iPhone 6s dan iPhone 6s Plus Direndam Dalam Air, Apa Jadinya?

iPhone 6s dan iPhone 6s Plus Direndam Dalam Air, Apa Jadinya?

Oleh Aris Wibowo on Senin, 28 Sep 2015 | 20:29

Beberapa hari lalu, sebuah video pengetesan perangkat Apple iPhone 6s Plus dengan Samsung Galaxy S6 Edge beredar di jagat maya. Kedua perangkat ini direndam dalam baskom berisi air selama 30 menit. Menariknya,setelah kedua ponsel ini diangkat dari air, kedua smartphone masih berfungsi dengan baik.

Sekarang ini, giliran video tes yang menggunakan iPhone 6s dan iPhone 6s plus yang beredar di jagat maya. Kedua smartphone Apple ini juga direndam ke dalam wadah berisi air hingga tenggelam. Perlu diingat, Apple tidak pernah menghadirkan fitur anti air dengan sertifikasi IP pada smartphone-nya. Begitu juga dengan Galaxy S6 Edge yang tidak dibekali fitur water resistant.

Setelah 60 menit lamanya direndam, kedua perangkat iPhone 6s dan iPhone 6s Plus diangkat dan dikeringkan. Menariknya, kedua smartphone Apple ini masih bekerja dengan baik meski sudah lama direndam dalam air. Ketika sudah dikeringkan, ternyata lubang 3,5 mm untuk headphone dan port lainnya masih berfungsi dengan baik.

Baca juga: Tips iOS 9: Cara Setting iPhone Sebagai Wifi Hotspot Dalam 1 Menit

Bahkan kala iPhone dinyalakan tampak layar berjalan dengan normal dan tidak ada noda air yang masuk ke dalam layar. Fitur Touch juga bekerja dengan baik. Kamera juga berjalan normal. Tidak ada kerusakan berarti pada kedua iPhone. Ini tentu menjadi sedikit pertanyaan mengapa Apple tidak mempromosikan kelebihan ini? Padahal, perusahaan atau vendor smartphone lain pasti mempromosikan fitur anti air pada perangkatnya sebagai nilai tambah.

Dari hasil tes sederhana ini disimpulkan memang iPhones 6s dan iPhone 6s Plus secara resmi bukanlah ponsel anti air. Namun, kamu masih bisa menggunakan iPhone terbaru ini di bawah guyuran hujan meskipun tanpa pelindung waterproof.

Jadi jika suatu saat nanti ponselmu terendam air jangan terburu-buru minta ganti ke servis center. Cek dulu iPhonemu siapa tahu masih bekerja dengan baik.

 

Baca juga artikel

10 Cara Mudah dan Aman Downgrade iOS 9 ke iOS 8.4.1

Speed Test iOS 8.4.1 Versus iOS 9 di iPhone 6, 5s, 5 dan 4s

Bagaimana Menginstal iOS 9 Untuk iPad, iPhone dan iPod Touch?

Artikel Lainnya

Komentar