Diperbaharui pada Jumat, 3 Mei 2024 | 21:52

XL Axiata Umumkan Direksi Baru dan Bagi-Bagi Dividen Rp 635,5 miliar!

XL Axiata Umumkan Direksi Baru dan Bagi-Bagi Dividen Rp 635,5 miliar!

XL Axiata mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024 (Rapat) pada tanggal 3 Mei, dengan enam agenda yang disetujui. Salah satu poin penting adalah pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar Rp 635,5 miliar atau 50% dari keuntungan setelah penyesuaian. Ini merupakan apresiasi kepada para pemegang saham atas dukungan mereka terhadap perusahaan.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, “Tahun ini, Rapat kembali menyetujui penggunaan 50% dari keuntungan setelah penyesuaian, untuk dibagikan sebagai dividen kepada para pemegang saham. Keputusan perseroan untuk memberikan dividen merupakan wujud apresiasi kepada pemegang saham yang telah mendukung perusahaan untuk dapat terus tumbuh dan berkembang hingga saat ini. Total dividen ini kurang lebih sebesar Rp 635,5 miliar yang setara dengan Rp 48,6 per lembar saham. Sisa dari keuntungan lainnya akan kami pergunakan sebagai Alokasi Cadangan Umum sebesar Rp 100 juta dan selebihnya dicatat dalam Saldo Laba Ditahan untuk mendukung pengembangan usaha Perseroan.”

Dalam Rapat, terjadi perubahan susunan dan pengangkatan kembali Direksi dan Dewan Komisaris. Perubahan ini terkait pengangkatan Direktur baru Rico Usthavia Frans. Sebelum diangkat menjadi Direktur, Rico ditunjuk sebagai Chief IT, Digital, and Analytics di XL Axiata pada bulan September 2023.

XL Axiata Umumkan Direksi Baru dan Bagi-Bagi Dividen Rp 635,5 miliar!

Sebelum bergabung dengan XL Axiata, beliau berkarir sebagai Komisaris Utama di PT Mitratel Tbk. Link Aja, Awan Tunai, Centre Park, dan Qoora. Rico juga memiliki pengalaman mendalam di dunia perbankan. Rico berkarir di Citibank sebagai Country Marketing Director hingga 2010, dan di Bank Mandiri sebagai SVP Electronic and Transaction Banking dan IT Director hingga 2021.

Rapat juga menyetujui perubahan susunan dan pengangkatan kembali Dewan Komisaris. Perubahan ini terkait berakhirnya masa jabatan Yasmin Stamboel Wirjawan dan Muliadi Rahardja sebagai Komisaris Independen. Sebagai gantinya mengangkat Yasmin Aladad Khan dan Didi Syafruddin Yahya sebagai Komisaris Independen.

Selain itu, Rapat juga menyetujui pengangkatan Nik Rizal Kamil Nik Ibrahim Kamil sebagai anggota Komisaris untuk periode 2024-2029 terhitung sejak ditutupnya Rapat ini sampai dengan berakhirnya periode jabatan anggota Dewan Komisaris baru pada penutupan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan tahun 2029.

Berikut susunan Direksi XL Axiata yang baru dan efektif sejak ditutupnya Rapat:

Presiden Direktur : Dian Siswarini
Direktur                : Yessie Dianty Yosetya
Direktur                : Feiruz Ikhwan
Direktur                : David Arcelus Oses
Direktur                : Abhijit Jayant Navalekar
Direktur                : I Gede Darmayusa
Direktur                : Rico Usthavia Frans

Sementara itu, berikut susunan Dewan Komisaris XL Axiata yang baru dan efektif sejak ditutupnya Rapat:

Presiden Komisaris      : Dr. Muhamad Chatib Basri
Komisaris                     : Vivek Sood
Komisaris                     : Dr. Hans Wijayasuriya
Komisaris                     : Nik Rizal Kamil Nik Ibrahim Kamil
Komisaris Independen : Julianto Sidarto
Komisaris Independen : Yasmin Aladad Khan
Komisaris Independen : Didi Syafruddin Yahya

XL Axiata Umumkan Direksi Baru dan Bagi-Bagi Dividen Rp 635,5 miliar!

Keputusan Rapat juga menyepakati Laporan Tahunan Perseroan, Laporan Keuangan, serta pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab kepada anggota Direksi dan Dewan Komisaris atas pengurusan dan pengawasan tahun buku 2023.

Selain itu, Rapat menyetujui penetapan laba bersih Perseroan untuk tahun buku 2023, dengan 50% keuntungan dialokasikan untuk dividen dan sisanya untuk Saldo Laba Ditahan. XL Axiata juga menunjuk Kantor Akuntan Publik Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan sebagai eksternal auditor Perseroan.

Rapat memberikan wewenang kepada Dewan Komisaris untuk menetapkan besaran gaji, bonus, dan tunjangan bagi para anggota Direksi dan Dewan Komisaris. Susunan Direksi dan Dewan Komisaris yang baru akan berlaku hingga penutupan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan tahun 2029.

Terakhir, Rapat mencatat laporan mengenai Realisasi Penggunaan Dana Hasil Penawaran Umum Penambahan Modal dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu III PT XL Axiata Tbk Tahun 2022 kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua informasi mengenai penggunaan dana tersebut tersedia di situs web resmi XL Axiata.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1684 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.