Putih, Warna Mobil Paling Favorit Tahun 2016

Oleh Adam Rizal on Kamis, 05 Jan 2017 | 18:15

Image via TheCoverage.my

Banyak faktor mengapa orang ingin membeli mobil, bisa karena tenaganya, kabinnya yang luas, fiturnya yang canggih dan warnanya yang keren. Faktor warna menjadi salah satu alasan orang ingin membeli mobil dan warna bisa mewakili karakter penggunanya.

Tahun lalu, mobil paling favorit di dunia adalah mobil berwarna putih. Mobil-mobil dengan warna putih paling populer di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, dan Asia Pasifik.

Perusahaan pemasok cat untuk mobil di seluruh dunia, Pittsburgh Plate Glass (PPG) mengungkapkan sebanyak 38 persen mobil yang diproduksi di region-region tersebut berwarna putih dan kepopuleran warna putih naik 3 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Warna putih mendominasi pasar mobil secara global," kata Manager PPG Jane Harrington seperti dikutip Autoevolution.

Di bawah warna putih, ada warna hitam (16 persen), perak (12 persen) dan abu-abu (10 persen). Mobil berwarna putih paling laris di Asia Pasifik, ada sebanyak 47 persen mobil yang diproduksi di Asia Pasifik berwarna yang melambangkan kebersihan dan kesucian tersebut.

Mobil berwarna putih juga menjadi varian yang paling banyak dirakit di Amerika Selatan (37 persen), Eropa (33 persen), dan Amerika Utara (25 persen).

Harrington mengatakan warna perak yang menjadi favorit untuk mobil berdimensi kecil di Amerika Utara dan warna hitam untuk mobil sport. "Warna perak populer di kalangan pria Amerika serta Eropa, sementara warna-warna mutiara disukai konsumen wanita di sana," ujarnya.

Sementara itu warna putih dianggap lebih berkelas daripada warna-warna lainnya. Menurut periset harga kendaraan, CAP Automotive, warna putih sekitar lima persen lebih mahal nilai jual kembalinya dibandingkan warna lain.

Kalau anda peduli tren, penampilan dan harga mobil, warna putih layak jadi pertimbangan. Karena tak sedikit pabrikan mobil baru mengeluarkan warna putih. Sebut saja Toyota, Mitsubishi, Honda, Chevrolet, Mazda, Suzuki sampai dengan mobil sekelas Daihatsu.

Berikut tren popularitas warna mobil di empat pembagian wilayah.

Amerika Utara, putih 25 persen, kemudian hitam dan silver masing masing 19 persen, lalu abu-abu 12 persen, dan merah dan biru sama-sama 10 persen.

Amerika Selatan, putih 37 persen, kemudian kedua terkuat silver 29 persen, sementara hitam 12 persen, abu-abu 10 persen dan merah 8 persen.

Eropa, putih 33 persen diikuti oleh abu-abu 18 persen, hitam 16 persen, perak 10 persen, biru 8 persen, dan warna alami serta merah masing-masing di 7 persen.

Asia Pasifik, putih 47 persen, di mana ini paling banyak dibanding wilayah lain, sedangkan hitam 14 persen. Lalu warna alami 11 persen, silver 10 persen dan dibnututi merah sebesar 7 persen.

Baca juga artikel:
Toyota Avanza, Mobil Terlaris Toyota Tahun Lalu
Fortuner Paling Laris Jelang Akhir Tahun 2016 di Segmen SUV Toyota
Motor Matic Paling Laris di Penghujung Tahun 2016

Artikel Lainnya

Komentar