Diperbaharui pada Jumat, 26 Januari 2024 | 10:40

Rekam Jejak 12 Tahun Acer Manufacturing Indonesia (AMI) Berkarya

Rekam Jejak 12 Tahun Acer Manufacturing Indonesia (AMI) Berkarya-0Proses perakitan di Acer Manufacturing Indonesia

Acer Manufacturing Indonesia (AMI), fasilitas produksi Acer di Indonesia, memperingati 12 tahun berkarya untuk bangsa. Berikut rekam jejaknya.

Hadir di Indonesia sejak Januari 2012, AMI memiliki rekam jejak perusahaan yang baik dengan pertumbuhan yang signifikan. AMI tidak hanya memproduksi produk unggulan berstandar global bagi pasar domestik, melainkan juga untuk kebutuhan ekspor.

Acer melalui AMI telah menghadirkan berbagai lini produk teknologi informasi (TI) terlengkap, yang terdiri dari laptop, desktop, all-in-one PC, mini PC, proyektor, server dan monitor.

Di masa mendatang, AMI segera menghadirkan lini produk baru yang menunjang kebutuhan smart office dan sektor pendidikan seperti interactive flat panel (IFP).

Leny Ng, Chief Operating Officer, Acer Indonesia mengatakan, dalam kurun waktu 12 tahun, AMI telah berkomitmen menghadirkan inovasi melalui perangkat teknologi yang dapat diterima dengan baik oleh pelanggan.

“Melalui fokus terhadap peningkatan kualitas produk yang berkelanjutan, AMI secara konsisten menghadirkan produk buatan dalam negeri dengan standar global yang dapat memenuhi kebutuhan teknologi pasar Tanah Air dan ekspor,” ujar Leny Ng.

“AMI adalah persembahan Acer untuk bangsa, yang memaksimalkan dan mengembangkan talenta lokal, menggunakan sumber daya dalam negeri dan konsisten melakukan transfer teknologi strategis.”

Rekam Jejak 12 Tahun Acer Manufacturing Indonesia (AMI) Berkarya-1

Melalui AMI, Acer juga telah mengokohkan posisi sebagai perusahaan global yang memiliki komitmen dalam mendukung industri nasional dengan mendorong Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk memenuhi pasar dalam negeri.

Acer mencapai BMP dan TKDN dengan nilai lebih dari 40%, melalui rangkaian produk lengkapnya: Chromebook Acer dengan TKDN tercatat mencapai 41%, laptop Windows yakni Acer TravelMate P414 dengan TKDN mencapai 43,88%, desktop yakni Acer Veriton M dengan kandungan TKDN mencapai 43,50%, serta mini PC dengan kontribusi TKDN pada produk mencapai 41,45%.

Dalam upaya memastikan konsistensi nilai mutu dan standar operasional yang berjalan, AMI telah menerapkan sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Kualitas dan Peningkatan Mutu; ISO 14001:2015 untuk Sistem Manajemen Lingkungan; serta ISO 45001:2018 untuk Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Dengan seluruh sertifikasi tersebut, AMI menjamin proses produksi yang berjalan sesuai dengan standar nasional dan internasional.

Capaian tersebut menjadikan Acer sebagai salah satu perusahaan ICT terdepan dalam menghadirkan inovasi yang berkontribusi lebih terhadap riset dan pengembangan produk teknologi informasi (TI) yang terus menghasilkan karya terbaru dan terlengkap dalam evolusi tren teknologi global.

Dengan pangsa pasar lebih dari 50% di tingkat nasional, Acer merupakan pemimpin pasar laptop dengan TKDN di kalangan lembaga pemerintahan.

Rekam Jejak 12 Tahun Acer Manufacturing Indonesia (AMI) Berkarya-2Proses pengecekan QC di Acer Manufacturing Indonesia

Sementara itu, sebagai tanggung jawab perusahaan terhadap pelestarian lingkungan, Acer juga berperan dalam mengintegrasikan material ramah lingkungan berupa ocean-bound plastic pada sejumlah perangkat laptop yang diproduksi oleh AMI. Melengkapi upaya ini, kemasan seluruh produk yang diproduksi AMI juga telah menggunakan material daur ulang.

AMI dengan aktivitas produksi dan perakitan perangkat teknologi Acer, berhasil mencatatkan tingkat kepuasan tinggi dengan konsistensi standar mutu melalui pembangunan bisnis yang berkelanjutan dan serapan tenaga kerja Indonesia.

Hal ini diwujudkan dengan pengembangan potensi anak bangsa melalui pelatihan dan pengembangan yang tepat dan terarah. Dengan menghasilkan tenaga kerja terlatih dan terampil, AMI diharapkan akan memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian Indonesia menuju visi Indonesia Emas 2045.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2478 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.