Diperbaharui pada Kamis, 9 Desember 2021 | 14:23

HUAWEI MateBook 14s, ‘MacBook Killer’ dengan Fleksibilitas Windows

review HUAWEI MateBook 14s

HUAWEI terkenal sebagai pembuat smartphone, tetapi juga telah menjual laptop selama beberapa waktu. Bahkan, HUAWEI memiliki lini laptop yang komplit jika perbandingannya adalah harga.

Mulai dari HUAWEI MateBook D14, D15, hingga laptop flagship Matebook X Pro, dan kini hadir model terbaru yang mengisi lini harga kompetitif lainnya dengan spesifikasi yang tidak dapat dipandang remeh, yakni MateBook 14s.

Satu hal yang tidak dapat Anda sangkal adalah bahwa HUAWEI MateBook 14s merupakan perangkat laptop yang menakjubkan. Berbasis  11th Gen Intel® Core™ processordengan beragam varian RAM dan juga kapasitas memori simpan.

Ringkas dan elegan mungkin merupakan cara terbaik untuk meringkas desain HUAWEI MateBook 14s. Lebih dari itu, kami akan meringkas segala yang kami dapatkan selama menggunakan HUAWEI MateBook 14s.

Desain

HUAWEI MateBook 14s

HUAWEI telah memasukkan layar 14,2 inci ke dalam sasis kompak berukuran lebar 313,82 mm dan kedalaman 229,76 mm. MateBook 14s memiliki berat 1,43kg, dan ada laptop 14 inci yang lebih ringan yang tersedia, tetapi trade-off di sini adalah build yang solid.

Dan yang menyenangkan adalah, HUAWEI sudah mempersejatai MateBook 14s dengan sertifikat MIL-STD atau peringkat IP.

Layar 14,2 inci berada di bezel yang berukuran cukup merata, memberikan rasio aspek 3:2 yang memberikan ketinggian layar sedikit lebih tinggi dari biasanya.

HUAWEI berhasil mencapai rasio screen to body hingga 90% untuk MateBook 14s, dan ini sangat mengesankan.

HUAWEI MateBook 14s

Untuk membuka kunci layar, tombol daya berfungsi ganda sebagai sensor sidik jari, jadi Anda hanya perlu menyalakannya dan itu akan terbuka untuk Anda dengan penekanan yang sama. Jika Anda lebih suka ada pengenalan wajah IR juga.

Keyboard terasa sangat nyaman untuk mengetik dokumen panjang, sedangkan touchpad terasa besar, responsif dan akurat sehingga tidak ada masalah yang mengganggu.

Anda juga mendapatkan dua port USB-C, salah satunya berfungsi ganda sebagai port pengisian daya untuk laptop, jack audio standar, dan port HDMI untuk Anda sambungkan ke monitor eksternal atau proyektor.

Layar

HUAWEI MateBook 14s

Secara spesifikasi layar laptop ini itu udah oke banget ya untuk sebuah laptop 16 jutaan. Layar nya ini berukuran 14.2 inci berpanel LTPS, resolusinya 2520 x 1680 pixels alias 2.5K.

HUAWEI membuat MateBook 14s memiliki refresh rate 90 Hz dengan 100% sRGB. Tidak sampai disitu, guna memuaskan pengguna, layar MateBook di rancang dengan viewing angle mencapai 178 derajat, serta mendukung fitur touchscreen.

Layar MateBook 14s memiliki lapisan sedikit matte dan ini cukup membantu mengurangi silau di lingkungan yang terang meskipun tentu saja lebih mengkilap daripada yang Anda kira.

Kecerahan maksimum juga 400 nits yang layak (sekali lagi, setara dengan MacBook Air), meskipun Anda mungkin masih kesulitan untuk melihat tampilan jika Anda menggunakan perangkat di luar di siang hari.

HUAWEI MateBook 14s

Ini juga berfungsi sebagai layar sentuh yang reaktif dan membuat pengguliran situs web menjadi mudah.

Sangat baik digunakan untuk segala hal mulai dari streaming acara TV dan film hingga mengedit video. Anda mendapatkan tingkat detail yang mengesankan dan semuanya terlihat sangat tajam.

HUAWEI menjanjikan layar yang nyaman di mata dengan sertifikasi TÜV Rheinland Low Blue Light dan Flicker-Free serta fitur cerdas lainnya yang akan menyesuaikan layar sesuai dengan lingkungan Anda.

