swift 14?

Review Acer Swift 14

Berikut kami hadirkan review lengkapnya untuk kalian.

Desain Premium dan Layar Beresolusi Tinggi

Review Acer Swift 14: Performa Tinggi dalam Desain Elegan-1
Acer Swift 14 dibuat desain High Gloss Chamfer Cut dan Diamond Cut details, sehingga laptop ini terlihat mewah. Laptop ini juga diberi sentuhan double anodized in luxury gold yang mampu menahan korosi. Dua varian warna yang disediakan yaitu Mint Green & Steam Blue, membuat laptop ini tampil menawan.

Desain Swift 14 yang berkelas juga dikombinasikan dengan penggunaan material aerospace grade aluminium dan layar sentuh berlapis Antimicrobial Corning Gorilla Glass, membuatnya lebih necis, dan kokoh.

Guna memaksimalkan proses pendinginan, laptop ini menggunakan desain termal yang dirancang dengan matang. Termal ini ditempatkan di dalam sasis aluminium yang dibuat dengan proses CNC sehingga lebih presisi. 

Pada bagian depan laptop ini terpampang sebuah webcam dan layar 14 inci dengan panel IPS beresolusi 2.5K dengan aspek rasio 16:10, 100% sRGB. Layarnya juga sudah dilapisi Corning Gorilla Glass yang mampu menahan dari goresan. 

Layar laptop ini sangat nyaman saat digunakan untuk bekerja atau menikmati hiburan seperti menonton film misalnya. Resolusi tinggi yang ditawarkannya menurut kami dapat memberikan kepuasan di mata. 

Tepat di bawah layar, terdapat sebuah touchpad OceanGlass™ yang ramah lingkungan dan keyboard yang dilengkapi tombol daya dengan pembaca sidik jari, memudahkan pengguna untuk membuka kunci layar secara lebih cepat.

Menyusuri sisi kanan dan kiri laptop, terdapat beberapa port seperti USB Type-C / Thunderbolt™ 4 port 2x USB 3.2 Gen 1 port with power-off charging dan sebuah port HDMI 2.0 ®. Laptop ini juga cukup ringkas dan ringan, dengan ketebalan 1.49 cm dan bobot 1,2 kg. Sehingga mudah dibawa saat pergi ke kantor atau coffee shop terdekat.

Performa

Review Acer Swift 14: Performa Tinggi dalam Desain Elegan-2
Acer Swift 14 sudah ditenagai prosesor Intel Core H generasi ke-13 yang memiliki 14 cores. Performanya dijamin gesit dan responsif berkat adanya sertifikasi Intel Evo. 

Sebagai informasi, laptop berbasis Intel® Evo™ platform ini memberikan jaminan responsivitas, daya tahan baterai, konektivitas, audio, layar, dan desain tipis serta ringan yang luar biasa yang dibutuhkan untuk bergerak bebas dan tetap produktif. 

Unit yang kami ulas menggunakan prosesor Intel Core i7-13700H. Acer juga menyertakan pilihan lainnya berupa prosesor Intel Core i7. Performa dari laptop ini turut didukung kartu grafis Intel® Iris® Xe, RAM 16 GB LPDDR5 dan memori penyimpanan seluas 1 TB SSD Gen4 yang dapat di-upgrade.

Berbagai skema penggunaan kami lakukan untuk menjajal kemampuan laptop ini, mulai dari editing video, streaming film, hingga bermain game seperti Valorant dan Dota 2 dapat secara mulus dimainkan.

Supaya performanya tetap optimal digunakan sepanjang hari, Acer membenamkan teknologi bernama Acer TwinAir Cooling (dual fans). Teknologi pendingin ini diklaim dapat meningkatkan kinerja sistem hingga 60%. Aliran udara yang meningkat hingga 20% dan dialirkan hingga ke semua sisi, membuat laptop jadi lebih dingin.

Review Acer Swift 14: Performa Tinggi dalam Desain Elegan-3
Sistem pendingin TwinAir ini mendukung beberapa mode pendinginan, pipa pemanas tembaga ganda, dan keyboard yang dilengkapi saluran udara. Saluran udara pada keyboard tersebut berfungsi untuk mengeluarkan udara panas hingga 10% lebih banyak daripada keyboard standar. 

Selama menjadikan laptop ini sebagai daily driver, kami merasakan performa yang stabil. Suhunya juga tidak terasa overheat dan tetap nyaman digunakan. 

Menambah fungsionalitasnya, laptop ini juga sudah mendukung fitur Intel Unison. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan PC dan smartphone berbasi Android atau iOS. Dengan begitu, kami dapat dengan mudah melakukan transfer file, melakukan panggilan telepon, mengirimkan pesan, hingga menerima notifikasi.

Secara keseluruhan, kami cukup puas dengan performa dari Acer Swift 14 ini begitu menjadikannya sebagai laptop yang digunakan sehari-hari.

Kualitas Webcam Berkualitas Tinggi

Review Acer Swift 14: Performa Tinggi dalam Desain Elegan-4
Untuk mendukung kegiatan meeting virtual supaya jadi lebih maksimal, laptop ini disematkan webcam beresolusi QHD 1440p dengan dukungan AI. Ditambah lagi dengan teknologi Noise Cancelation yang menghadirkan suara jernih dan terdengar lebih jelas.

Selain itu, Smart AI Camera yang ditenagai Acer PurifiedView menawarkan pengalaman meeting virtual terbaik. Dengan fitur Automatic Framing, kamera secara cerdas dapat membingkai wajah kami dalam posisi terbaik. 

Didukung dengan fitur Eye Contact yang membuat mata kami seolah-olah selalu melihat ke depan kamera. Fitur Background Blur akan membantu kami menjadi pusat perhatian dengan menghilangkan gangguan dari background.

Kombinasi webcam beresolusi tinggi ini membuat kami takjub dengan hasilnya. Gambar begitu jernih dan dijamin membuat sesi conference call Anda bakal lebih optimal.

Kesimpulan

Setelah digunakan selama beberapa hari sebagai daily driver laptop, Acer Swift 14 memang terbukti memiliki fitur yang lengkap untuk menunjang rutinitas kami. Di balik desainnya yang premium dan elegan, performanya juga tampil memuaskan. 

Dapat kami simpulkan bahwa laptop ini sangat cocok digunakan para profesional dengan mobilitas tinggi untuk menyelesaikan beragam rutinitas mereka. 

Acer Swift 14 tersedia di Acer Official Store Indonesia secara online maupun offline dengan harga Rp 21.499.000 untuk varian i7-13700H dan Rp 18.499.000 untuk varian i5-13500H. Setiap pembelian Acer Swift 14 juga sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 11 Home, aplikasi Microsoft Office Home & Student 2021. 

Selain itu, disertakan pula garansi service selama 3 tahun dalam setiap pembelian Acer Swift 14 yang meliputi garansi parts selama 2 tahun dan 1 tahun Accidental Damage Protection.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 14 inch
Resolusi Layar 2560 x 1600 Pixel
OS Windows 11
Tipe Prosesor Core i7
Nomor Prosesor 13700H
RAM 16 GB
SSD/eMMC -
Kapasitas HDD 1 TB
Kartu Grafis Intel
Tipe Kartu Grafis Iris® Xe Graphics 96 EU
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 -
Battery 4-cell, 56WHrs
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2479 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.