Review realme C11: Baterainya Susah Habis tapi…

Oleh Nur Abdillah updated Selasa, 30 Jun 2020 | 15:10

Review realme C11
realme baru saja meluncurkan hp terbaru dalam seri realme C11. Banyak fitur menarik yang ditawarkan, seperti prosesor terbaru, desain kekinian hingga baterai berkapasitas besar. 

Penggunaan prosesor terbaru Mediatek G35 kabarnya cukup oke untuk gaming. Apalagi sudah di dukung baterai 5000mAh yang akan menemani aktivitas game berjam-jam tanpa khawatir bolak balik ngecas. 

Tidak hanya itu saja, harga realme C11 juga dibanderol murah. Hadir dalam 2 varian, harga realme C11 RAM 2 GB ROM 32 GB dibanderol Rp 1.599.000, namun pada saat flash sale 1 Juli 2020 pukul 10.00 menjadi Rp 1.499.000. 

Sedangkan harga realme C11 versi RAM 3 GB dan 32 GB dipasarkan Rp 1.699.000, dimana di flash sale menjadi Rp 1.599.000. 

Jika penasaran dengan performa dari penerus realme C2 ini, berikut hasil review realme C11 yang didasarkan pada pengalaman kami selama menggunakannya. 

Desain

Review realme C11
Melihat tampilan dari realme C11 mengingatkan pada realme C3, terutama pada bagian cover belakang. Dimana keduanya memiliki permukaan agak kasar dan mengusung finishing doff. Kelebihannya tidak licin saat dipegang dan tidak menyisakan jejak sidik jari.

Bedanya, realme C11 menambahkan aksen seperti sebuah pita berdiameter 1,3cm yang melintang dari atas hingga bawah. Didalamnya terdapat logo realme tebal yang membuatnya berbeda dan terlihat makin menarik.

Hp ini tersedia dengan 2 pilihan warna yaitu Mint Green dan Pepper Grey (yang kami gunakan). Yang tak kalah menarik adalah modul kamera yang dibuat kotak. Meski hanya punya 2 kamera, tapi penggunaan desainnya cukup menarik dan sedang menjadi tren.

Untuk tombol-tombol dan port tidak berbeda dengan hp realme lain. Tombol volume dan power di samping kanan, slot kartu SIM di kiri serta speaker dan port audio 3.55mm di bawah Bersama port charging dan data berjenis micro USB. 

Layar

Review realme C11
Realme C11 punya layar yang cukup luas dengan bentang 6,5 inci beresolusi HD+ 720 x 1600p. Mengusung konsep mini-drop, layarnya memiliki aspek rasio 20:9 dengan 88.7% rasio screen-to-body.

Bezel kanan dan kiri cukup tipis, meski dibagian dagunya agak lebih tebal. Meski demikian, masih terlihat cukup lapang untuk ukuran harga dikelasnya. Kelebihannya tentu akan memberikan pengalaman terbaik untuk game, audio dan video. 

Kamera

Review realme C11
realme C11 hadir dengan dua kamera di bagian dengan resolusi 13MP + 2MP. Untuk kamera utama 13MP memiliki aperture f/2.2 dengan dukungan PDAF untuk fokus lebih cepat dan akurat. 

Kamera ini juga punya fitur zoom dengan maksimum pembesaran hingga 4x.  Setidaknya bisa digunakan untuk mengambil foto dari jarak jauh yang tidak bisa dijangkau.

Bicara kualitas memang tidak terlalu istimewa, tapi untuk ukuran hp di rentang harga yang sama masih sangat bisa diandalkan. Berikut hasil fotonya :

hasil foto realme c11
hasil foto realme c11
Yang membuat kemampuan kamera realme berbeda dari hp dikelasnya adalah keberadaan Mode Nightscape. Fitur ini sangat membantu Ketika ingin memotret pada malam hari. Sementara satu kamera lain dengan resolusi 2MP berjenis depth camera.

Bagi yang belum tahu, ini merupakan kamera yang memungkinkan untuk menghasilkan foto bokeh (background blur). Berikut hasil foto bokeh di realme C11 :

hasil foto bokeh
hasil foto bokeh
Untuk perekaman video bisa dilakukan dengan maksimal video FullHD 1080p di 30fps. Yang tak kalah seru, ada dukungan untuk merekam video slow motion didalamnya. Cukup berguna untuk membuat video slow-mo menarik dan di share ke Instagram atau Facebook.

Performa

Review realme C11
Performa menjadi salah satu fitur yang ditonjolkan realme C11. Karena diklaim menjadi hp pertama yang menggunakan chipset MediaTek Helio G35. Ini merupakan prosesor terbaru MediaTek di segmen menengah bawah.

Tapi performanya sudah mengalami peningkatan signifikan. Sekilas mengenai Mediatek G35, sebuah prosesor octa core yang dibuat dengan proses produksi 12nm dan kecepatan 2,3Ghz, mengadopsi  struktur Cortex A53. 

Dengan kecepatan mencapai 2,3Ghz menjadikannya salah satu prosesor tercepat dan terbaru di kelasnya.  realme C11 juga ditenagai LPDDR4X RAM yang kinerja grafis meningkat sebesar 20% dan kinerja RAM meningkat 100%.

Cocok untuk pengguna pemula yang baru menggunakan hp Android atau pengguna yang ingin merasakan bermain game namun memiliki dana terbatas. Hanya saja, dukungan RAM di realme C11 kurang optimal.

Setidaknya itu yang dirasakan dari perangkat yang saat ini diuji, karena hanya dibekali RAM 2GB dan ROM 32GB (realme C11 hadir dalam 2 versi, yaitu RAM 2GB dan ROM 32GB serta RAM 3GB dan ROM 32GB). 

Cukup kerepotan ketika diajak untuk melakukan multitasking. Membuka dan menutup banyak aplikasi di saat bersamaan sering ditemui delay atau keterlambatan. 

Bermain game sebenarnya masih sanggup, seperti Mobile Legend, Free Fire termasuk PUBG. Hanya saja, khusus PUBG memang dilakukan pada setingan low.

Tapi jangan asal download dan install aplikasi, perhatikan juga kapasitas penyimpanannya. Dari kapasitas storage 32GB, sudah terkuras oleh system sebesar 12,50GB. Artinya tersisa 19,5GB yang dapat diisi oleh aplikasi dan file-file lain.

Sedangkan untuk foto, video atau lagu bisa memaksimalkan slot microSD yang disediakan. Karena realme C11 juga dilengkapi dengan slot 3-kartu, dua untuk kartu SIM dan satu untuk kartu MicroSD (hingga 256GB).

Baterai 5.000 mAh

Review realme C11
Fitur unggulan lain dari realme C11 adalah baterai besar. Untuk menunjang aktivitas pengguna, hp ini memiliki baterai berkapasitas 5,000mAh. Menurut hasil tes di realme Lab, realme C11 sanggup bertahan hingga 40 hari dalam mode siaga (standby). 

Sedangkan saat diajak untuk bermain game PUBG, dalam waktu satu jam baterainya turun sekitar 8-9 persen. Lalu streaming video Youtube durasi 60 menit berkurang 5-6 persen. 

Bahkan untuk menghabiskan sisa baterainya menjadi 0 persen untuk melakukan tes charging terbilang agak susah dan lama. Karena baterai realme C11 cukup awet dan manajemen daya nya cukup baik.

Untuk mengisi ulang baterainya dari 0 hingga 100 persen butuh waktu sekitar 2 jam 45 menit. Sedangkan dalam 15 menit pengisian, baterainya berada di level 15 persen. Lalu setengah jam 26 persen dan satu jam 48 persen.

Oiya, realme C11 juga sudah mendukung teknologi Reverse Charging yang bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai hp lain.

realme UI

review realme c11
Sebagai keluaran terbaru, tentunya realme C11 juga sudah dibekali UI yang terupdate. Hp ini memang berjalan dengan realme UI berbasis Android 10 dan ColorOS 7. Banyak fitu-fitur realme UI yang bisa digunakan untuk kenyamanan, diantaranya :

1. Mode Ganda untuk Berbagi Musik (Dual Mode Music Share) sangat berguna untuk menikmati video atau lagu yang sama pada waktu yang sama dari perangkat yang sama. 

2. Mode Fokus akan membantu meningkatkan konsentrasi dan membuat pikiran lebih rileks dengan memainkan beberapa musik yang menenangkan dan mengaktifkan DND (Mode Jangan Ganggu).

3. Perlindungan Informasi Pribadi yang menyediakan halaman informasi kosong ketika aplikasi meminta untuk mengakses informasi pribadi pengguna. Ini memastikan riwayat panggilan, kontak dan pesan Anda tetap pribadi dan mencegah kebocoran informasi.

4. Mode Gelap atau Dark Mode 

Mode Gelap dioptimalkan untuk dapat bekerja di lebih banyak aplikasi pihak ketiga, latar belakang laci aplikasi yang bergeser dari terang ke gelap ketika Mode Gelap diaktifkan.

Nama Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Resolusi Kamera Utama Lainnya Resolusi Kamera Depan 1 Kapasitas Baterai
Realme C11 RAM 2GB ROM 32GB 6.5 inch Helio G35 Android 10.0 2 GB 32 GB - 13 MP 2 MP 5 MP 5000 mAh
Realme C11 RAM 3GB ROM 32GB 6.5 inch Helio G35 Android 10.0 3 GB 32 GB - 13 MP 2 MP 5 MP 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Penggunaan baterai sebesar 5000 mAh memang sangat teruji kemampuannya di realme C11. Bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Selain itu, penggunaan prosesor terbaru dari mediatek G35 juga terbilang menarik. Dengan kecepatan mencapai 2,3Ghz, sebenarnya cukup oke untuk gaming, termasuk untuk multitasking.

Hanya saja, prosesor ini tidak di dukung RAM yang mumpuni (perangkat yang kami uji hanya 2 GB). Meski demikian, untuk kamu yang punya dana terbatas tapi ingin hp keluaran terbaru, realme C11 ini layak dijadikan pilihan. 

Tapi untuk kamu yang lebih cenderung butuh untuk gaming, mungkin bisa memilih versi RAM 3 GB. Sedangkan yang hanya bersosial media, realme C11 RAM 2 GB rasanya cukup. Apalagi harganya lebih murah.

Artikel Terkait

Komentar

Halaman Terkait