Dari performa layar secara keseluruhan, kami merasa bahwa MateBook 14s menghadirkan layar yang sama jernihnya dengan MacBook bahkan menambahkan poin plus lainnya seperti refresh rate yang lebih tinggi.

Performa

Huawei matebook 14s

HUAWEI MateBook 14s ini pada dasarnya memiliki 2 varian. Pertama dengan Intel® Evo™ platform powered by Intel® Core™ i7 processor, dengan kapasitas memori 16GB LPDDR4x dan storage 1TB SSD NVMe PCIe yang telah tersertivikasi Intel Evo.

Tapi, untuk varian yang kami uji kali ini itu merupakan 11th Gen Intel® Core™ i5-11300H processor, dengan kapasitas memori 8GB LPDDR4x dan storage 512GB SSD NVMe PCIe.

Versi yang kami gunakan datang dengan kecepatan yang mencapai 3226 MB per detik untuk read, dan 2516 MB per detik untuk write nya.

Meski begitu, kami dapat menjalankan spreadsheet besar menggunakan Chrome dengan banyak tab dan jendela terbuka tanpa masalah. Keberadaan kartu grafis Intel Iris Xᵉ graphics menambah kesan mengesankan untuk perangkat terbaru dari HUAWEI ini. 

Huawei matebook 14s

Berbicara tentang game, meskipun masih merasa ragu untuk bermain dengan Red Dead Redemption 2, tapi kami mencoba dengan beberapa game lain yang familiar.

Kami berhasil menjalankan beberapa game, dari Minecraft hingga League of Legends tanpa jeda dan framerate yang sangat tinggi. Meski memiliki kemampuan yang wow, saya yakin Anda tidak ingin menggunakannya sebagai laptop gaming secara khusus.

Perlu kami beritahu bahwa tampilan sebenarnya kami atur ke 60Hz. Skala 90Hz tergantung pada aplikasi apa yang Anda gunakan, jadi Anda tidak akan menjalankan 90Hz setiap saat terlepas dari apakah itu yang Anda atur.

Huawei matebook 14s

Di lain waktu kami coba untuk mainkan game valorant, di settingan grafis low dan resolusi paling bawah. Hasilnya, kami bisa tembus 120 - 140 fps pada permainan ini.

Sementara untuk game yang lebih berat seperti Genshin Impact hasilnya kami hanya bisa bermain di settingan default 30fps, tapi dengan lancar.

Huawei matebook 14s

Jika kalian ingin bermain dengan settingan 60fps sebenarnya bisa, tapi kami sarankan untuk mengaktifkan Performance Mode dengan cara klik tombol Fn + P.

Tapi dengan catatan, hal tersebut baru bisa dilakukan pada kondisi laptop di cas, dan kapasitas baterai harus di atas 20%.

Intinya, untuk sebuah laptop ultrabook yang sama sekali tidak diperuntukan untuk bermain game, HUAWEI MateBook 14s memiliki performa gaming yang tidak mengecewakan.

Kamera Tak Lagi Tersembunyi

kamera Huawei matebook 14s

HUAWEI MateBook 14s tak lagi membawa desain webcam chin-up yang tersembunyi di dalam keyboard. Sebagai gantinya, HUAWEI menyematkan kamera rahasia yang terpasang di bezel atas layar.

Dengan begini, sudut pandang kamera kembali terasa normal. HUAWEI membawa kamera dengan resolusi 720p. Sangat nyaman digunakan untuk panggilan konferensi, dengan kualitas cahaya yang baik.

Audio Komplit

review Huawei matebook 14s

Hal menyenangkan lain datang dari empat speaker ciamik di dalam HUAWEI MateBook 14s berkat HUAWEI Sound. Speaker ini mampu menghasilkan suara penuh, kuat, dan sangat nyaring.

HUAWEI juga menambahkan empat mikrofon built-in yang dapat menangkap suara dari jarak hingga 5m lengkap dengan AI Noise Cancelling untuk menyaring kebisingan sekitar.

Tetapi fitur yang sangat istimewa dari mikrofon ini adalah Personal Voice Enhancement yang mampu membuat suara Anda terdengar lebih jernih sambil menghilangkan kebisingan latar belakang yang mengganggu, termasuk suara orang lain.

Sangat sempurna mengurangi suara bisik dan riuh lingkungan sekitar ketika meeting online dan sekolah online.

HUAWEI Share

Huawei matebook 14s

Ada hal menarik lain, jika Anda memiliki ponsel atau tablet HUAWEI, Anda dapat dengan mudah mentransfer file antar perangkat dengan membuka layar ponsel di laptop yang memungkinkan untuk menarik dan melepas file ke PC.

