Microsoft Hadirkan Preview Aplikasi Office for Universal Windows 10 Phone

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Selasa, 21 Apr 2015 | 16:32

Aplikasi Office dari Microsoft kini terbagi dalam dua jenis. Pertama adalah Office for Desktop dan kedua adalah Office for Universal. Microsoft Office untuk perangkat desktop, sudah mencapai Office 2013 (saat artikel ini dibuat). Dan nanti Microsoft akan hadirkan versi terbaru, yakni Office 2016, yang akan hadir dengan desain barui dan fitur  spesial.

Tipe Office yang kedua adalah Office for Universal.  Tipe Office ini adalah tipe Office baru yang datang dengan desain yang lebih sederhana dan penggunaan navigasi sentuh yang lebih bersahabat. Aplikasi ini dihadirkan untuk mengolah kata atau mengedit dokumen lebih cepat di berbagai perangkat. Termasuk di perangkat ponsel pintar, tablet, maupun perangkat layar sentuh lainnya.

Office for Universal memang belum meluncur secara resmi. Tetapi seperti yang dikutip dari Liliputing (19/04/2015), Microsoft akan  berencana menghadirkan preview version pada April 2015 ini. Belum jelas kapan tanggal resminya, tapi tampaknya kehadiran akan hadir menjelang akhir bulan April.

Pihak Microsoft sendiri menyatakan bahwa Office for Universal adalah aplikasi Office yang dioptimalkan untuk navigasi sentuh dan pen input. Hal ini berarti aplikasi ini akan berjalan lebih baik dibandingkan dengan penggunaan keyboard dan mouse. Bahkan, Microsoft menyebutkan bahwa pengguna akan bisa melakukan edit hanya memegang telepon di satu tangan sementara tangan lain melakukan edit dokumen.

Tampilan aplikasi Office-nya pun akan sangat menyesuaikan dengan perangkat yang didukung. Misalnya, pada perangkat ponsel pintar, tampilan antarmukanya akan sedikit berbeda dengan tampilan pada tablet karena perlu penyesuaian dengan layar yang lebih kecil.

Lalu apa bedanya aplikasi Office for Universal ini dengan aplikasi  Office yang sudah terpasang di perangkat Windows Phone? Office for Universal ini ditunjukan untuk Windows Phone dengan sistem operasi Windows 10  yang tampilannya akan serupa dengan perangkat tablet dan notebook. Tapi tampilan aplikasi ini akan sedikit berbeda jika berjalan di perangkat desktop dan laptop. Yang cukup menggembirakan dari kehadiran Office for Universal ini adalah gratis. Benar sekali, aplikasi ini akan tersedia gratis  untuk perangkat ponsel dan tablet yang menjalankan sistem operasi Windows 10. Penasaran dengan tampilan Office for Universal ini? Mari tunggu saja.

Baca juga artikel

Ini Biaya Pergantian Baterai dan Layar Samsung Galaxy S6 & S6 Edge

Huawei P8 dan P8max, Duo Smartphone Pamungkas di Kelas Premium

Lenovo P90: Menggunakan Chipset Prosesor Intel, Koneksi LTE dan Baterai 4000mAh

Artikel Lainnya

Komentar