Update Opera Hadirkan Fitur VPN Gratis Untuk Browsing Yang Lebih Bebas

Update Opera Hadirkan Fitur VPN Gratis Untuk Browsing Yang Lebih Bebas

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 22 Apr 2016 | 14:07

Baru – baru ini browser Opera menghadirkan update terbarunya. Dalam update ini, Opera menghadirkan fitur VPN atau Virtual Private Network dalam browser miliknya. Fitur ini sudah bisa kamu unduh pada Opera browser versi developer. Jadi, untuk saat ini fitur ini hanya bisa digunakan untuk pengguna Opera Browser desktop saja. Walaupun demikian, Opera menjanjikan akan segera menghadirkan fitur VPN ke versi mobile.  

Dengan fitur VPN ini, pengguna Opera bisa mengakses berbagai situs secara anonymous. Jadi pengguna opera bisa membuka berbagai situs tanpa bisa terlacak, sehingga pengguna opera bisa aman dari berbagai ancaman dunia maya. Selain itu, pemakai fitur VPN di browser Opera juga bisa mengakses berbagai situs yang diblokir oleh pemerintah. Hal ini bisa terjadi karena Opera mengklaim fitur VPN ini bisa digunakan untuk wifi public, menyembunyikan alamat IP dan bypassing akses website.

Update Opera

Dengan fitur VPN dalam browser Opera, pengguna bisa mengakses berbagai konten yang tidak tersedia di negaranya. Misal, pengguna Netflix di indonesia, bisa mengakses konten – konten Netfilx yang ada di negara Amerika. Tentu ini membuat pengguna bisa semakin luas dalam browsing.

Baca juga Opera Hadirkan Fitur Adblocker Terbaru Untuk Versi Komputer

Kehadirkan Fitur terbaru Opera ini memang cukup menarik banyak pengguna. Pasalnya, selama ini layanan VPN yang dihadirkan pengembang lainnya merupakan layanan berbayar. Meski ada juga VPN gratis, namun tetap saja terbatas. Misal, memiliki tingkat keamanan yang buruk atau tidak memiliki bandwidth yang cukup besar untuk digunakan oleh banyak pengguna.

Update Opera

Cara kerja VPN sebetulnya cukup sederhana. Jika biasanya sebuah perangkat bisa langsung mengakses server situs yang dituju, penggunaan VPN akan mengalihkan koneksi ke sebuah server khusus yang kemudian akan diarahkan ke server situs yang dituju.

Dengan pengalihan tersebut, membuat berbagai filter seperti pemblokiran yang digunakan oleh pemerintah tidak bisa bekerja. Sebab nantinya yang terbaca bukan alamat server yang ada di dalam daftar pemblokiran melainkan alamat server VPN, meski konten yang dikirimkan sebenarnya merupakan konten yang dilarang.

Selain fitur VPN, dalam update Opera kali ini, Pengembang juga menghadirkan fitur video pop up, speed dial side panel yang lebih baik dan menambahkan fitur ad blocker list. Tunggu apalagi, segera update Browser Opera kamu.

Baca juga artikel
Update Opera Mini Untuk Android Terbaru Bawa Fitur Video Boost
Internet Explorer Pensiun, Opera Browser Siap Gantikan
Opera 36 Sedang Dikembangkan dengan Berbagai Fitur Baru

Artikel Lainnya

Komentar