Diperbaharui pada Selasa, 6 Juni 2017 | 14:55

Laptop Untuk Pelajar dengan Chipset AMD, ASUS X540Y Hanya Seharga Rp3 Jutaan


Kelebihan dari ASUS X540Y ada pada prosesor hemat daya berbasis AMD Carrizo L, audio mumpuni, dan port USB type-C.

Keberadaan perangkat laptop yang sesuai di kantong masih cukup diminati konsumen, terutama untuk kalangan pelajar. Setidaknya laptop harga terjangkau tersebut dapat menunjang aktivitas sehari-hari. Cukup banyak laptop berharga minim yang ada di pasaran dari berbagai brand dan model. Namun laptop terbaru ASUS X540Y mungkin bisa menjadi pilihan.

Ini merupakan laptop harga terjangkau rilisan produsen ASUS. Laptop untuk pelajar ini sudah dilengkapi dengan chipset AMD untuk menunjang produktivitas mereka. ASUS X540Y memang dikhususkan pada segmen pengguna yang memerlukan laptop untuk keperluan multimedia, terutama para pelajar ataupun mahasiswa.

Performa Chipset AMD


Laptop ASUS X540Y dilengkapi dengan komponen prosesor yang hemat daya dari AMD E1-7010, sebuah processor Carrizo - L yang baru saja diluncurkan AMD di pasar Indonesia. AMD E1-7010 merupakan  prosesor dual-core dengan grafis Radeon terintegrasi. Chipset yang biasa disebut sebagai AMD APU adalah gabungan chip kompleks yang disederhanakan hanya menjadi “single die” atau dalam satu chip tunggal. Dengan demikian, AMD Carrizo - L membuat notebook dapat beroperasi secara maksimal namun hemat daya, hanya menggunakan daya sebesar 15 watt saja.

Selain memperpanjang masa aktif baterai, penggunaan daya yang hanya 15 watt membuat panas yang dihasilkan oleh seluruh komponen pendukung, mulai dari CPU atau prosesor, GPU atau grafis dan juga chip-chip lainnya menjadi lebih rendah. Dengan demikian, pengguna dapat bekerja lebih lama menggunakan notebook ini tanpa perlu khawatir mengalami overheat atau panas berlebih.

Keberadaan prosesor AMD APU E1-7010 yang tertanam akan di sokong kartu grafis Radeon R2 yang mengusung arsitektur Graphics Core Next (GCN) dengan 128 shader berkecepatan 350MHz. Performa dari grafis ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan aplikasi harian.

Selain memiliki keunggulan di sisi prosesor dan grafis, laptop untuk pelajar ASUS Vivobook X454Y juga dilengkapi dengan fitur audio mumpuni dari SonicMaster. Termasuk ketersediaan software untuk memudahkan pengguna saat akan melakukan kustomisasi kualitas audio melalui equalizer.

Memori Lega dengan Windows 10


Laptop ASUS X450Y menyediakan ruang penyimpanan internal berkapasitas 500GB, cukup besar untuk menyimpan beragam file, mulai dari dokumen, foto dan data lain. Tidak hanya itu, kelebihan lain dari laptop untuk pelajar ini adalah juga menyediakan cloud storage untuk penyimpanan berbasis awan.

Melalui ASUS WebStorage, pengguna akan mendapatkan ruang sebesar 5GB yang bisa digunakan secara gratis untuk seumur hidup. Dan jika belum mencukupi pula, masih tersedia slot card reader untuk ekspansi penyimpanan. ASUS juga tidak tanggung dalam memberikan pelayanan yang baik kepada konsumennya. Betapa tidak, laptop ini sudah berjalan dengan sistem operasi Windows 10.

Masalah harga yang disarankan, laptop untuk pelajar ASUS X540Y dipasarkan Rp3.549.000 (Windows 10) dan Rp3.299.000 (DOS) dengan 2 tahun penuh garansi global senilai Rp900.000.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15.6 inch
Resolusi Layar 1366 x 768 Pixel
Tipe Prosesor E-Series
RAM 2 GB
Kapasitas HDD 500 GB
Kartu Grafis AMD
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 1 Port(s)
OS DOS
Tipe Kartu Grafis Radeon R2
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :
5 Laptop ASUS Terbaru di Computex 2017, Spesifikasi Lebih Gahar
ASUS Transformer Book T101HA, Notebook 2-in-1 Terbaru dengan Bobot Kurang dari 1 Kilogram
ASUS Chromebook Flip C302CA, Laptop Murah untuk Mobilitas Tinggi
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2479 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.