MediaTek Umumkan SoC Helio X10 dengan 120Hz Refresh Rate dan Super Slow Motion 480fps

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 31 Mar 2015 | 19:12

Persaingan prosesor kelas atas semakin memanas dengan hadirnya beberapa prosesor high end seperti Snapdragon 810 dari Qualcomm dan Exynos buatan Samsung. Hal tersebut membuat MediaTek terpacu membuat hal yang serupa. Setelah beberapa waktu yang lalu memproduksi prosesor sebagai saingan Snapdragon, kini perusahaan pembuat prosesor asal Taiwan ini akan memproduksi Soc Helio X10.

Menurut Digitimes, SoC Helio X10 ini merupakan pengembangan dari MT6795, yaitu prosesor octa core pertama di dunia yang mendukung display 2K serta perekaman full HD dengan kecepatan super lambat, 480fps. Super Slow Motion MT6795 ini bahkan mengalahkan kamera Go Pro yang hanya mampu merekam video HD dengan slow motion 240fps. MediaTek mengembangkan MT6795 ini ke dalam SoC Helio X10, sebuah chipset 64-bit yang disusun dari delapan buah prosesor kembar Cortex-A53 dengan clock speed 2,2Ghz.

Teknologi yang dikembangkan menjadi SoC Helio X10 ini mirip dengan prosesor Kirin 930 buatan Huawei yang mempergunakan 8 buah Cortex-A53, namun dengan tingkat kecepatan 1,4Ghz dan 2GHz. Seperti diduga, SoC Helio X10 mempunyai kemampuan video super slow motion 480fps atau 1/16 kali lebih lambat dari gerakan aslinya. Anda akan bisa berkreasi sesuka Anda dengan dukungan kamera slow motion ini, seperti membuat film untuk tugas sekolah atau proyek kampus. Jadi Anda tak perlu membeli sebuah perangkat kamera mahal atau sebuah kamera Go Pro untuk membuat video slow motion, cukup sebuah smartphone yang dibekali dengan SoC Helio X10 sudah cukup mumpuni.

Kabarnya SoC Helio X10 juga akan mendukung refresh rate hingga 120fps yang akan menjadikan teks lebih jelas terlihat di layar dan gambar juga semakin jernih serta nyaman di mata. Dukungan terhadap display dengan resolusi 4k juga kemungkinan akan disematkan di chipset terbaru tersebut. MediaTek dikabarkan juga akan mengumumkan beberapa chipset terbaru untuk smartphone high end di akhir kuartal pertama 2015 ini. Kita tunggu saja sampai hadir smartphone yang mempergunakan chipset buatan MediaTek tersebut. (Tedi)

Baca juga artikel

Andromax C2s Unggulkan Sektor Kamera

Ini Hasil Benchmark Android One Mito Impact A10

Empat Hal Ini Diprediksi Bisa Menumbangkan Kesuksesan Xiaomi

Artikel Lainnya

Komentar