Daftar Harga GPU / VGA Card Termurah November 2020

Model Harga Termurah
SAPPHIRE Pulse Radeon RX 550 4GB Rp 900.000
Zotac GTX 750 Ti 2GB DDR5 Rp 750.000
PowerColor R7 250 2GB GDDR5 OC Rp 550.000
PowerColor Red Devil RX 570 4GB GDDR5 Rp 1.299.000
ASUS GeForce GT210 1GB DDR3 Rp 340.000
Zotac GTX 750 Ti 1GB DDR5 Rp 1.368.000
SAPPHIRE Pulse Radeon RX 550 2GB Rp 940.000
PowerColor Red Devil RX 570 8GB GDDR5 Rp 2.100.000
Gigabyte GeForce GTX 1050 Ti OC 4G GV-N105TOC-4GD Rp 2.099.000

Deskripsi GPU / VGA Card

GPU/VGA Card

Dalam pembelian bundling komputer, biasanya mereka hanya menawarkan spesifikasi yang seadanya. Beberapa paket juga menyisakan slot pada motherboardnya agar anda nantinya bisa melakukan upgrade sendiri. Melakukan upgrade performa dari komputer sangatlah menyenangkan, karena anda bisa memilih sendiri komponen apa yang hendak anda gunakan. Beberapa mungkin akan langsung menambah sekeping RAM pada sebuah slotnya yang kosong. RAM memang diperlukan untuk kegiatan multitasking yang berat dan membutuhkan banyak memori sementara. RAM juga sangat diperlukan untuk kegiatan rendering dan pengolah video. Tetapi penambahan RAM tidak akan berpengaruh apabila anda ingin bermain game. Selain mengganti prosesor, anda juga bisa melakukan upgrade komputer anda dengan memasang sebuah GPU/Graphic card pada motherboardnya. GPU/Graphic card memang diperlukan bagi anda yang menginginkan komputernya mampu untuk bermain game dan melakukan rendering yang berat.

GPU/Graphic card memang memiliki peran yang penting dalam mendongkrak performa komputer anda, terutama pada sisi grafis. Pengolah grafis onboard yang standarnya dipakai sebagai perangkat display standar tidak menunjang untuk keperluan anda dalam bermain game atau aplikasi pengolahan grafis lainnya. GPU/Graphic card terdiri dari komponen seperti processor dan memory yang dapat membantu anda untuk mengolah grafis pada game yang anda mainkan. Spesifikasi dari GPU/Graphic card juga berbeda, dan memiliki berbagai kelas yang cukup beragam.

Membeli suatu GPU/Graphic card adalah sesuatu hal yang sangat rumit, karena selain kita harus menyocokan dengan budget, graphic card yang akan dibeli harus dicocokan juga dengan komponen komputer lainnya. Bila GPU/Graphic card yang kita beli tidak sebanding dengan komponen komputer seperti processor dan RAM komputer, maka kinerja salah satu dari komponen tersebut akan terhambat dan tidak maksimal, dengan kata lain terjadi bottlenect.

Untuk segmentasi kelas dan kualitas, pada graphic card bisa dibilang sangat banyak sekali. Dimulai dari GPU/Graphic card murah yang hanya berfungsi sebagai display standar sampai dengan yang seri GPU/Graphic card super mahal. Untuk produsen sendiri, meski banyak brand graphic card yang ada dipasaran, secara garis besar hanya terdiri dari 2 pabrikan chipset GPU/Graphic card yaitu Amd dan Nvidia. Masing masing chipset memiliki fitur yang diunggulkan masing-masing. Chipset GPU/Graphic card AMD yaitu ATI, memiliki kelebihan dibidang eyefinity dan proses mantle yang bisa menggantikan fungsi DirectX. Sedangkan pada chipset graphic card Nvidia, terdapat fitur Pshyx yang membuat gambar lebih realistis dan juga fitur stream game ke perangkat Nvidia Shield.

GPU/Graphic card dengan perfoma tinggi juga biasanya dibekali dengan fan combo untuk menghilangkan panas dari graphic card anda, dan membuatnya dapat beroperasi secara normal. Apabila graphic card anda terlalu panas, itu dapat merusak seluruh komponen yang terdapat didalamnya. Untuk memilih GPU/Graphic card yang tepat bagi komputer anda, Pricebook mampu untuk memilihkannya untuk anda. Pada Pricebook, terdapat banyak pilihan dari graphic card, yang bisa anda sesuaikan dengan keperluan dan anggaran belanja anda.