Android Fairphone, Penantang Smartphone Tiongkok

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 17 Des 2014 | 17:04

Banyak hadir pendatang baru di dunia smartphone pada penghujung tahun 2014, salah satunya adalah Android Fairphone yang merupakan pendatang baru produksi salah satu vendor asal Negara Belanda. Fairphone adalah perusahaan smartphone yang lain daripada yang lain karena di produknya selalu mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Seperti pada produk terbarunya yang berupa smartphone quadcore yang dalam pembuatanya mengedepankan sisi kemanusiaan.

Sisi kemanusiaan yang didengungkan oleh perusahaan asal Belanda ini adalah dengan tidak memakai bahan atau material pembuat perangkat smartphone yang didapat dari daerah konflik seperti daerah Congo. Fairphone benar-benar ketat dalam mengawasi material yang didapatnya agar tidak berasal dari Congo, padahal produsen smartphone lain banyak yang mempergunakan material dari sana karena harganya yang murah karena berasal dari berbagai pertambangan yang dikuasai oleh pemberontak.

Selain itu sisi kemanusiaan juga terlihat di pabrik yang diserahi tugas untuk memproduksi perangkat ini yang terletak di Tiongkok. Di sana pada pegawainya sangat sejahtera karena pemilik merek Fairphone memutuskan untuk menyisihkan untung yang didapatnya sebagai bonus untuk para pegawai. Hal ini menyebabkan para pegawai bekerja dengan loyalitas yang sangat tinggi.

Namun smartphone quad core dari Belanda tidak hanya menarik dari sisi kemanusiaan, spesifikasi yang dibawa perangkat ini tidak kalah menarik, yaitu layar yang seukuran dengan Moto E yaitu 4,3 inci dengan resolusi 960 x 540 pixel. Selain itu ponsel ini juga mempunyai UI sendiri, mirip dengan perangkat Zenfone 5 dengan ZenUi dan Redmi 1S dengan MIUI.

Dari sisi internal, ada prosesor quad core buatan MediaTek MT6589 dengan clock speed 1,3GHz yang berjalan pada OS Jelly Bean dan dikombinasikan dengan RAM 1 GB yang sangat pas bagi smartphone kelas menengah seperti Fairphone ini. Untuk penyimpanan data, ada internal memori sebesar 16GB dan slot MicroSD 32GB.

Dua kamera masing-masing 8 MP dan 1,3 MP telah tersedia lengkap dengan Flash, OIS, dan Auto Fokus. Faiphone ini juga  telah memiliki konektivitas standar seperti WiFi, USB, bluetooth, USB On-The-Go dan internet walau belum mendukung 4G. Dilengkapi dengan baterai 2.000mAh, Fairphone ini dijual seharga 3 jutaan rupiah. (Tedi)

Baca juga artikel:

Samsung Chromebook 2, Tampilan Mewah Harga Terjangkau

Onda V975M, Cara Murah Menikmati Retina Display Selain di iPhone 

Ini Bocoran Produk Yang Akan Dirilis Apple pada 2015

Artikel Lainnya

Komentar