Rasakan Pengalaman Virtual dengan Samsung Gear VR  

Oleh Nadia Maharani on Senin, 15 Des 2014 | 12:29

Bila Anda menginginkan sensasi baru saat menggunakan smartphone Samsung Anda, waktunya untuk melirik Samsung Gear VR. Perangkat ini merupakan display virtual reality yang disematkan di kepala pengguna. Tujuannya adalah untuk memberikan sensasi VR (Virtual Reality) yang akan membawa Anda ke dunia yang baru.

Samsung Gear VR bisa dikatakan sebagai perpaduan antara Oculus Rift dan Google Cardboard. Kedua perangkat itu merupakan headset VR yang diperkenalkan ke publik belum lama ini. Sederet teknologi tinggi pada Oculus Rift dan kesederhanaan Google Cardboard disatukan ke dalam Samsung Gear VR.

"Roh" Oculus Rift memang terasa pada perangkat ini. Bagaimana tidak, pengembang headset itu adalah Oculus VR yang menelurkan headset VR canggih tersebut. Tak heran jika teknologi yang dimiliki Samsung Gear VR dijamin top.

Namun, Samsung Gear VR tak bisa bekerja sendiri. Diperlukan sebuah Samsung Galaxy Note 4 untuk membuat perangkat tersebut bekerja. Tanpa smartphone dengan resolusi tinggi tersebut, Samsung Gear VR hanya akan membuat mata pengguna bak tokoh kartun kala dikenakan.

Kerjasama antara Oculus dan Samsung dalam pembuatan headset VR ini membuahkan hasil yang mantap. Dilansir dari situs Examiner,  Samsung GR VR cukup ringan dan mudah untuk dikenakan di kepala. Perangkat tersebut memberikan pengalaman virtual secara efektif dimana pengguna akan merasa seakan-akan berada di tempat yang ditampilkan di layar.

Angle 360 derajat diaplikasikan pada tampilan film dan foto. Bahkan, jika pengguna ingin “melarikan diri” ke tempat lain, cukup gunakan perangkat ini dan tampilkan foto dengan pemandangan yang Anda inginkan.

Samsung tampaknya sudah memperhitungkan masalah overheating pada Galaxy Note 4 jika digunakan untuk mengaktifkan Gear VR. Berdasarkan tes, smartphone tidak mengalami masalah panas berlebih tersebut.

Untuk mendapatkan sensasi virtual yang unik ala Gear VR, pengguna tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Samsung Gear VR ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau. Untuk di pasar Amerika serikat, Gear VR dibanderol dengan harga $200.

Perlu diingat, Samsung Gear VR bekerja dengan memanfaatkan layar pada Galaxy Note 4. Itu sebabnya, jika ingin memiliki headset ini, pastikan Anda sudah mengantongi smartphone beresolusi tinggi tersebut terlebih dahulu.(Tedi)

Baca juga artikel:

Download Whatsapp Plus Ke Zenfone Anda, Gratis!

Koneksi 4G LTE Hadir di Indonesia, Dimana Saja Spotnya?

Inilah Tipe-Tipe Screen Protector Smartphone

Artikel Lainnya

Komentar