Pengguna iPhone Keluhkan Kaca Kamera iPhone X Mudah Retak

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 25 Mei 2018 | 10:10

Beberapa tahun silam, Apple dirumorkan akan menggunakan kaca lensa kamera dan kaca layar utama menggunakan bahan sapphire. Sayangnya, sejauh ini, hal tersebut masih sebatas rumor semata. Apple bahkan hanya menggunakan bahan sapphire pada Apple Watch seri premium dan lensa kamera iPhone terbaru.

Penggunaan bahan sapphire ini memang tepat karena bahan ini diklaim lebih keras dan tidak mudah pecah atau retak. Namun, baru-baru ini beberapa pengguna iPhone X mendapati bahwa kaca lensa kamera iPhone X mudah retak. Hal ini tentu mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, hape premium berharga mahal ini tampak begitu rapuh di bagian bodi khususnya layar dan kaca kamera.

Masalah kaca kamera iPhone X yang retak ini memang sudah terjadi semenjak hape iPhone ini beberapa minggu dirilis. Namun, saat ini jumlah pengguna iPhone X yang mengeluhkan kasus ini terus meningkat. Apalagi, retaknya kaca kamera diakibatkan hal-hal yang sepele bukan karena hape yang terjatuh.

Beberapa pengamat gadget pun berpendapat bahwa mudah retaknya kaca kamera iPhone X disebabkan adanya perubahan cuaca dingin yang ekstrim. Cuaca yang dingin menyebabkan kaca membeku dan mudah retak. Penyebab ini pun sempat dikeluhkan pengguna iPhone X Malaysia yang mengatakan kaca kamera iPhone miliknya pecah karena cuaca yang dingin.

Apple pun terus melakukan penyelidikan akan kasus mudah retaknya kaca hape iOS terbaru ini. Apalagi, kaca ini terbuat dari baban sapphire. Jadi belum jelas penyebab utama mengapa bisa kaca kamera hape Apple ini retak. Sayangnya, para pengguna iPhone X harus siap mengeluarkan dana lebih untuk perbaikan. Pasalnya, Apple tidak memberikan garansi pada kasus ini.

iPhone X memiliki kamera dengan kualitas exposure yang baik dan warna yang akurat di semua kondisi cahaya. Kamera iPhone ini menawarkan kualitas detail yang baik, bahkan dalam kondisi zoom sekalipun. Untuk urusan bokeh, kamera iOS ini juga menghadirkan kualitas bokeh yang natural. Sayangnya, untuk urusan autofocus, kamera iPhone ini masih terbilang lambat dan masih kurang akurat saat menangkap objet yang bergerak.

Padahal Apple iPhone X menggunakan kamera mumpuni. Di bagian belakang terpasang kamera dual 12 MP iSight dengan teknologi quad LED, PDAF dan prosesor gambar terbaru. Tak heran, smartphone ini bisa digunakan untuk merekam video 4k. Untuk kamera depan terpasang kamera 7 MP yang mumpuni untuk selfie.

Artikel Lainnya

Komentar