Lima Prosesor Smartphone Terbaik

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 08 Jan 2015 | 13:52

Disadari atau tidak, hal pertama kali yang Anda lihat saat memegang box bungkus ponsel sebelum membelinya adalah info mengenai prosesor yang dibawa oleh perangkat tersebut. Hal ini memang jamak dilakukan karena konsumen selalu ingin mendapatkan perangkat dengan kinerja yang baik.

Namun, jika kasusnya adalah dua perangkat dengan clock speed yang sama, namun prosesor buatan 2 vendor yang berbeda, apakah Anda akan mudah memutuskan untuk membeli perangkat yang mana? Tidak, pasti Anda akan mikir dan mikir lagi, bahkan sampai bertanya kepada yang jaga etalase.

Nah, agar Anda tidak bingung saat membeli smartphone, sebaiknya Anda tahu prosesor buatan mana yang berada di papan atas dan mana yang berada di bawahnya. Selama ini mungkin Anda menganggap bahwa prosesor dengan core banyak pasti lebih unggul, hal tersebut bukan pegangan yang valid, nyatanya Intel Atom Z2560 yang berinti dua pada Zenfone jauh lebih baik daripada MediaTek MT6582 yang sudah quad core pada saat di tes benchmark. Nah, sebaiknya Anda juga tahu produsen prosesor mana saja yang menghasilkan produk terbaik (terlepas dari jumlah core).

Qualcomm 

Produsen chipset yang termasuk pertama kali berdiri di dunia. Karena pengalamanya, perusahaan ini mampu memproduksi prosesor dengan kemampuan dan kualitas terbaik. Buktinya prosesor Qualcomm selalu menjadi pilihan utama vendor smartphone yang akan memproduksi smartphone premium dengan harga mahal.

MediaTek

Produsen chipset ini lebih menekankan pada produksi massal sehingga harganya bisa ditekan murah. Walau begitu, kualitas prosesor buatan MediaTek saat ini sudah mendekati kualitas chipset produksi Qualcomm dan bahkan dipakai LG untuk mesin varian LG G3 miliknya yang termasuk smartphone premium.

Intel

Walau Intel adalah produsen prosesor terbesar di dunia, namun untuk pasar smartphone produsen ini termasuk terlambat. Namun berkat teknologi dan pengalaman mereka dalam memproduksi prosesor untuk komputer dan laptop, Intel membayar lunas keterlambatan mereka dengan Intel Atom yang dibekali dengan teknologi dual core namun kinerja quad core, perangkat yang telah mempergunakan prosesor Intel Atom antara lain adalah Asus Zenfone, Lenovo K900 serta Moto RAZR i.

Nvidia Tegra

Produsen chipset ini lebih fokus pada chipset untuk gaming, jadi sebagian besar prosesor Nvidia dipergunakan untuk perangkat yang fokus ke game. Namun HTC One juga mempergunakan prosesor quad core Nvidia dan prosesor akan bekerja dengan 4 inti jika sedang menjalankan aplikasi berat, namun bekerja hanya dengan 1 core ketika menjalankan aplikasi ringan.

Exynos

Chipset ini buatan Samsung dan kurang terkenal karena hanya eksklusif untuk perangkat premium Samsung saja. Kualitasnya setara dengan Qualcomm dijual dengan harga mahal. (Tedi)

Baca juga artikel:

Sensasi Kamera 3D di Laptop Acer V17 Nitro, Main Game Tanpa Sentuhan

Mengenal Lebih Dekat Kamera Gopro

Jajaran Smartphone dengan Baterai Berkapasitas Besar

Artikel Lainnya

Komentar