Tips Mengatasi Masalah Umum Ponsel Android KitKat

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 22 Jul 2015 | 15:24

Sistem Android KitKat merupakan sistem operasi yang cukup populer saat ini. Kabarnya, sistem ini sudah digunakan hampir 40 persen perangkat smartphone di dunia. Sayangnya, meski cukup populer, sistem ini juga memiliki banyak masalah atau bug, tak berbeda jauh dengan sistem operasi lainnya. Hal ini tentu cukup mengganggu kenyamanan kamu kala mengoperasikan ponsel robot ijo ini.

Syukurlah Pricebook memiliki solusi dan tips mengatasi masalah umum yang sering menimpa ponsel Android KitKat. Berikut uraian lengkapnya.

Boros baterai

Baterai ponsel khususnya yang menggunakan OS KitKat memang tak berbeda jauh dengan sistem lainnya. Masih saja boros. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengecek aplikasi apa saja yang memakan daya baterai di setting>Batterai.

Baca juga: Hugo Barra Yakinkan Kualitas Mi 4i Lahir Dengan Komponen Terbaik

Kamu juga bisa mengkalibrasi ulang baterai kamu melalui aplikasi Battery Calibration. Tapi, ponsel kamu harus diroot terlebih dahulu untuk bisa menjalankan kalibrasi baterai. Namun, bila langkah-langkah di atas tetap membuat baterai ponselmu boros, cobalah untuk melakukan factory reset.

Galeri Error

Dilansir oleh Androidpit,com, pada beberapa ponsel Android Kitkat asli atau yang sistemnya update, sering menemui kendala galeri tidak bisa dibuka. Beberapa bahkan muncul tulisan “unfortunately Gallery has stopped”. Hal ini tentu mengesalkan.

Untuk mengatasinya, kamu cukup menghapus cache aplikasi galeri. Caranya masuk ke setting>app>gallery, kemudian clear cache. Kamu juga bisa menghapus data aplikasi galeri bila perlu. Namun, pastikan semua foto digaleri sudah kamu backup.

Reboot tiba – tiba

Tiba-tiba mati merupakan masalah serius yang dialami pengguna ponsel Android kitkat. Padahal kamu tidak melakukan apapun, atau sekadar menulis pesan, bermain game, namun ponsel tiba-tiba mati. Sayangnya, banyak hal yang menyebabkan ponsel reboot.

Baca juga: Oppo R7 Plus dengan Octa Core 64 Bit dan 4G Siap Meluncur

Tips mengatasi masalah ponsel Android kitkat ini bisa dengan jalan wipe sistem perangkat. Namun, sebelumnya, pastikan semua data kamu sudah dibackup. Setelah itu, kamu bisa masuk ke menu recovery dan wipe perangkat Android Kitkat-mu.

Koneksi wifi dan data yang tidak stabil

Ini menjadi masalah serius untuk kamu yang sering online melalui smartphone. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mencoba menyalakan mode airplane beberapa saat. Setelah itu, nyalakan kembali fitur WiFi dan sambung data ponsel Android Kitkat-mu.

 

Baca juga artikel

Harga Asus ZenFone 2 di Indonesia: Ada 4 Varian, Spesifikasi Beda di RAM, Storage dan Jenis Prosesor

7 Langkah Sederhana ini Buat Hasil Foto Kamera Smartphone Lebih Menarik

Tips Aman Membeli Zenfone 2: Berikut Daftar Onlineshop yang Menjual Zenfone 2

Artikel Lainnya

Komentar