Virus Thunderstrike 2, Jangkiti Mac dengan Mudah Tanpa Terdeteksi

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 06 Agu 2015 | 11:58

Jika kamu berpikir Apple Mac merupakan komputer teraman didunia dibanding komputer dengan sistem Windows, maka kamu sebaiknya berpikir ulang. Pasalnya, dua orang tim peneliti keamanan bernama Trammell Hudson dan Xeno Kovah berhasil membobol keamanan komputer Mac melalui sebuah malware bernama Thunderstrike 2.

Dua orang peneliti tersebut tampaknya berhasil membuat sebuah malware atau virus yang diklaim mampu masuk dan tersimpan ke level firmware termasuk level EFI (Extensible Frimware Interface) dalam komputer Mac.  Kedua peneliti tersebut juga mengklaim malware ini bisa menghancurkan program  dan data dalam Komputer Apple. Menariknya, Malware ini dapat menyebar dari komputer Mac satu ke komputer Mac lain yang tidak terhubung.

Baca juga: Smartphone Premium Motorola Terbaik Layak Beli

Dalam beberapa informasi yang tersebar, malware Thunderstrike 2 dapat menginfeksi komputer Mac melalui website – website yang tidak jelas hingga email spam. Namun, yang cukup dikhawatirkan ialah virus ini bisa memiliki metode penularan baru yakni tersembunyi di level firmware dan dapat secara langsung menempel pada perangkat dengan memori ROM seperti aksesori tambahan, ,memori SSD external hingga perangkat periferal lainnya.

Alhasil dengan metode penyebaran ini, Malware ini semakin sulit dideteksi dan dibersihkan. Dengan sistem penularan ini juga membuat komputer Apple Mac  yang tidak terhubung ke internet sekalipun bisa tetap terinfeksi Thunderstrike 2.

Hal ini semakin bertambah buruk mengingat malware ini diklaim tidak bisa dihapus. Pengguna komputer atau laptop Apple pun tidak akan bisa membedakan apakah perangkat mereka telah terinfeksi atau tidak, pasalnya komputer akan tetap berjalan secara normal.

Namun, untuk kamu pemilik komputer Apple Mac tidak perlu risau. Karena malware Thunderstrike 2 dibuat untuk pengujian keamanan Apple. Semua data dan informasi mengenai malware ini memang dipantau terus oleh Apple agar staf ahli Apple bisa membenahi sistem keamanan di sistem operasinya.

Jadi, masih berpikir Komputer Mac dari Apple akan aman dari virus atau malware?  

 

Baca juga artikel

Test Drive Motorola DROID Turbo Lollipop di Website

4 Smartphone Terbaik dengan Fitur Quick Charger

5 Smartphone dengan Kamera Terbaik: Dilengkapi Fitur Optical Image Stabilization (OIS)

Artikel Lainnya

Komentar