Pokemon Spy, Aplikasi Pelacak Pokemon Hingga Radius 10 Km Buatan Indonesia

Oleh Aris Wibowo on Senin, 25 Jul 2016 | 11:25

Game Pokemon Go terus mendapat perhatian di pasar Indonesia. Game Mobile ini bahkan kian populer dan kian menarik. Pasalnya, makin banyak pengguna yang berburu Pokemon di tempat-tempat yang makin menyebar. Bahkan tak sedikit pemain game ini berusaha menangkap pokomen dan tak menghiraukan keselamatan dirinya di lingkungan sekitar. Hal inilah yang membuat, seorang mahasiswi Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS), Jenni Irawan, membuat sebuah aplikasi pelacak Pokemon bernama Pokemon Spy. Aplikasi ini bahkan dibuat dalam waktu 4 hari dan baru bisa diakses di sekitar kampus STTS saja.

Munculnya aplikasi peta ini dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan para pemain Pokemon Go saat berburu Pokemon. Adanya aplikasi Pokemon Spy ini akan memudahkan pengguna mengetahui lokasi Pokemon disekitarnya. Alhasil, gamer dapat melakukan persiapan agar berburu lebih aman dan tidak membahayakan diri dan orang lain.

“Awalnya sudah pernah membuat program berbentuk plot peta, sehingga ketika muncul ide untuk membuat Pokemon Spy, hanya tinggal mengubah obyek menjadi lokasi dan jenis Pokemon di tiap-tiap plot. Program ini berjalan secara real time sehingga dapat memberikan informasi akurat pada pengguna mengenai letak Pokemon, dan jenis Pokemon apa saja yang berada pada lokasi tersebut, serta berapa lama Pokemon tersebut akan mendiami lokasi itu. “ Jelas Jenni Irawan.

Saat ini aplikasi Pokemon Spy memang masih bisa menjangkau jarak 10 km. Jarak ini lebih jauh dari jangkauan Pokemon Go yang dapat menunjukkan Pokemon terdekat dalam jarak 300 meter. Aplikasi pelacak Pokemon ini tidak hanya mendeteksi lokasi keberadaan Pokemon, tetapi juga dilengkapi jenis dan berapa lama Pokemon tersebut muncul di suatu lokasi. Aplikasi Mobile ini dapat diakses melalui alamat pokespy.stts.edu.

Saat dicoba, aplikasi ini memang cukup akurat. Saat map dalam Pokemon Spy dibuka  menunjukkan adanya Pokemon jenis Ratata. Ketika game Pokemon Go dibuka, Ratata tersebut langsung muncul dan dapat ditangkap oleh pengguna. Tidak hanya Pokemon, Aplikasi Pelacak Pokemon ini juga menunjukkan adanya Gym dalam peta.

Kedepannya, aplikasi Pokemon Spy akan dikembangkan lebih luas hingga jangkauan diseluruh Surabaya.

Baca juga artikel:
Tiruan Game Pokemon Go Makin Ramai, Ada yang Dari Indonesia!
Daftar Reward Naik Level, Cara Menetaskan Eggs dan Tingkatkan Level Trainer Pokemon Go
Server Pokemon Go Down? Cek Status Servernya dengan Cara ini!

Artikel Lainnya

Komentar