Diperbaharui pada Selasa, 29 September 2015 | 10:55

Kini Besar Maksimal Aplikasi PlayStore Menjadi 100 MB

Sepertinya, kawan- kawan di Google mulai menyadari kebutuhan aplikasi pada smartphone saat ini. Tak heran, beberapa waktu ini Google resmi menaikan batasan maksimal file APK menjadi 100 MB. Batas ini meningkat hingga 100 persen karena sebelumnya batasannya hanya 50 MB.

Peningkatan batasan APK ini merupakan perubahan yang cukup baik. Seperti diketahui, smartphone saat ini ataupun sistem operasi saat ini lebih baik dan lebih powerfull. Jadi akan banyak aplikasi baru yang dikembangkan untuk bisa mengimbangi peningkatan hardware smartphone ataupun peningkatan sistem operasi.

Baca juga: Tips Pengunaan Gmail untuk Android yang Bisa Kamu Coba

Batasan 50 MB untuk sebuah aplikasi dalam pasar Android memang cukup lama. Batasan ini sudah hadir sejak nama Android market berubah menjadi Play Store. Pada tahun 2012, Google semakin memantapkan batasan file APK 50 MB.

Namun, semakin berkembangnya aplikasi saat itu membuat Google juga mengizinkan adanya file tambahan (seperti file obb) yang bisa didownload terpisah dengan batasan hingga 2 GB. File tambahan ini memang cukup besar karena biasanya berisi file maps, audio, video, dan file lain yang tidak bisa ditampung dalam core app.

Batasan baru 100MB ini akan membuat pengembang aplikasi dan games lebih berkreasi. Mereka bisa membuat aplikasi lebih padat dan efisien sehingga tidak membutuhkan file Obb tambahan. Kita tunggu saja perkembangan aplikasi-aplikasi baru di Google Play Store.

 

Baca juga artikel

Tiap Minggu Google Play Store Gratiskan Aplikasi Berbayar

Pilihan Email Client Terbaik di Android

Cara Lindungi Email dari Peretasan

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts