Runcible, Smartphone Pertama Berbentuk Bulat

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Senin, 16 Mar 2015 | 14:14

Ketika berbicara tentang smartphone, maka bayangan yang ada di pikiran adalah perangkat tersebut berbentuk persegi panjang dengan desain berbeda-beda. Ada bentuk dengan desain membulat di ke empat sudutnya. Ada juga bentuk smartphone dengan sudut tegas tanpa lekungan. Kebanyakan hamper mirip satu dengan lainnya, terutama untuk ponsel Android.

Namun, bagaimana jika sebuah smartphone tidak berbentuk persegi panjang? Mungkinkah? Ternyata ada juga smartphone dengan bentuk lain. Smartphone tersebut adalah  Runcible. Smartphone ini mengusung bentuk lingkaran. Sebuah bentuk yang unik dan tidak pernah ditemukan sebelumnya. 

Runcible didesain dengan betuk lingkaran membulat mirip bulan purnama penuh. Desainnya terbuat dari material kayu dengan kesan tampilan yang unik dan memiliki nilai estetika yang tinggi. Desain yang menawan ini ternyata dibesut oleh seniman asal Jepang yang juga mendesain smartphone LG Fx0, sebuah smartphone transparan dengan sistem operasi Firefox. Dan Runcible menjadi smartphone unik lainnya yang juga sama-sama mengusung  Firefox OS.

Runcible ini sebenarnya tampak terlihat seperti pocket watch atau jam saku. Bentuk lingkarannya, tampilan layar sentuhnya, dan tentu saja material desainnya. Smartphone ini juga mendukung fitur GPS dan ini semakin menguatkan kalau Runcible tampak seperti pocket watch dengan fungsi kompas. Apalagi cara kerja navigasi Runcible sangat mirip dengan kompas.

Tetapi keberadan kamera di bagian belakang dan  fitur Bluetooth yang dimilikinya  membuat Runcible tampak sepeti sebuah perangkat pintar yang unik.  Keunikan juga terlihat dari fitur pemberitahuan yang dibawanya. Contohnya,  jika ada pesan yang masuk atau notifikasi dari Facebook dan Twitter, maka smartphone pada umumnya akan memberi peringatan lewat nada ataupun getaran. Sementara Runcible tidak memilikinya. Smartphone ini tidak akan bergetar jika ada notifikasi atau pemberitahuan yang berhubungan dengan pesan maupun media sosial.

Secara keseluruhan, Runcible adalah perangkat yang unik. Bahkan, perangkat ini menjadi salah satu perangkat ponsel pintar dengan OS Firefox yang terbilang beda dibandingkan smartphone Firefox lainnya. Tampaknya, desain yang berbeda ini juga menjadi nilai jual bagi calon kostumer agar bisa merasakan sensai perangkat OS Firefox.

Tertarik dengan perangkat ini? Sabar dulu karena perangkat ini masih berupa prototipe dan belum dijelaskan kapan akan meluncur. Hanya saja untuk informasi harga, kabar yang beredar menyebutkan jika Runcible akan dibanderol dengan harga $600 atau sekitar Rp7,9 juta.

Baca juga artikel

Ini Varian Zenfone 2 yang Masuk ke Indonesia

Microsoft Lumia 640 XL, WindowsPhone Dalam Kepungan Android

Rumor Peluncuran Flagship Lenovo Terbaru Vibe Z3 Pro di 23 Maret

Artikel Lainnya

Komentar