HUAWEI Share juga akan memungkinkan Anda menerima panggilan melalui layar MateBook sehingga Anda tidak perlu beralih antar perangkat saat ponsel berdering.

Jika Anda memiliki tablet HUAWEI, Anda juga dapat dengan mudah memperluas layar HUAWEI MateBook 14s, yang berarti Anda dapat menjalankan beberapa program sekaligus, menggunakan mouse dan keyboard yang sama di keduanya.

Anda bahkan dapat menyeret file, folder, dan jendela di antara perangkat.

Daya Tahan Baterai

Huawei matebook 14s

Daya tahan baterai lebih dari cukup untuk membantu Anda menjalani hari kerja. HUAWEI MateBook 14s mampu mencapai masa hidup hingga 13 jam 23 menit saat kami gunakan untuk memutar video tanpa henti.

Ketika baterai habis, kami dapat mengisi penuh laptop dalam waktu kurang dari dua jam dengan berkat pengisian daya 90W yang disediakan oleh HUAWEI.

Huawei matebook 14s

Perbandingannya adalah dalam waktu 35 menit, kami masih bisa mendapatkan kemampuan hidup baterai selama empat jam. Menurut kami, pengisian ini bisa dikatakan sangat cepat.

Anda dapat menggunakan pengisi daya laptop lain, apa pun itu mereknya selama itu USB-C, dan ini tidak mengganggu kecepatan pengisiannya.

Mobile Apps Engine

Huawei matebook 14s

Satu fitur tambahan yang menarik dan baru dari HUAWEI MateBook 14s adalah Mobile Apps Engine. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat menginstal dan menjalankan aplikasi mobile pada laptop. Nantinya, pengguna dapat mengunduh aplikasi dari HUAWEI PC AppGallery dan menjalankannya.

Beragam aplikasi yang dapat dijalankan mulai dari game mobile, aplikasi transportasi dan memesan makanan langsungd ari laptop tanpa harus membuka smartphone.

Kesimpulan

Huawei matebook 14s

HUAWEI MateBook 14s punya banyak hal yang cukup mengagetkan kami selama pengujian. Terutama dari sektor performa yang kami tidak sangka bisa digunakan untuk bermain Genshin Impact dengan lancar.

Di luar itu, spesifikasi yang ditawarkan juga mampu menandingi beberapa kompetitor ultrabook yang sekelas dengannya, termasuk produk Apple seperti MacBook.

Dengan karakter layar 90 Hz serta Intel Iris X serta kemampuannya untuk merangkul Ekosistem produk HUAWEI lewat HUAWEI Share, menjadikannya paket komplit dari sebuah ultrabook yang membuat kerja jadi lebih efisien.

Bahkan untuk multitasking, laptop ultrabook HUAWEI MateBook 14s ini tak bisa disangkal lagi kemampuannya.

Ketersediaan

harga Huawei matebook 14s

HUAWEI MateBook 14s dan MateBook 14 sudah tersedia untuk pre-order pada 8-17 Desember 2021 di Indonesia. HUAWEI MateBook 14s dibanderol dengan harga Rp16.999.000, sedangkan HUAWEI MateBook 14 dibanderol dengan harga Rp 13.999.000.

Pelanggan berkesempatan mendapatkan beberapa keuntungan selama masa pre-order, seperti gratis Microsoft Office 365, HUAWEI classic backpack, dan bluetooth mouse senilai Rp2.500.000, serta cashback senilai hingga Rp 1.000.000.

Konsumen dapat secara mudah melakukan pre-order HUAWEI MateBook 14s dan MateBook 14 secara online maupun offline. Pre-order offline bisa dilakukan dengan mengunjungi HUAWEI High-End Experience Store (HES), Erafone, Eraspace, Urban Republic, dan toko partner HUAWEI resmi lainnya.

harga Huawei matebook 14s

Sedangkan pre-order online bisa dilakukan di beberapa e-commerce terkemuka Tanah Air, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, JD.ID, Blibli dan Eraspace maupun Datascrip Mall.

Sementara bagi konsumen yang ingin membeli HUAWEI MateBook 14s, juga sudah tersedia untuk di pre-order di Tokopedia, Shopee, Lazada, JD.ID, Blibli, Eraspace, dan juga Datascrip Mall. Informasi lebih lanjut, dapat mengklik tautan berikut. 

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1072 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.