Alter, Aplikasi Edit Foto Fitur Lengkap Saingan Aplikasi Prisma

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 04 Agu 2016 | 17:33

Alter app

Beberapa minggu ini dunia gadget diramaikan dengan hadirnya aplikasi edit foto terbaru, Prisma. Aplikasi ini cukup sukses menggaet pengguna karena mampu mengedit foto dengan unik. Aplikasi ini menggunakan kecerdasan buatan untuk membuat hasil foto menjadi mirip sebuah karya seni seperti lukisan. Sayangnya, aplikasi ini masih memiliki filter yang terbatas.

Meski variatif, pengguna aplikasi Prisma tidak bisa memilih untuk mengaplikasikan gaya visual mereka sendiri. Hal ini menjadi celah pengembang aplikasi foto lainnya, seperti aplikasi baru bernama Alter. Aplikasi ini siap menjadi pesaing Prisma dengan berbagai filter dan fitur yang lebih lengkap.

Aplikasi edit foto Alter hadir dengan teknologi yang mirip dengan Prisma. Aplikasi ini bahkan sama-sama menggunakan kecerdasan buatan. Bedanya, selain memungkinkan pengguna mengunggah foto dari galeri, Alter juga memberikan opsi tambahan berupa pembuatan filter baru yang juga diambil dari memori lokal perangkat.

Filter

filter alter app

Nantinya, jika kamu mempunyai sebuah foto karya seni sndiri atau dari tempat lain yang belum ada di Alter, kamu bisa mengunggah dan menjadikannya sebagai filter untuk foto lain yang diunggah. Hal ini membuat kamu bisa menciptakan sebuah foto yang sesuai selera. Fitur ini juga tidak terikat hanya pada filter yang disajikan pengembang.

Sayangnya, kamera pada aplikasi Alter ini tidak bisa dipakai untuk mengambil foto dengan fokus. Sehingga pengguna bisa memakai stock foto yang ada di aplikasi kamera kemudian memprosesnya dengan alter. Selain itu, Aplikasi edit foto terbaru ini juga masih mengusung masalah yang mirip dengan Prisma. Kamu bahkan butuh waktu yang sedikit lama untuk memroses foto hingga hasilnya selesai. Dari sebuah uji coba, untuk menerapkan satu filter dibutuhkan waktu hingga 2 menit.

Hasil Foto

alter photoHasil sebelum dan sesudah menggunakan filter Aplikasi Alter

Jadi jika kamu ingin menggunakan Alter, sebaiknya pastikan pilihan filter terlebih dahulu sebelum mulai mengedit. Pasalnya, saat berpindah dari satu filter ke filter lainnya akan memakan waktu yang lebih lama. Walaupun demikian, hasil edit foto Alter memang tidak kalah apik dibanding Prisma.

Aplikasi Alter sudah bisa diunduh untuk Android maupun iOS secara gratis.

Download Alter untuk Android
Download Alter untuk iOS

Baca juga artikel:
Prisma, Aplikasi Edit Foto Agar Jadi Karya Seni
Aplikasi Prisma Kini Tersedia di Android
Adobe Hadirkan Aplikasi Video Editing di Android

Artikel Lainnya

Komentar