Intel Rilis Chipset Model Terbaru Untuk Seri Broadwell dan Skylake

Intel Rilis Chipset Model Terbaru Untuk Seri Broadwell dan Skylake

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 30 Des 2015 | 12:38

Dalam ajang CPU World yang berlangsung beberapa hari lalu, Intel kembali menghadirkan produk chipset terbaru untuk mengisi jajaran perangkat mobile maupun desktop. Setidaknya terdapat 8 prosesor baru termasuk 2 chipset desktop dan sisanya prosesor laptop hingga prosesor low-power.

Beberapa prosesor terbaru ini bahkan hadir menggunakan basis arsitektur Intel core Skylake generasi 6. Namun, ada juga yang masih menggunakan basis arsitektur chipset lama intel generasi Broadwell.

Dikelas entry-level, kamu akan menemukan Intel Celeron 3855U dengan kecepatan 1,6 GHz yang merupakan prosesor dual-core Skylake. Ada juga intel Celeron 3955U dengan kecepatan 2 GHz yang merupakan prosesor dual-core. Kabarnya dua prosesor entry-level terbaru ini akan mendampingi prosesor seri lama 3215U dan 3765U yang dirilis april 2015 kemarin. Meski mengusung kecepatan yang tidak terlalu besar, prosesor ini disokong kemampuang Hyper-Threading hingga integrated GPU Intel HD 510.

Untuk kelas menengah, Intel menghadirkan Intel core i3- 6098P dan i5-6402P yang merupakan chipset generasi Skylake untuk desktop. Kabarnya nama P dalam chipset ini berarti chipset ini masih menggunakan graphics prosesor yang terintegrasi. Prosesor desktop ini bahkan sudah dibekali teknologi hyper threading sehingga semakin maksimal dalam bekerja. Bahkan prosesor ini memiliki kecepatan 3,6 Ghz untuk core i3 dan kecepatan 2,8 Ghz untuk core i5.

Sementara itu di kelas premium, Intel menghadirkan prosesor Intel core i5-5200DU dengan kecepatan 2,2 Ghz dan Intel core i7-5500DU dengan kecepatan 2,4 GHz. Prosesor generasi Broadwell ini memiliki dual-core dan mumpuni untuk desktop.

Intel juga menghadirkan varian prosesor Intel core i5 – 6198DU dengan kecepatan 2,3 Ghz dan intel core i7 – 6498DU dengan kecepatan 2,5 Ghz. Kedua prosesor Skylake ini tampaknya sama dengan seri Core i5 – 6200U dan core i7 – 6500U. Sayangnya, seperti dikutip dari Digitalrend hingga kini Intel belum memberi keterangan mengenai beda chipset dengan kode U dan DU. Namun, dipastikan prosesor-prosesor terbaru Intel ini lebih bertenaga dan hemat daya.

Baca juga artikel
Go-Jek Hadirkan Layanan Baru Tiket Go-Tix dan Tarif Baru Go-Ride
Cara Mudah Membersihkan Mouse Optical dan Mekanik
Tips Meningkatkan Performa Windows 10 di PC Jadul

Artikel Lainnya

Komentar