Tampilan Baru Chrome untuk IOS

Oleh Nadia Maharani on Kamis, 22 Jan 2015 | 08:56

Apakah Anda memperhatikan ada yang baru pada tampilan Chrome for iOS hari ini? Google melakukan makeover pada wajah Chrome untuk membuatnya terlihat lebh menarik. Perusahaan raksasa asal Amerika Serikat itu juga membeberkan update teranyar pada aplikasi untuk iPhone dan iPad tersebut. Dengan Material Design, optimisasi iOS 8 serta Handoff support, Chrome menjadi lebih nyaman untuk dioperasikan. Ada banyak perbaikan bugs yang dilakukan Google untuk meningkatkan performa aplikasi Chrome. Tak heran jika Chrome dapat berjalan dengan lebih lancar.

Selain itu, ada perbaikan lain terkaitan stabilitas aplikasi. Keberadaan Material Design juga menambah nilai plus terhadap wajah baru Chrome for iOS. Jejeran aplikasi Google lainnya terlihat rapi dan menarik, membuat mata tak bosan melihat tampilan baru aplikasi ini. Optimisasi iOS 8 juga berdampak positif pada Chrome. Tampilannya pun tampak lebih bagus pada iPhone dengan layar besar.

Aplikasi Chrome dirancang untuk pengalaman browsing yang cepat. Google mengembangkan aplikasi ini agar bisa dinikmati oleh para pengguna perangkat berbasis iOS. Dengan Chrome for iOS, pengguna bisa melakukan search dan navigasi tanpa butuh waktu yang lama. Tak hanya itu, pengguna dapat membuka banyak tab dan melakukan switching dengan mudah.

Google juga memberikan kemudahan melalui aplikasi populer ini. Chrome for iOS bisa melakukan sync secara otomatis dari Chrome lain dengan tab user, password, bookmark serta data omnibox.

Chrome for iOS diadaptasi dari codebase WebKit Browser seperti halnya Mobile Safari milik Apple. Namun, untuk Mobile Safari, pengguna hanya dimungkinkan untuk mengakses fasilitas iOS seperti iOS Nitro Engine. Untuk Chrome for iOS, aplikasi ini menggunakan UIWebView untuk melakukan loading hingga rendering content.

Didukung dengan berbagai fitur, Chrome pertama kali diluncurkan sebagai browser oleh Google pada tahun 2008. Browser tersebut berjalan untuk Microsoft Windows dalam 43 bahasa. Pada 2009, Google menghadirkan Chrome untuk OS X dan Linux.

Pengembangan Chrome sebagai browser untuk ketiga platform itu terus berlanjut. Pada 25 Mei 2010, Google meluncurkan Chrome 5.0 yang lebih stabil dibanding versi pendahulunya. Kehadiran smartphone dengan beragam jenis sistem operasi mendorong Google untuk kembali mengembangkan Chrome sebagai browser mobile. (Tedi)

Baca juga artikel:

Smartfren Andromax G2, Punya Taji di Kelas Bawah

Cara Percepat Kerja Windows Tanpa Upgrade

Mengenal Jenis-jenis SIM Card Handphone

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 22 Januari 2015 - 17:48
belom instal nih, nanti ane cobain deh