Evercoss dan Opera Hadirkan Internet Gratis di Indonesia Saingi Internet.org

Oleh Alena Yulitta on Jumat, 22 Jul 2016 | 16:45

Diakui atau tidak, penyebaran internet di Indonesia memang belum merata. Internet hanya dinikmati mereka yang berada di daerah perkotaan dan daerah yang sudah tercover sinyal operator minimal jaringan 2G. Selain itu lambatnya penyebaran penggunaan internet juga dikarenakan kurangnya sosialisasi serta masih mahalnya harga paket internet, apalagi bagi kantong pelajar di daerah non-perkotaan. Untuk itu beberapa pihak mencoba memberikan solusi dengan menyediakan layanan internet gratis bagi masyarakat di Indonesia dengan harapan bahwa jumlah penduduk melek internet semakin banyak.

Baca jugaHugo Barra Yakinkan Kualitas Mi 4i Lahir Dengan Komponen Terbaik

Salah satu yang tergerak untuk menyediakan internet gratis bagi masyarakat Indonesia adalah vendor lokal Evercoss yang bekerja sama dengan Opera. Kerjasama antar vendor perangkat dengan penyedia program browser ini bertujuan untuk mempermudah pengguna smartphone dan ponsel yang belum pernah mengakses internet.

Misi kedua perusahaan ini sama yaitu menyebarkan penggunaan internet ke lebih banyak orang dengan harapan bahwa misi mereka akan menyebarkan kebaikan dan mendukung pembangunan di Indonesia, begitu ungkap Ricky Tanudibrata, Chief Marketing Officer Evercoss.

Dalam suatu acara di Jakarta, Ricky menjelaskan bahwa setiap orang bisa mengakses internet gratis tersebut dengan layanan Opera Website Pass selama dua minggu terhitung mulai dari tanggal 20 Mei 2015. Layanan ini difokuskan untuk mereka  yang masih mempergunakan feature phone (belum smartphone) untuk menikmati layanan internet gratis melalui jaringan telkomsel.

Baca jugaOppo R7 Plus dengan Octa Core 64 Bit dan 4G Siap Meluncur

Pengguna hanya perlu mengakses menu icon Sponsored Website Pass pada bnagian Speed Dial Opera Mini dan pilih website pass Evercoss, ikuti survey dan akan mendapatkan kuota 15MB selama 3 jam. Yang bisa diakses oleh internet gratis ini adalah semua situs seperti media sosial, berita, belanja online, namun tak termasuk download dan streaming.

Layanan serupa juga sudah ada di Indonesia, yaitu melalui Internet.org yang digagas oleh Mark Zuckerberg, bos Facebook. Internet.org menyediakan layanan akses bebas internet ke berbagai situs-situs berita, pendidikan, olahraga, cuaca dan banyak lagi di berbagai negara di dunia, di Indonesia Internet.org bisa diakses dengan mempergunakan jaringan Indosat saja dan tak ada batasan waktunya.

Harga Smartphone Evercoss Mei 2015

No Smartphone Evercoss Harga Terendah
1 Evercoss A7Z Zeus Rp 1.185.000
2 Evercoss A5T Rp    575.000
3 Evercoss A7L Rp    855.000
4 Evercoss One X-Android One Rp 1.200.000
5 Evercoss Elevate Y Power Rp 1.599.000

Baca juga artikel

Harga Asus ZenFone 2 di Indonesia: Ada 4 Varian, Spesifikasi Beda di RAM, Storage dan Jenis Prosesor

7 Langkah Sederhana ini Buat Hasil Foto Kamera Smartphone Lebih Menarik

Tips Aman Membeli Zenfone 2: Berikut Daftar Onlineshop yang Menjual Zenfone 2

Artikel Lainnya

Komentar

Nathalia Ginsih 24 Mei 2015 - 04:31
sayang ny hnya dpt 15mb saja.. coba ditambah dikit jd 50mb.internetan mnggunakan smartphone mnrutku boros beda waktu saya mnggunakan hp java dulu . saya 100mb saja hbis dlm waktu 2 hari cmn buat blog, browsing, chatting, apalagi 15mb buat ku tdk cukup hehe
Bima Satria 25 Mei 2015 - 15:00
iya karena lebih ebsar data yang yang ada pada website sekarang. Solusinya sih pake opera mini aja heheh