IGRA 2015 : Mendorong Ekosistem 4G LTE dan Penguatan Konten Lokal

Oleh Tedi Yuni A on Selasa, 17 Nov 2015 | 15:55

Selain memberikan penghargaan kepada para pelaku industri telekomunikasi, penyelenggaraan Indonesia Golden Ring Awards (IGRA) 2015 yang didukung oleh Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) juga menggelar talk show bertema ”Mendorong Ekosistem 4G LTE dan Penguatan Konten Lokal”. Talkshow tersebut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, para CEO operator telekomunikasi, vendor handset, serta perusahaan perintis (startup).   

Rudiantara mengatakan, Indonesia harus mengejar ketertinggalan dengan Negara maju di bidang ICT. Oleh karenanya, seluruh potensi yang ada, harus bersinergi. Terutama ekosistem device (perangkat), network (operator),dan application (aplikasi).”Jika ketiganya tidak berfungsi dengan baik, maka broadband di Indonesia akan pincang,” ungkapnya. Lebih lanjut, Rudiantara juga menegaskan bahwa aplikasi local adalah bagian dari ekosistem yang masih harus didorong. ”Penyelesaian refarming (penataan ulang) 4G-LTE di frekuensi 1.800 MHz diharapkan selesai bulan ini.Sementara perangkat 4G LTE sudah banyak tersedia di pasar. Nah, aplikasi local yang perlu didukung,” paparnya.

Menurut Rudiantara, Indonesia memiliki potensi, sumberdaya, dan pasar sangat besar.”Jangan biarkan bangsa ini hanya menjadi pasar. Harus bangkit, mandiri dan kreatif di industri ICT. Digelarnya acara seperti ini diharapkan mampu menumbuhkan movitasi bagi kalangan industry local maupun startup untuk bisa bersaing di kancah internasional,”. Ketua Umum ATSI Alexander Rusli juga menyampaikan apresiasi serta sangat mendukung kegiatan IGRA 2015 yang merupakan hasil karya dan kontribusi rekan-rekan jurnalis untuk ikut mengembangkan industri ICT di Indonesia.

Baca juga: 5 Game iOS yang Membuktikan Apple iOS Tak Kalah dari Android

“Penghargaan seperti ini diharapkan dapat memacu tumbuhnya perekonomian Indonesia berbasis teknologi, mendorong terciptanya industri kreatif di sektor TIK, serta memberikan edukasi kepada masyarakat terkait layanan 4G LTE,” ungkap Alexander Rusli.

Ketua Organising Committee IGRA 2015, Danang Arradian menyebut, penghargaan yang diberikan di ajang IGRA 2015 bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap pencapaian yang telah diraih oleh para operator, vendor, startup, serta pelaku industri lainnya selama setahun terakhir. ”Kami berharap penghargaan yang diberikan dapat memacu pelaku industri telekomunikasi untuk terus memberikan layanan dan produk yang lebih baik,” ungkap Danang.

Penghargaan IGRA 2015 dinilai dari tim yang terdiri Panel Juri dan Anggota Tim Juri. Panel Juri berperan merumuskan nominasi untuk masing-masing kategori. Adapun anggota tim juri terdiri dari 75 jurnalis di bidang teknologi. Mekanisme penilaian dilakukan melalui polling di www.indonesiagoldenring.com untuk masing-masing kategori.

Menurut Danang, semangat dari penghargaan IGRA 2015 adalah penilaian obyektif dari para jurnalis berdasarkan pengamatan, pengalaman, serta keahlian mereka di bidang industri telekomunikasi. Penyelenggaraan penghargaan IGRA 2015 dinilai Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara merupakan bentuk apresiasi positif dan perlu didukung oleh seluruh industri.

INILAH PARA PEMENANG INDONESIA GOLDEN RING AWARDS 2015

*Tabel bisa digeser kiri-kanan bagi para pengguna Mobile

KATEGORI
GLOBAL BRAND 
BEST ENTRY LEVEL SMARTPHONE Lenovo A6000
BEST CAMERA PHONE Samsung Galaxy S6 Edge
BEST ENTERTAINMENT PHONE iPhone 6
BEST BUSINESS PHONE Samsung Galaxy Note 5
THE MOST VALUABLE SMARTPHONE Asus Zenfone 2
BEST TABLET Samsung Galaxy Tab S2
BEST SMARTPHONE DESIGN Samsung Galaxy S6 Edge
MOST INNOVATIVE CAMERA PHONE Huawei P8
THE BEST USER EXPERIENCE SMARTPHONE OPPO R7
BEST 4G LTE SMARTPHONE Samsung Galaxy S6 Edge
KATAGORI
NASIONAL BRAND
BEST SMARTPHONE FOR NATIONAL BRAND Evercoss Winner Y Ultra
THE MOST INOVATIVE SMARTPHONE FOR NATIONAL BRAND Advan Barca 5
BEST NATIONAL BRAND Advan
KATEGORI
OPERATOR
BEST OPERATOR PRODUCT Simpati – Telkomsel
BEST 4G SERVICE PROVIDER Smartfren
BEST VALUE ADDED SERVICE m-Fish – XL
BEST CUSTOMER SERVICE GraPARI - Telkomsel
BEST CSR IWIC Kids – Indosat
MOST INNOVATIVE APPS Go-Jek
BEST E-COMMERCE Blibli.com
THE MOST INSPIRING CEO Dian Siswarini – CEO XL Axiata
BEST OPERATOR BEST OPERATOR Telkomsel
PHONE OF THE YEAR PHONE OF THE YEAR Samsung Galaxy S6 Edge
HONORABLE
MENTIONS
BREAKTHROUGH BRAND OF THE YEAR Wiko Mobile
THE MOST INNOVATIVE
ENTERTAINMENT FOR LIVE STREAMING
SHOW IN INDONESIA
CliponYu
THE MOST FASHIONABLE PHONE LG G4
THE BEST MOBILE SOCIAL MEDIA BBM Channel
LIFETIME ACHIEVEMENT HasnulSuhaimi
BREAKTHROUGH APPS OF THE YEAR GandengTangan
BEST CONSUMER PC MONITOR BRAND AOC

 

 

Baca juga artikel

Update Fitur Search Dalam iTunes App Store Semakin Pintar

Asus Zenfone Zoom Akan Segera Dirilis dengan Kamera 3x Optical Zoom

LG Siapkan Smartwatch yang Bisa Nelpon Untuk Anak-anak

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 18 November 2015 - 14:50
baru tau ada award kaya gini