Diperbaharui pada Senin, 20 Februari 2017 | 16:24

Bocoran Foto Desain dan Spesifikasi Motorola Moto G5 dan Moto G5 Plus


Moto G5 dan Moto G5 Plus dikabarkan akan dipamerkan pada MWC 2017. Rumor pun bermunculan, termasuk rumor munculnya foto pertama dari keduanya.

Ajang pameran MWC 2017 sebentar lagi akan berlangsung di Barcelona. Dalam ajang ini, Lenovo yang dalam hal ini diwakili divisi Motorola dirumorkan akan menghadirkan beberapa produk baru. Rumor yang santer berkembang tentu akan dirilisnya varian Moto G5 dan Moto G5 Plus.

Kedua smartphone ini bahkan telah dirumorkan sejak lama dan digadang-gadang mengusung spesifikasi yang kian mengesankan. Menariknya, baru-baru ini sebuah toko online Brasil bernama KTronix membocorkan detail gambar dan spesifikasi yang diduga sebagai ponsel Android terbaru Motorola.

Desain yang Lebih Compact

Kedua ponsel terbaru, Moto G5 dan Moto G5 Plus dirumorkan akan menggunakan desain yang lebih compactk. Kedua ponsel Android ini akan menggunakan lebih kecil dibanding seri sebelumnya sehingga memudahkan pengoperasian. Kedua ponsel juga sudah menggunakan bodi metal dengan teknologi diamond cut yang nyaman digenggam.

 

Di bagian bawah layar, hape terbaru ini menggunakan tombol Home yang juga sudah terintegrasi dengan tombol sensor sidik jari. Sayangnya, Lenovo hanya menghadirkan teknologi Splash Resistant saja. Artinya ponsel hanya tahan cipratan air bukan tahan air seutuhnya.

Seperti yang diungkapkan di atas, kedua ponsel terbaru Motorola ini akan tampil dengan dimensi kompak nan tipis. Moto G5 hadir lebih tebal dengan tebal 9,5 mm dan Moto G5 Plus lebih tipis dengan tebal hanya 7,9 mm. Desain yang ramping, membuat ponsel kian nyaman digenggam dan disimpan.

Layar Full HD

Motorola Moto G5 dan Moto G5 Plus akan hadir dengan teknologi yang mumpuni. Moto G5 hanya menggunakan layar berukuran 5 inci dan Moto G5 Plus menggunakan layar 5,2 inci. Kedua layar sudah disokong panel IPS dan resolusi layar 1920 x 1080 pixels. Hal ini membuat layar mampu menampilkan visual yang lebih detail dan jelas. Lenovo juga sudah memasang anti gores, Corning Gorilla Glass 3 sehingga layar aman dari goresan akibat salah menyimpan.

Hanya Ada RAM 2GB

Beralih ke bagian mesin, pengguna smartphone ini dipastikan akan sedikit kecewa dengan dapur pacu yang diusung ponsel terbaru Motorola ini. Pasalnya, produsen ini hanya memasang RAM 2GB saja, bukan RAM4 GB yang seperti selama ini dirumorkan.

Pada bagian chipset, nantinya Moto G5 akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 430. Sedangkan Moto G5 Plus menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 625. Spesifikasi ini sudah cukup bersaing untuk menyasar pasar ponsel kelas menengah. Apalagi, kedua ponsel Android 4G ini akan menggunakan sistem operasi Android Nougat 7.0.

Untuk memori penyimpanan, Ponsel Android 4G LTE ini menggunakan memori yang cukup besar yakni 32 GB untuk Moto G5 dan 64 GB untuk Moto G5 Plus. Bila itu masih terasa kurang, masih ada memori tambahan slot microSD yang bisa dimanfaatkan.

Kamera Autofocus Terbaru

Menyasar pengguna gadget fotografi, Motorola menggunakan kamera resolusi tinggi pada varian Moto G5 Plus. Smartphone Android ini menggunakan kamera utama 12 MP dengan teknologi Dual Autofocus pixel yang diklaim mampu menangkap objek foto lebih baik. Sedangkan untuk varian Moto G5 hanya menggunakan kamera utama 13 MP. Kedua kamera utama ini juga dilengkapi LED Flash yang cukup terang.

Untuk kamera selfie, Motorola menggunakan kamera depan 5 MP yang akan membuat hasil foto selfie kian lebih jernih dan jelas.

Baterai Removable

Hape terbaru Motorola ini menggunakan baterai berkapasitas standar yakni 2800 mAh pada seri Moto G5. Dengan konsep Removable, pengguna bisa melepas dan mengganti baterai dengan lebih mudah. Konsep ini memang sudah jarang digunakan Tidak heran, smartphone ini berdesain lebih tebal.

Berbeda dengan varian Moto G5 Plus yang masih menggunakan baterai Non removable dengan kapasitas 3000 mAh. Motorola G5 Plus juga sudah menggunakan teknologi turbo power charging yang mampu mengisi baterai hingga 80% dalam wakti 30 – 40 menit saja.

Fitur

Motorola juga masih menggunakan soket headphone 3,5 mm serta menggunakan micro USB sebagai port pengisian baterai dan transfer data. Tidak lupa, Motorola juga menggunakan Bluetooth 4.2 dan Wi-Fi 802.11 yang membuat konektivitas kian cepat dan stabil.

Sayangnya, hingga kini belum ada kejelasan harga mengenai kedua ponsel kelas menengah ini. Namun, bisa dipastikan harga dari kedua ponsel Motorola ini tidak akan terlalu mahal. Kita nantikan saja 26 Februari mendatang.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5 inch
Detail Prosesor MSM8937 Snapdragon 430
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.4 GHz
GPU Adreno 505
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai 2800 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Motorola Moto E3 Power Siap Dirilis, Bukti Kembalinya Motorola di Indonesia
Gambar Motorola Moto Z Play Muncul, Tampilkan Jack 3,5 mm
Motorola Rilis 3 Smartphone Baru Seri Moto G4, Indonesia?

 

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts